teman turki

Bedanya kumpul ala teman indonesia dan Turki

Tahu gak sih, kumpul sama teman teman WNİ itu emang kadang ada suasana khas yang gak bisa kita dapati jika kumpul dengan teman baru di Negara kita tinggal. Ada yang pernah ngalamin juga???, kalau saya karena di Turki, tentu saja versi teman teman disini.

Ala indonesia:

  • Teman datang, kadang berasa saudara, namanya serantau. Cipika cipiki, lalu ngobrol biasa, tanpa ada jarak.
  • Bisa duduk dimana aja, suka-suka, di karpet OK, di Sofa juga ok
  • Meski disediakan meja prasmanan-potluck dari teman teman sendiri- tapi makan juga bebas mau duduk dimana, mau pake sendok garpu atau langsung make tangan, ga masalah.
  • Mau makan apa aja terserah..sesuai selera
  • Makanan di meja ga akan di angkat sampai benar-benar habis dan tamu pulang semua, jadi siapa aja bisa nyomot atau nambah makan lagi.
  • Kalau lantai kotor, bersihinnya ya nanti ketika teman-teman sudah pulang.
  • suka rela bantu-bantu tuan rumah.
  • Biasanya selalu ada teman yang suka ngebanyol dengan joke-joke khas nya, suasana jadi segar. Jadi ngobrol lama-lama kadang betah aja. Meski ada yang sambil promosi jualannya atau koleksinya, tetap tidak membosankan.
  • Setiap mau pulang, ada ritual bungkus-bungkus makanan, Tanpa tuan rumah nawarin kadang pada inisiatif sendiri:D apalagi kalau menunya menu menu eksotis yang jarang ada di Turki, masakan berbahan pete, jengkol, aneka sambal, soto dll.

Kumpul sama teman ala Turki

Baca ini juga/https://keluargapanda.com/bertamu-dan-menerima-tamu-ala-turki/
  • Ketemu, cipika cipiki juga, lalu dilanjut obrolan basa basi: nasilsin bla..bla…kemudian duduk manis di sofa.
  • Makan bersama duduk manis di kursi bermeja makan, kadang makanan sudah di tata dalam piring saji masing-masing. Dengan table manner ala-ala…(kalau langsung pake tangan, bisa dilirikin:D)
  • Begitu selesai makan, kadang gak lama, semua makanan di meja di angkat dan di taruh dapur.
  • Mau duduk di bawah gelosor…dipertanyakan? kenapa kok duduk dibawah?-ngeliatnya kayak kasian, lalu ditawarin duduk di kursi kalau bisa ambil kursi lain–
  • Lantai kotor kena remahan makanan, dipungutin, apalagi kalau di karpet, kadang ada yang langsung ngeluarin vacuum cleaner (asli ngalamin sendiri:D) bersihin lantai, padahal tamu masih banyak-.-‘
  • Selesai makan-makan, lanjut ngobrol, kebanyakan jaga imej juga, ga ada yang tingkahnya heboh atau pecicilan, masing-masing duduk manis, ngobrol, ada yang main rajutan benang..z..z..z kadang saya cepat ngantuk dan pengen cepat pulang.
  • Sebelum pulang, kalau tuan rumah ga nawarin ya sudah..pulang aja.

İni contoh dua kumpul-kumpul ala ibu ibu indonesia dan Turki yang ternyata emang beda kultur banget, karena ga mungkin juga pas kumpul sama ibu ibu Turki, tiba tiba saya saya tiduran gitu aja di sofa:D atau tiba tiba saya sok jaga imej duduk manis ketika kumpul sama teman indonesia, entar ditanya juga: ‘‘lu sakit?” , ”kesambet apa?”. Begitulah. Ya wajar sih memang, karena teman setanah air-syukurnya yang saya kenal dekat, rata rata asyik, ngikutin ngumpul ala teman Turki jadi pengalaman baru, tapi kadang jadi takut ngotorin rumah orang kalau bawa anak:D

4 Comments

  1. Kalo aku kumpul2 sama teman SMP, defaultnya adalah bungkus membungkus. Jadi karena ini udah tradisi di angkatan kita, si tuang rumah kadang udah nyiapin aneka ukuran plastik buat bebungkusan. No jaim at all..semua ludes terbungkus dengan penuh haha hihi 🙂 Beda negara beda kultur ya mbak 🙂

    1. Author

      iya mbak, kalau disini sebelum ditawarin sungkan:D nunggu kode dulu dr tuan rumah

  2. Beda kultur beda kebiasaannya ya Rahma 😀 . Memang sih paling seru ngumpul sama orang Indonesia, kita sdh tahu wataknya bgm, ga pakai jaim2 juga, apalagi klo teman seumuran kan, seru aja ngobrol rame2. Klo sama teman bukan senegara kadang mikir nih boleh ga ya, begini lazim ga ya, ngomong juga harus tahu ngerem mulut haha 😆 .

    1. Author

      iya ka, apalagi orang sini, jarang yang makan langsung pake tangan* macam org sunda makan dengan sambal dan lalapan, jadi kalo kumpul sama mereka ya make table manner ala-ala gitu deh.sendok garpu, duduknya jg ga bisa gaya bebas, kalo temen indonesia, malah kadang ada yang sambil rebahan cuek aja.., orang indonesia emang paling nyantai kayaknya dimana mana:D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *