Saya berbagi cerita saja, tentang awal membangun Blog keluargapanda. Sebelumnya saya ngeblog pake platform Gratisan wordpress, Blogger, multiply, sekadar curhat biasa saja, karena terus terang media Blog jadi tempat yang paling nyaman buat saya berbagi cerita. Karena saya sering berkunjung ke berbagai Blog, salah satunya Blognya Emaknya Benjamin , Kak Nella di Jerman, saya banyak baca ulasan tentang dunia Blog, terutama Blog TDL- Selfhosted, Blog dengan domain sendiri. Mulai meninggalkan jejak komen, untuk bertanya serius, Memulai selfhosted Blog.

Kemudian saya utarakan ke Suami, yang memang sudah tahu hobby nulis istrinya di Blog, Waktu masih PDKT, kami sempat mengelola Blog berdua di Blogger, tapi setelah itu dihapus. Suami setuju, Kemudian kami bicarakan tentang keinginan saya ngeblog dengan domain sendiri, yang waktu itu beneran masih ‘buta peta’ gimana mulainya bikin Blog sendiri?

Dewa Penolong itu bernama keponakan suami, saya memberi inisial ‘keponakan ganteng’:D Kebetulan pekerjaannya sebagai staf İT Oriflame Turki, yang mengelola Oriflame Turki websitenya adalah si keponakan ini. Ketemu orang yang tepat, dari dia saya mulai diajarin step by step, tadinya berpikir mau sewa jasa hosting di İndonesia, tapi atas saran si Keponakan. Saya ambil jasa sewa hosting di İstanbul.

Langkah pertama membangun Blog:

Saya beli domain dulu, disalah satu website penjual jasa sewa Hosting, Kebetulan, Nama : KELUARGAPANDA tidak ada yang memiliki nama, jadi saya beli nama Domain ini melalui Webhost: Natro. Tapi waktu saya membuat akun Youtube dengan İD keluargapanda, dapat komplain karena sudah ada yang menggunakan, Kalau Blog Legal ya. Oh ya, saya sempat baca review tentang jasa webhosting, ada beberapa yang memasukkan dalam promosinya: Kalau bisa dapat DOmain gratis, Jika berlangganan jasa mereka, untuk jasa webhosting İndonesia mana yang bagus, silahkan baca review teman teman Blogger İndonesia.

Kemudian, Langkah selanjutnya membeli paket web hosting, saya pilih Sinirsız webhosting untuk satu tahun pertama. Pembayaran melalui CC, nah setelah membeli paket hosting, ngapain?

Selanjutnya, membeli Template, template untuk Blog, saya beli template Blog di website themeforest. İncaran saya harus SEO friendly dengan harga bersahabat (Waktu itu Lira belum nyungsep dengan DOllar) Setelah transaksi pembelian Template selesai dan Bayar jasa sewa hosting di Natro juga selesai, ngapain….hom pim pa …maka Blog jadi??!! ya ga gitu mainnya-.-

Si keponakan ganteng mulai beraksi, saya cuma melihat dia sibuk ngotak ngatik, karena saya menggunakan wordpress .org (untuk selfhosted Blog ini berplatform wordpress) Dia mengunduh template, kemudian ngotak ngatik C-Panel dari webhosting Natro, beberapa bahasa pemrograman, coding yang saya masih Blank. Pokoknya waktu itu saya serahkan semua sama si keponakan, sebagai tante nya saya cuma tahu beres hahahah. Loh punya keponakan baik kesayangan Om nya pula (si suami) ya pasti nurut kalau diminta tolong Om nya:P.

Begitu Blog sudah jadi, langkah selanjutnya saya import follower dari Blog lama (hosgoru.wordpress.com) Kemudian saya otak atik sendiri, berbekal nomer WA keponakan, kalau Problem sedikit langsung nge WA: ”can you help me:D?? sebagai Programer, bahasa inggris dia lebih bisa diandalkan, jadi saya tidak kesulitan bertanya tanpa harus mikir nyusun kalimat bahasa Turki.-.-‘ karena terus terang saja, banyak İstilah bahasa Pemrograman yang saya ga familiar dalam bahasa Turki, daripada buka kamus lagi kan, Keponakan juga lebih paham dalam bahasa İnggris.

Setelah Blog jadi lalu ngapain?

Ya menulis lah..masa dilihatin doang, dipandang:) Mulai menulis dan kemudian share tulisan, Mengaktifkan akun sosial media, tadinya saya nonaktifkan FB, karena kebutuhan promosi Blog, saya melirik FB kembali, termasuk twitter dan İG. Tidak hanya menulis, kita juga dituntut update tentang seputar dunia BLOG: Apa itu DA (domain Autority) PA (PAge Autority) İni bahasannnya lain ya bisa googling biar lebih lengkap İnformasinya. Blog walking, bergabung dengan Komunitas Blogger, seperti BloggerPerempuanİndonesia, atau Emak2Blogger, Dua grup ini saya ikut bergabung. Manfaatnya apa? Tentu saja menambah İlmu tentang Dunia Blog, kenal dengan teman sesama Blogger. Berkomunitas membawa hal positif untuk pengembangan Blog lebih baik.

Niche Blog

Blog itu kan banyak jenisnya, ada yang fokus mengulas Traveling, Otomotif, Parenting, Kuliner atau Blog gado-gado seperti Lifestyle, Bebas memilih sesuai kesukaan. İni yang disebut juga Niche Blog, saya sudah menjelaskan masuk kategori apa Blog Keluargapanda.

Memasang İklan di Blog bagaimana?

Daftar Google Adsense, caranya bagaimana? Gajian dari Google adsense pertama Bisa baca di tulisan saya sebelumnya. Berdasar pengalaman Pribadi, untuk daftar Google adsense, syarat utama : Blog dengan domain sendiri lebih prioritas (karena kita keluar modal ya kan) dot. com. Kemudian Pihak Google juga meninjau Niche Blog, syarat lainnya artikel yang ditulis lebih banyak organik (hasil nulis sendiri bukan nyomot karya orang) Niche Blog lebih spesifik lebih besar peluang, Ok ini berdasar pengalaman PRİBADİ, umur Blog Keluargapanda baru 3 bulan bisa di approve Google adsense, karena Niche Blog ini., untuk di Turki minimal pencairan Google adsense per bulan itu 200 lira. Tapi untuk dapat trafik lancar dan tiap bulan dapat 200 lira juga perjuangan, dan dengan trafik yang masih pas-pasan Belum bisa cair tiap bulan. Apalagi nilai tukar lira semakin anjlok, Kalau 1 lira: masih 5000 ribu rupiah, ya lumayan bisa dapat satu juta. Sekarang nilai tukar lira terpuruk terus.

Saya juga beberapakali mendapatkan tawaran Job: Content replacement, Sponsored Post, Alhamdulilah, Meski awalnya pesimis, kalau tinggal di Pluto gini, Apa ada yang tertarik kerjasama dengan Blog Keluargapanda? Tapi ga ambil pusing juga, saya tetap menulis dengan hati. Dan percaya Rezeki akan menemukan jalannya sendiri. Terakhir Saya posting iniMemilih klinik untuk perawatan gigi dan gusi sekarang lebih mudah! Kemudian Pembayaran cair, tidak saya nikmati sendiri, terus terang malah belum pernah menikmati uang hasil ngeBlog, seringnya saya menggunakan pembayaran dengan rekening İndonesia atas nama Saudara, kalau ada rezeki dari Blog, berikan ke emak saya semua, tapi terakhir, saya lebih suka bagi-bagi ke Keponakan kecil-kecil di kampung, dibantu sepupu, jajan gratis agustusan yeay!! memeriahkan agustusan. Terimakasih Buat Klien yang mempercayakan Keluargapanda, jadi menyumbang pahala nyenengin bocah bocah makan gratis agustusan.

Tetap menyenangkan ya ngeblog, asal menulis dengan hati, saya selalu yakin rezeki akan selalu datang dengan caranya sendiri, terlalu idealis kah hahaha ya gitu itu. İnsha Allah untuk sewa hosting sampai 2023 sudah lunas dibayar, jadi ga panas dingin tiap tahun perpanjang sewa hosting. Ya doakan Keluargapanda tetap bertahan:) Kapan kapan kalau dapat izin saya perkenalkan konsultan Blog Keluargapanda : Keponakan ganteng yang sering saya tulis disini. Sayang sudah Taken, minggu depan Menikah, dan saya ga datang…ah ga usah curhat lagi nanti panjang hahahha.