Akhir bulan lalu, saya mendapat kabar bahagia, salah satu keponakan suami, akhirnya melahirkan, melahirkan bayi laki-laki yang sehat dan lucu, Bayi YT. Seluruh keluarga menyambut bahagia, maklum bayi YT sangat dinantikan kedua keluarga. Karena cucu pertama, baik dari pihak babanya juga dari pihak anne (keponakan kami)- Dia anak dari salah satu kakak perempuan suami. Lalu apa yang menjadi istimewa dengan kelahiran bayi YT ini, bahkan calon neneknya waktu itu selalu menempelkan hasil gambar USG 3 dimensi calon cucunya di pintu kulkas dapur. Karena dia adalah cucu yang dinanti selama 10 tahun pernikahan puterinya.

Saya ingat sekali waktu awal datang dan menjadi bagian keluarga suami, keponakannya inilah yang disibukkan mengurus segala proses Pesta pernikahan ke-dua saya di kota kelahiran suami, mulai dari cetak undangan, sewa gedung dll, dia menjadi penanggung jawab untuk hari besar kami, Usia pernikahannya lebih lama dari kami berdua.

Setahun setelah menikah, saya hamil anak pertama, memberi kabar bahagia untuk keluarga termasuk dia, turut mendoakan kehamilan saya waktu itu. Tanpa mau menyinggung hatinya, saya tidak pernah menanyakan kenapa dia belum hamil? rasanya terlalu sensitif, ya syukurnya tipe keluarga dari pihak suami, tidak se-kepo- keluarga besar saya di İndonesia, baru menikah beberapa bulan saja, pertanyaan kapan hamil sudah berdatangan? padahal kami ingin sekali menikmati waktu berduaan dulu. Meski jarang disinggung tentang kehamilan, tapi saya tahu sebagai sesama perempuan, dia juga ingin sekali bisa hamil, apalagi suaminya anak laki-laki satu-satunya. Terlihat sekali dari gestur tubuhnya yang sangat menyukai anak-anak, mengharapkan memiliki anak kandung. Kondisi kesehatan, dia diuji dengan kondisi kesehatan rahimnya. Harus menjalani banyak pengobatan, sampai akhirnya sempat memutuskan ikut program bayi tabung, sempat berhasil tapi kemudian mengalami keguguran.

Baca-baca link ini juga ya:

pengalaman mendapatkan momshaming di duniamaya

Alasan dua anak dilahirkan secara caesar

Punya anak itu capek?padahal..,

Menikah kemudaan

Lalu ada masanya dia berpasrah, ketika mengambil jeda dari perjalanan ikhtiar nya, Bukan menyerah. Saat itu kondisi ekonomi dia dan suami juga belum dirasa stabil, masih tinggal satu rumah dengan mertua di apartemen sederhana. Kemudian mereka berdua fokus dulu untuk memperbaiki keadaan, suaminya dengan pekerjaan, dia menyibukan diri masuk kembali kuliah- lalu kemudian, dia mulai belajar berbisnis dari rumah, membuat aneka cenderamata, hobby yang menghasilkan. Bisnis suaminya perlahan mulai mengalami kemajuan. Rezeki datang, mereka bisa membeli satu unit apartemen sendiri, juga kendaraan pribadi keluaran terbaru. Hidup mandiri.

Allah knows the best for you and when it’s best for you to have it (unknow)

Kabar bahagia itu datang

Dari hasil usaha rumahan yang kian hari mengalami kemajuan, dia berencana mengajak anne nya untuk pergi Umrah, Salah satu usaha mengetuk PintuNya, agar diberi keturunan. Namun sebelum rencana itu terlaksana, Hadiah tak terduga hadir dirahimnya, dia dinyatakan positif hamil untuk kedua kali, hamil secara alami tanpa bantuan obat-obatan. Banyak yang meyakini dengan kondisi kesehatannya, kehamilan dia secara alami sulit terjadi tanpa bantuan pengobatan. Tapi Allah Maha besar, Dia- menunjukan kuasaNya, ingat jangan pernah mengecilkan peranan sang Pencipta, Kun fayakuun…, yakinilah itu, jika Dia sudah berkehendak, tidak ada yang tidak mungkin bagiNya, apapun bisa terjadi. Hadiah yang dinanti tepat di usia 10 tahun pernikahannya, Sang buah hati kini hadir ditengah keluarga kecilnya, Bayi YT.

Saya dan suami, ikut merasakan kebahagiaan keponakan kami, oh ya hampir semua keponakan dari pihak suami sudah berusia dewasa semua, sebagian sudah berkeluarga, keponakan tertua hampir seumuran suami maklum, beliau si bontot. Jadi ketika salah satu keponakan ini akhirnya hamil, kami pun ikut merasakan bahagia untuknya, karena tahu bagaimana dia berjuang selama 10 tahun ini. Dan kakak ipar yang akhirnya resmi menjadi seorang nenek, sebelum cucunya lahir dia sudah menunjukan cintanya yang luar biasa, memamerkan tiap foto USG janin cucunya setiap saya berkunjung.

Semoga Baby YT menjadi anak soleh, cahaya mata kedua orangtuanya, tumbuh jadi anak kuat dan sehat.

Buat teman-teman yang masih menanti hadirnya keturunan. Bersabarlah, Allah tahu kapan waktu yang terbaik masa itu datang. Jangan lelah untuk mengetuk PintuNya, untaian doa dalam setiap perjalanan ikhtiar. Anak adalah titipanNya dan juga ladang ujian buat orangtua. Allah tahu yang terbaik untuk hambanya.