Kali ini saya menulis beberapa hal yang saya sukai dari negara Turki. (selalu ada sisi positif dan negatif tentu saja, tapi untuk postingan ini saya ambil sisi positifnya dulu.

Hal-hal yang saya sukai dari Turki:

Turki sangat menghargai jasa-jasa pahlawannya.
Mereka (masyarakat Turki) amat sangat menghargai orang orang yang mengorbankan nyawanya demi tanah air, tidak terhitung berapa banyak anak bangsa yang jadi korban kekerasan, bom bunuh diri dari kelompok2 separatis yang menewaskan polisi atau tentara. Yang syahid dalam tugas negara, tidak dilupakan begitu saja, tidak butuh gerakan viral untuk diingatkan, mereka dengan suka rela membantu.

sumberfoto: trthabercom

Masyarakat berbondong bondong ingin meringankan beban keluarga yang ditinggalkan anak,suami atau ayah nya yang syahid, gugur dalam tugas negara. Keluarga pahlawan?  tentu saja rasa hormat di sematkan tinggi.
Toko toko daging di carsi dekat rumah, pom bensin seperti gambar di atas, sekolah-sekolah swasta bahkan sekolah  TK di daerah saya yang lumayan besar, selain menawarkan gratis masih juga menawarkan uang saku harian untuk si anak yang ayahnya syahid, kalau sekolah pemerintah full gratis. Toko makanan, banyak tak terhitung, bahkan pelayanan jasa pun akan diberikan cuma cuma untuk keluarga pahlawan, sering ditambah juga yetim (yatim) yang ayahnya wafat biasa –tidak karena korban kekerasan atau perang.
Nasionalisme bangsa yang Tinggi
İngat presiden Erdoğan yang pernah mengambil bendera kecil Turki di lantai. ketika menghadiri KTT G20, Fotonya sempat viral. Untuk masyarakat Turki, menghina atau melecehkan simbol negara adalah merendahkan martabat bangsanya. Menaruh simbol negara di tempat rendah dan terinjak kaki. Hal yang menurut mereka tidak pantas. Sikap sang presiden menunjukan rasa pernghormatan dengan simbol negaranya.
sumberfoto: konyahaber
erdogan mengambil bendera/sumber:konyahebrleri

Ne mutlu turkum diyene–betapa bangganya saya mengatakan kalau saya orang Turk! kalimat yang menjadi kebanggaan orang Turki yang pernah dilontarkan bapak pendiri republik ini.

Baca: lagu kebangsaan Turki

 
Menghargai hak hidup hewan
Pernah lihat foto kenapa kucing-kucing di İstanbul dan Turki umumnya Gemuk-gemuk? Walau berstatus kucing liar, kepedulian masyarakatnya terhadap hewan, baik kucing maupun anjing liar, sangat tinggi. Pemerintah maupun masyarakat Turki, bahu membahu  merawat hewan liar, selain kucing,anjing, burung-burung pun hidup nyaman di Turki, banyak aktivis penyayang binatang dan masyarakat umum bahu membahu, musim dingin  mereka membantu menebar biji-bijian untuk makanan burung di bukit-bukit, kucing liar hidup nyaman di kandang-kandang kecil yang di buatkan oleh pemerintah lokal, ada box mirip ATM di jalan di khususkan untuk hewan-hewan makan dan minum.cats in istanbul
 
Orang Turki sangat senang menjamu Tamu
İsinya kurang lebih sama dengan postingan sebelumnya di bertamu ala Turki . Bagi orang Turki, menjamu Tamu dengan makanan terbaik adalah berkah, Mereka sangat suka sekali menjamu tamu sebaik-baik jamuan, yang kadang  sulit menolak kebaikan mereka dalam berbagi makanan.

Baca juga :hobby ngumpul ngumpul orang turki

Orang Turki, rata-rata Good looking?
Kalau pecinta drama Turki sepertinya banyak yang meng-amini, Kalau mau dibilang semua orang Turki ganteng dan cantik ya engga juga, tapi banyak aja? lho…, ya ini secara mata saya juga masih sehat, kalau boleh jujur, lama-lama saya juga terbiasa dengan standar cantik atau ganteng nya orang Turki, pernah ketemu tukang sayur di pasar yang gantengnya ngalah-ngalahin Tom cruise? iya dimata  saya lebih ganteng kang sayur ini, mata biru, rambut pirang kecoklatan, postur tubuh tinggi atletis,senyumnya manis, tapi jualan sayur? ya biasa aja di sini, ga sampe jadi viral karena saingannya banyak:) semua menjadi mungkin karena perpaduan ras dari bangsa Turki itu macam-macam, orang Turki asli seperti bangsa-bangsa asia tengah lainnya, sipit, putih, mirip juga ke bangsa china. Turki yang sekarang adalah generasi bangsa hasil kawin campur terbesar:)

 
5 Hal diatas dari sekian banyak yang saya sukai dari Turki, masih banyak yang lainnya termasuk tentang buah dan sayuran di Turki yang harganya sangat terjangkau, Wah apalagi ya, tapi sepertinya yang terakhir  lebih banyak disukai yang selalu menjadi alasan klise yang berhubungan sama Turki hehe.
Kira-kira punya pendapat lain selain yang saya tulis?  wisatanya? oh iya itu pasti, berhubung saya belum menjelajah semua daerah Turki jadi belum saya cantumin (curang ya:D)