Categories
kulineran Turkey

Jajanan khas Turki

Setiap negara  pasti memiliki kuliner yang identik terutama jajanan khasnya, Kalau di İndonesia jajanan kaki lima itu segambreng banyaknya, mulai dari bakso, gorengan, cilok, cilor, mie ayam, cuakie, cireng, empek-empek (mulai diabsen, lalu lap iler..) ok. Lupakan dulu, saya lagi gak me-review jajanan kaki lima legendaris di setiap sudut jalan ibukota Jakarta dan sebagainya.
Saya mau kenalkan  simit, jajanan khas Turki, Sampai kepelosok negara ini akan di jumpai si simit di mana-mana. Dimata saya, memang simit itu ga bisa disejajarkan dengan sekelas bakso,  bakso mang kumis , maupun bakso beranak dalam kubur?-emang ada?- ya engga sih, saya ngarang, gara-gara banyak banget sekarang trend bakso yang ukurannya besar, terus dalamnya masih ada isinya lagi. Kalau untuk urusan jajanan, İndonesia memang jauh lebih kreatif dan inovatif. Turki terlalu setia dengan jajanan yang bentuknya dari tahun-ke tahun ya itu-itu aja.

simit jajanan khas turki
simit jajanan khas Turki- dimanapun akan bertemu kang simit.

Simit ini sejenis roti bagel, bentuknya bulat seperti kue cincin dengan taburan wijen. Rasanya khas, apalagi jika simit baru keluar dari oven tradisional, dari sisi harga, sebuah roti simit antara 1-1.5 lira saja, cukup murah bukan. Oh ya simit juga selalu jadi ‘bekal’ untuk diperjalanan, jika tidak sempat sarapan. Saya sering sekali beli simit sebagai penunda lapar. Jajanan ini mudah ditemui dimana saja selama bepergian di negara Turki, bahkan penjual simit pun bisa ditemui di daerah pantai, lagi asyik berjemur di pinggir pantai, jangan kaget kalau tiba-tiba penjual simit menjajakan dagangannya. Saya kalau lihat penjual simit di pantai, selalu berandai-andai, andai yang dia jual es kelapa degan, ”bang aku padamu”.

Ada beberapa cara menikmati simit.

  1. Menikmati simit dengan segelas cay
  2.  Simit dibelas tengahnya lalu dioles dengan selai coklat
  3. Simit dipadukan dengan kaymak dan madu..ehmmm heaven

jajanan khas turki
jajanan khas turki

Kaymak sejenis kream dari susu, lebih plain tidak sama dengan kream keju biasa yang warnanya cenderung kuning, kaymak lebih putih. Memadukan simit dengan cocolan kaymak lalu diolesi madu, saya rekomendasikan sekali jika ingin menikmati simit. Juara rasanya.
Sebenarnya resep dan bahan pembuatan simit tidak terlalu sulit, yang membedakan rasa khas-nya dari teknik pemanggangan roti, secara tradisional dan penambahan molases- pekmez- tapi ini masih bisa diskip.
Setiap mudik ke indonesia, suami,Tidak pernah lupa membawa stok simit (terniat) dia akan bekal simit di tas nya untuk beberapa hari sebelum adaftasi menyicipi kuliner indonesia.
Setiap daerah di Turki, memiliki bentuk roti simit tersendiri, salah satunya di kota kelahiran suami, bentuk simitnya berbeda sekali dengan simit khas İstanbul yang selalu penuh dengan taburan wijen, untuk simit khas corum, hanya sedikit taburan wijen, warna lebih coklat karena ditambah olesan pekmez lebih banyak dan simit nya sedikit lebih keras, tapi secara citarasa, simit khas corum rasanya jauh lebih enak meski teksturnya sedikit keras.
 

simit itu

Dimanapun anda berada selama di Turki…
Simit akan mudah dijumpai…
ibarat tukang bakso atau tukang jual gorengan…
simit itu ikon kaki lima di Turki.
pengganjal perut…cukup mengenyangkan.
Berawal  dari kerja sambilan jadi tukang jualan simit
kini Reccep thayyip erdogan jadi presiden dan pemimpin turki yang sukses:D
simit itu = Turkish bagel
Mau resep simit? tunggu ya postingan lanjutannya-

4 replies on “Jajanan khas Turki”

Donat Turki! hahaha. Tiap kali liat di tayangan TV aku selalu ngebatin gitu. Bentuknya kayak roti goreng kalau di Palembang, tapi ntah rasanya gimana. Mau banget nanti coba langsung. Makan pakai selai srikaya slrupp buahaha

waduh jauh banget rasanya heheh tapi emang wajib coba kl lg di turki, lumayan buat ganjel perut, makan 1 juga kenyangnya awet:D jd biasanya buat bekel di jalan kl ga sempat makan dirumah.

duh jaman dulu waktu merantau ke kalimantan, aku menderita banget kalo ga ketemu somay, bakso, cuanki, mie ayam, bajigur… gimana kalo di luar negri yak. kudu bawa versi keringnya banyak2 mungkin 😀

moement mudik ke tnh air itu jd ajang ngumpulin jajanan mbak sekoper lbh, tp kadang belum setahun jg cepet habis, trus mulai belajar kreasi sendiri olahan makanan kampung di dapur, jd alhamdulilah dgn adanya internet jd lbh mudah cari resep maupun video tutorialnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *