İskilip Dolmasi- Hidangan khas dari İskilip-Turki

Turki identik sekali dengan Kebab, ya sampai negara ini juga dapat julukan negeri kebab, ehm apa tiap hari orang Turki makan kebab? Sebenarnya masakan daerah di Turki juga beragam, tidak selalu aneka kebab, Seperti di daerah Corum, İskilip. Ada yang namanya İskilip dolmasi. Hidangan nasi berbumbu dengan taburan daging suwir. Meski bukan jenis kebab, tapi bahan utama tentu saja daging. Daging merah ataupun daging domba.

İskilip Dolmasi sering dihidangkan ketika ada peristiwa tertentu , Seperti hari raya, Acara sunat anak atau pesta pernikahan. Untuk menikmati rasa İskilip Dolmasi yang otentik, konon lebih nikmat ketika menyantapnya di acara spesial seperti pesta pernikahan.

Ehm jadi harus menunggu dapat undangan pernikahan dulu dong biar bisa mencicipi İskilip dolmasi ini?

Sebenarnya İskilip Dolmasi juga dijual di restoran biasa di Corum maupun di Kota İskilip itu sendiri. Untuk menikmati seporsi İskilip Dolmasi bisa merogoh kocek sekitar 30 lira saja. Tapi menikmati İskilip Dolmasi di hajatan warga İskilip, rasanya tentu saja beda, apalagi kalo gratisan *husss…modus**

proses memasak iskilip dolmasi

Yang membuat İskilip Dolmasi spesial karena proses memasaknya secara tradisional, seperti gambar diatas. Selain itu İskilip Dolmasi biasanya dimasak oleh para tukang masak pria, untuk alasan gender ini saya kurang tahu, bisa jadi karena alat masak tradisional cukup besar dan berat jadi butuh tenaga kuat. Dan tugas ini banyak dilakukan kaum pria.

Baca: Bahan masakan di Turki yang sering dipakai

Bahan Dasar İskilip Dolmasi

Bahan dasar İskilip Dolmasi adalah: Beras putih, daging dan kuah kaldu.

Warna kecoklatan Nasi dalam İskilip dolmasi dihasilkan dari karamel tumisan bawang bombay dan mentega, menumis bawang bombay sampai berwarna kecoklatan kemudian memasukan beras, setelah itu, beras diangkat lalu dimasukan kembali ke dalam wadah kain putih (disebut Ca’) setelahnya kain tersebut diikat rapat menggunakan tali.

Dalam dandang besar kemudian dimasukan air kaldu daging, potongan bawang bombay ukuran dadu, Beberapa potongan besar daging merah tanpa tulang, ditambahkan merica hitam, garam, dan tumisan mentega dengan irisan bawang bombay yang kecoklatan .

Setelah itu diberi pembatas, semacam kerangka diatas tumpukan daging, sebuah wadah mirip nampan ditelungkupkan,lalu diatas nampan tersebut dimasukan beras setengah matang yang sudah dibungkus kain sebelumnya, dandang ditutup rapat, setiap pinggiran dandang dilapisi adonan terigu untuk menutup keluarnya uap panas.

İskilip dolmasi

Menikmati İskilip Dolmasi lebih nikmat beramai-ramai, biasanya penyajian İskilip dolmasi didampingi dengan salad yoghurt dan Un helvası –tepung helva– hidangan manis berbahas dasar terigu, minyak, gula. Dan tidak lupa segelas ayran.

Tradisi Unik setelah menyantap İskilip Dolmasi

Untuk Di Corum, Acara pernikahan biasanya lebih dari satu hari, Antara prasmanan dan pesta di Gedung biasa dilakukan terpisah. İskilip Dolmasi ini biasa dihidangkan dalam perjamuan calon pengantin, undangan jamuan makan di rumah mempelai pria.

Baca: Meng’indonesia’kan bahan masakan di Turki

Tuan rumah mengundang para tamu, untuk menyantap menu spesial ini. Beramah tamah dengan calon Pengantin Pria. Kemudian setelah selesai menyantap İskilip Dolmasi, para tamu akan menaruh uang diatas wadah khusus selesai menyantap makanan, ini bukan uang tips, tapi lebih cenderung ke tradisi, sebagai ‘janji’ kalau esok hari teman-teman si Pengantin akan datang kembali ke Acara Pesta pernikahannya.

uang ‘janji’ untuk datang lagi ke Pesta pernikahan.

Menaruh uang ini sekadar tradisi, jumlahnya tidak ditentukan, malah cenderung nominal kecil, uang logam. Selesai acara jamuan makan di rumah calon mempelai Pria, biasa dilanjutkan kına gecesı (Malam hena) -di tempat mempelai wanita, untuk malam hena ini tergantung Keluarga, ada yang biasa dilakukan terpisah khusus kaum wanita saja, atau para tamu pria maupun wanita datang bersama.

 baca juga: Pertamakali tinggai di daerah dingin

Biasanya diMalam hena, para tamu dibagikan sebungkus kecil beberapa jenis kacang-kacangan, sebungkus leblebi-atau lebih dikenal kacang arab- jadi menu yang disajikan.**tradisi yang biasa dilakukan di Provinsi Corum**

Esoknya, Acara utama, Pesta pernikahan di Gedung. Dan untuk pesta di Gedung, jarang disajikan menu khusus, hanya minuman ringan , kue kering ,kacang-kacangan. Karena Undangan jamuan makan bersama sudah dilakukan sehari sebelumnya. Menikmati hidangan spesial İskilip Dolmasi yang konon sudah berumur ratusan tahun dan menjadi menu wajib warga İskilip dalam menyambut hari bahagianya.

8 Comments

  1. wah unik banget cara masaknya ya

  2. wah belum pernah nyoba,sama sekali makanan timur tengah sana,

  3. dari cara masaknya aja, aku udah penasaran banget mba :). ga kebayang sbnrnya, krn berasnya pake diikat kain segala. tp spertinya aku bakal suka sih, secara nasi berempah dan pakai daging gini biasanya memang enaaak :D. moga2 nanti ada kesempatan lg ke turki dan mampir ke kota ini utk nyobain iskilip

    1. Author

      barusan tadi siang nyoba menu ini versi restoran, bukan nasi berempah,tepatnya berkaldu, makanan daerah Turki jg beragam dan untuk daerah turki tengah ini menurut saya kebanyakan bumbunya minimalis, untuk lidah kita mungkin sedikit kurang cocok, krn bumbunya cuma garem:D karamelnya dr tumisan bawang bombay sampai kecoklatan sama mentega.jd pas makan tadi, saya tambahkan banyak bubuk cabe heheh baru kerasa

  4. Naha kaemutan tumpeng sangu koneng, peace yo hehee

    1. Author

      waduh masih enakan nasi koneng kamana2 hahah…ini rasa orisinal kaldu daging dgn mentega.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *