Hari ini baca berita yang manis di Turki, sebuah kisah luar biasa, pasangan yang terpisah 35 tahun akhirnya menikah, Kisah Azmi Bulut (55 tahun) dan Mualla Beytül (51 tahun) kisah ini viral diangkat media lokal Turki, mereka berasal dari kota Kayseri, Turki.

Tahun 1986,Mereka dipertemukan dalam sebuah acara keluarga, kala itu paman dari Azmi menikah dengan seorang perempuan yang ternyata kakak dari Mualla, dipertemuan keluarga itu Azmi jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Mualla, perasaannya disambut Mualla, mereka menjadi sepasang kekasih selama dua bulan, tidak lama mereka langsung memutuskan ke jenjang serius, mengikat cinta mereka dalam ikatan pertunangan, Pertunangan memasuki bulan ke-7, Badai itu datang! Paman dari Azmi dan kakak dari Mualla memutuskan bercerai.

Karena masalah rumah tangga pamannya, keluarga besar menekan Azmi, agar tidak melanjutkan hubungan dengan Mualla, mereka berpikir, jika paman Azmi saja gagal berumah tangga dengan Kakak dari Mualla, mereka takut nasib Azmi juga berakhir seperti pamannya, 3 Bulan kemudian mereka putus. Tekanan dari pihak keluarga meragukan keseriusan Azmi–dalam keterangannya Azmi merasa di ‘cuci otak oleh keluarganya, agar berpisah dengan Mualla. (disini saya berpikir, tipikal keluarga Turki, yang emang sering ikut campur, apalagi jika terjadi konflik antar keluarga, langsung putus hubungan, Azmi dan Mualla jadi korban dari konflk antar keluarga mereka..yang sering nonton drama keluarga Turki pasti paham hehe) . Tidak lama Azmi juga harus berangkat wajib militer, meninggalkan kisah cinta yang kandas, cinta pertamanya Mualla. Semenjak putus hubungan, mereka tidak bertemu lagi, sama sama patah hati dan berusaha melanjutkan hidup, membuka lembar baru.

Tunangan tahun 1986-menikah 2021

35 tahun kemudian, cinta pertama itu kembali..,

Sejak putus dari Azmi, Mualla menata hidupnya, membuka hati dengan pria lain kemudian menikah, dari pernikahan dengan suaminya Mualla dikarunia dua anak, sang suami wafat 17 tahun lalu, dan Azmi juga menikah dengan perempuan lain, dia memiliki 3 anak dari pernikahan itu , 3 tahun lalu mereka resmi bercerai, Azmi mengatakan dia tidak terlalu bahagia dengan pernikahannya, meski sudah menikah selama 25 tahun dan akhirnya memutuskan bercerai. Di hati kecil Azmi masih teringat terus cinta pertamanya, Mualla.

Rahasia dibalik perpisahan Azmi-Mualla baru terungkap 35 tahun kemudian, setelah mereka sama -sama sendiri lagi (benar-benar berasa kisah drama Turki) Kakak Mualla yang menceritakan kisah dibalik perpisahan mereka 35 tahun lalu

“Rabb’im isterse olmazlar oluyor”

Jika Allah menghendaki, itu tidak akan terjadi…, Jodoh memang rahasia Allah, Lewat kakaknya yang secara tidak sengaja bertemu Azmi kembali, Mualla dan Azmi bertemu, Meski fisik menua, Azmi masih mengenali mata indah cinta pertamanya, Karena berpisah sudah cukup lama, bisa saja jika secara tidak sengaja bertemu dia tidak akan mengenali Mualla, tapi mata indahnya, masih terekam dalam ingatan Azmi, Lewat pertemuan-pertemuannya kembali, Azmi mantap untuk melanjutkan kisah cinta mereka yang terpisah 35 tahun silam…

Ya jodoh siapa yang tahu.., 35 tahun lalu berpisah secara menyedihkan karena konflik keluarga, ternyata mereka masih dipersatukan kembali. Segala kesedihan, kesakitan dimasa lalu mereka kubur dan kini menatap bahagia ke masa depan, menghabiskan hari tua bersama, Perpisahan 35 tahun lalu mereka jadikan pelajaran, Ada kebaikan dalam segala hal, Jika Allah menghendaki hal apapun bisa terjadi. Semoga Azmi Bey dan isterinya diberi kebahagiaan lahir batin berjodoh sampai surgaNya.