Setiap tanggal 23 april setiap tahun Turki merayakan hari anak,dan menjadikannya hari libur nasional, kebetulan tahun ini tanggal 23 april jatuh di hari senin,jadi long weekend.
Penetapan tanggal 23 april sebagai hari anak Turki berawal dari perjuangan pembebasan wilayah anadolu (wilayah turki yang berada di benua asia), Rakyat Turki dan para pejuangnya berhasil mendirikan sejenis majelis perwakilan rakyat pada tanggal 23 april 1920 di Ankara. Setahun kemudian sebagai peringatan terbentuknya majelis rakyat, hari bersejarah tersebut dihadiahkan kepada seluruh anak-anak Turki dan di tetapkan sebagai hari libur nasional oleh Mustafa kemal attaturk, hari anak Turki disebut juga çocuk bayram (çocuk: anak, bayram: perayaan) sampai saat ini kemeriahan hari anak Turki setiap tanggal 23 april tiap tahunnya selalu diisi dengan  acara-acara meriah diseluruh negeri. (sumber terjemahan by rahayuH)
Tiap tanggal 23 april setiap belediye (kotamadya) di İstanbul, selalu mengadakan acara-acara perayaan hari anak yang meriah, di Belediye tempat saya tinggal sekarang, daerah pendik belediyesi, tiap tahun selalu mengadakan festival hari anak  dengan mengundang  grup anak-anak dari negara sahabat termasuk indonesia, untuk ikut memeriahkan hari anak Turki, belediye mengadakan pagelaran budaya antar bangsa, untuk tahun ini, mengutip dari KJRİ istanbul para peserta pagelaran budaya  indonesia diwakili SMP al azhar pusat,SMPN 11,SMPN 85 dan SMP  Bakti Mulya Semuanya dari Jakarta.
Tahun ini saya tidak hadir untuk melihat adik-adik dari SMPN jakarta, karena berbentrokan jadwal, biasanya di pendik belediye , pagelaran dilakukan di pendik carsi meydan daerah pinggir laut marmara di pusat pendik.
Sebagai gantinya saya datang ke perayaan hari anak di belediye tetangga pendik yakni Kartal belediyesi, sekitar 30 menit lebih dengan menaiki kendaraan umum menuju kartal merkez tempat festival hari anak diadakan.
Bertiga dengan anak-anak saya menuju kartal, baba nya kebetulan tidak bisa ikut karena ada acara dengan teman-temannya. Sebelum datang ke festival saya ajak anak-anak mampir dulu di restoran cepat saji, karena hari libur nasional, deretan restoran sepanjang kartal merkez ramai pengunjung, lumayan banyak terjadi antrian di setiap restoran.31179409_2033127710285218_5192517651573768192_n
Usai mengisi perut, keluar dari restoran , dorong stroller saya berjalan bertiga menuju lokasi, cuaca cukup panas saat itu, tapi si sulung sangat antusias dengan segala keramaian di festival hari anak, Ga kalah heboh, dia tertarik ikut bergabung ke atas panggung untuk menari, tepatnya joget-joget gak jelas, musiknya lagu-lagu rakyat khas Turki tapi dia  bergaya break dance, lalu ikut antri dibagian lukis wajah, dia pilih sendiri , spiderman!
Berbagai permainan gratis pun disuguhkan demi memanjakan anak-anak yang datang ke festival, mulai dari  main balon, simulasi helikopter, bahkan permainan digital pun tersedia.Stand makanan berjejer dengan antrian yang mengular.
Saya dan anak-anak datang dari jam 12 siang sampai jam 4 sore di festival, anak-anak belum mau pulang sampai harus saya bujuk.
keseruan festival hari anak banyak juga di meriahkan pusat-pusat perbelanjaan,sehari sebelumnya saya datang ke salah satu mall besar, disana  banyak acara  untuk anak-anak digelar, mulai dari permainan sulap, menggambar animasi dsb.
Yang pasti setiap tanggal 23 april itu hari yang sangat meriah, disekolah sekolah banyak pementasan digelar, anak-anak pentas seni dan mengundang keluarganya untuk datang, tak kalah ramai nya pemerintah pusat maupun lokal selalu mengadakan perayaan hari anak,  memberikan hiburan  gratis untuk semua anak-anak di Turki tanpa terkecuali, dijadikannya hari libur nasional menjadi moment untuk kumpul keluarga, ada juga beberapa belediye mensponsori program rekreasi keluarga ke daerah wisata terdekat di luar İstanbul, seperti umraniye belediyesi, mereka mengadakan piknik bersama ke daerah Bolu yang memang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah, para warganya yang tertarik bisa daftar, pemerintah menyediakan angkutan bis besar yang cukup nyaman sebagai transportasi ke lokasi wisata,  biaya wisata hanya untuk konsumsi dan masuk area wisata, transport digratiskan dari pihak belediyesi.
Karena anak-anak setengah Turki:D mari kita rayakan hari anak 23 april ini, menyusul nanti versi indonesianya 23 juli.

selamat hari anak nasional Turki, çocuk bayram kutlu olsun!