Sejak hari Rabu lalu di Turki terjadi kebakaran hutan besar-besaran, sepanjang area Akdeniz–daerah mediteraniannya Turki, kebakaran hutan melanda daerah manavgat-Antalya kemudian disusul tetangga -tetangga kotanya, tidak tanggung-tanggung 31 kota dilanda kebakaran hutan, tidak saja hutan tapi juga melahap lahan pertanian, rumah petani, musibah besar ini menjadi duka di masa pandemi, kehilangan sumber udara bersih, ketika hutan hutan terbakar, ribuan warga yang tinggal di area dekat hutan-hutan harus di evakuasi. Kemudian spekulasi tentang penyebab kebakaran hutan besar ini apa?

Faktor penyebab kebakaran hutan?

Mengutip dari harian Hurriyet, seorang profesor dari İstanbul Cerrahpaşa Üniversitesi Ormancılık Fakültesi öğretim üyesi mengatakan di tempat tempat dimana cuaca dipengaruhi tekanan tinggi, udara, tanah dan vegetasi yang mengering sehingga mudah terbakar, seperti di Antalya dimana kelembaban tidak normal yaitu level 6 persen, ditambah angin yang bertiup dari lereng pegunungan mengeringkan pepohonan, ladang, sehingga percikan api sekecil apapun akan mudah memicu terjadinya kebakaran.

Periode bulan Juli dan agustus di Turki selalu terjadi kenaikan suhu udara naik berlebihan, kasus kebakaran hutan selalu meningkat karena kerusakan iklim juga / pemanasan Global.

suhu udara di Antalya sebelum terjadi kebakaran hutan*minjem foto teman di antalya**

Di Pantai Konyaaltı, Antalya. Banyak warga yang memilih tidur dipinggir pantai karena saking panasnya suhu udara, kemudian teman teman yang tinggal di area akdeniz juga selalu memposting tentang kondisi cuaca panas extrim yang cukup membuat sakit kepala ketika berada di luar ruangan.

Minggu lalu juga meski kami tinggal di area jauh dari lokasi kebakaran besar ini, suhu panas juga kami rasakan, panas, pengap. Sampai sulit tidur di malam hari.

Banyak warga yang memilih tidur di pinggir pantai karena cuaca panas ektrim melanda daerah provinsi Antalya, Turki (sumber foto: haberturk)

Hutan kebakar atau dibakar?

  • Untuk rumor yang beredar karena ada pihak separatis yang mendapatkan celah dengan kondisi alam Turki di musim panas kemudian membakar hutan, saya tidak berani menulis detail kabar tersebut karena asih simpang siur, biarlah ini menjadi urusan yang berwenang. Karena pasti akan menyerempet ke dalam urusan politik.
  • kalau saya hubungkan dengan pernyataan seorang profesor yang dikutip media besar Turki: dengan kondisi cuaca panas seperti saat ini, sekecil apapun percikan api akan memicu kebakaran hutan. Musim panas sudah menjadi tradisi warga Turki untuk berpiknik, barbequan, dan piknik di hutan menjadi salah satu favorit , karena bisa menikmati semilir angin dan berteduh dibalik cuaca panas sambil berpiknik, permasalahannya jika warga yang berpiknik tidak memadamkan api sisa pembakaran dengan baik lalu ditinggalkan begitu saja, keteledoran seperti itu bisa memicu kebakaran.
  • Gelombang panas tidak hanya dialami Turki, Canada juga mengalami kenaikan suhu yang ekstrim hingga menyentuh 47.9 c bulan juni lalu. Kemudian kondisi jerman yang mengalami banjir bandang. Pemanasan global yang semakin kuat kita rasakan dampaknya. Kenaikan suhu panas yang ekstrim di sepanjang area mediteranian Turki.

Senjata rekayasi iklim (HARRP)?

Ada teori konspirasi di twitter dari netijen , sumbernya screenshot dari status orang, tentang peluncuran senjata dengan tujuan mengurangi populasi manusia, katanya sudah diluncurkan diberbagai titik, nah lohhh, pertanyaannya sih: siapa yang ngasih info buat status WAG ini, ehm apakah lord rangga sang pemimpin sunda empire? Emang paling bisa netijen +62 kalau menambahkan cerita dalam sebuah musibah apapun supaya nambah menarik?

Bantuan dari negara sahabat:

Azerbaijan mengirim 53 mobil pemadam kebakaran ke Turki, Jordania juga menawarkan bantuan untuk menghadapi kebakaran hutan sejak Rabu di Turki, Rusia mengirimkan 5 pesawat, 3 helikopter.

Kemudian kabar terbaru, daerah blacksea tepatnya Samsun area juga mulai terbakar hutannya, dugaan kebakaran atau sengaja dibakar terus diperdebatkan, karena dalam waktu berdekatan, banyak daerah mulai kebakaran hutan, Allah korusun-

Semoga kebakaran hutan yang cukup besar ini segera bisa dipadamkan, dan tidak menambah lagi korban jiwa, ekonomi warga yang terdampak juga bisa pulih dengan cepat. Geçmis olsun Turkiye