Saya itu kadang sedih kalau baca kisah kisah kurang beruntung teman teman mix marriage, ikut senang juga kalau ada yang bahagia, toh energi positif kan nular, jangan julid-julid amat hidup hahha, banyak sih kadang DM yang masuk, saya baca eh terus juga suka lupa, kadang kalau ada pujian yang berlebihan saya suka merinding sendiri, bukannya GR dan haus pujian, tapi itu berasa jadi beban berat buat saya, ga mau juga terkesan ‘fake’ giniloh rumah tangga yang bahagia, duilehhh siapa lah ini remahan khong guan doang. Mau pajang foto nyosor-nyosor kayak soang sama suami, Yasak! lah emang ga ada juga fotonya, apalagi sekarang İnstagram di follow sama rekan kerja suami dan istri teman-temannya yang bertetangga disini, Yapma ya, jangan pajang foto aneh-aneh entar jadi bahan gosip di kantor.

Oh ya balik lagi cerita rumah tangga, hadeuh Blog ini bahasannya ginian mulu ya? lah kan sesuai niche-Blognya:D Saya ingin bahas tentang ‘kewarasan’ hidup di antah berantah, bersuamikan Alien hahah, duh insecure saya kalau nulis BULE, sedang dia sendiri juga alergi disebut Bule: Ben Turk! Turkiyem..Turkijo Turkimin :V Jadi kenapa saya keliatannya hidup lempeng lempeng aja di Turki?

Lah terus mau gimana? emang ga nyari masalah kok. Kalau keliatan waras-waras saja, karena kunci utamanya udah saya bahas kan di tulisan sebelumnya:

CARA SAYA MENJAGA KOMUNİKASİ DENGAN SUAMİ

Untuk level menjaga kewarasan menjadi İbu, saya dibackup penuh suami, lah iya siapa lagi? kan produksinya juga ada kerjasama dan sumbangsih beliau, masa ngurusnya sendiri. Ga gitu mainnya. Tapi kan Orang Turki biasanya begini begitu? makanya baca tulisan saya sebelum sebelumnya

Nah kalau jadi Menantu bahagia gimana?

Sebenarnya udah sering saya bahas, hidup sih naik turun ritmenya kadang bahagia, kadang juga adanya sedih, ngambek. Jadi menantu idaman juga engga sampai level itu, karena sampai detik ini kalau disuruh sarapan dengan lavas saya pilih kabur hahah. Saya masih suka-suka, urusan makan ga mau ikut aturan mak mertua, kan perut perut saya, kenapa pula harus nelen mentega mulu, saya pernah berdebat receh ngebahas tentang cara masak saya yang ga Oily— no kiyma(daging giling) , no butter, cukup olive oil aja kadang, kan remeh temeh banget, Sedang dia nyodor-nyodorin saya beberapa kotak mentega buatannya. Saya pernah ditegur karena pagi pagi sarapan buah ala food combining sedang Beliau masak tumis daging berlemak buat sarapan, terakhir nginap minggu lalu, sarapan kami ayam panggang:D luar biasa lah si emak, kulkas di rumah 3, satu di dapur. Dua di ruang depan. satu freezer kotak, satu lagi freezer sebesar kulkas di dapur. Kurang banyak apa coba tempat menyimpan makanannya hehhe.

Apa karena karakter saya sebagai: plegmatis damai dan seorang Aries, ehmm selow aja gitu jalanin hidup, Ga rungsing dengan pendapat orang, hidup apa adanya, blangsak ya ngaku blangsak, ga rempong naikin standar demi bisa gaul misal dengan sesama teman WNİ , ya kalau ga bisa nongkrong ke kafe terus, ngapain juga ikutaan biar dianggap eksis dan bersosialisasi, hasil maksa minta duit suami? İya kalau punya duit sendiri, hidup masing-masing aja kan sebenarnya. Mereka mau tetap berteman dan jaga komunikasi ya ALhamdulilah, kalau saya dilupakan, ya gpp, Dunia ga berhenti berputar, tapi gini juga bukan berarti saya anti-sosial, memiliki ‘Teman terdekat’ yang bisa dipercayai tetap butuh kok, harus hasil seleksi kedekatan. Dan saya ada, tidak pernah juga mengumbar kedekatan di sosial media, biar keliatan ada teman, ah cukup dengan rasa nyaman ketika telponan ga pakai jaga imej, keluar ‘asli’nya.

Tips terbaik sih hiduplah sesuai kantong suamimu, syukur syukur kalau punya pemasukan sendiri bisa modal buat nyenengin diri sendiri, kalau belum level itu, ujungnya sering jadi percikan problem rumah tangga, Lalu jangan terlalu sibuk ikut ngurusin hidup orang lain, masalah sama mertua, kunci utama lagi-lagi ada dipasangan kita, sebelum melangkah kejenjang serius, pastikan dulu penerimaan keluarga pasangan akan seperti apa, kalau udah tahu banyak minus minusnya tapi tetap maksain, ya terima paket dengan hati seluas samudera alias bakal banyak makan hati. Hidup pasangan Beda bangsa ga seindah foto di sosial media aja sih:D eh semua juga lah. Saya tetap waras sampai sekarang? lah iya, ni buktinya saya nulis postingan.