Categories
review

Drama Nirvana in Fire, Mei changsu si Ahli strategi hebat

Mungkin termasuk telat nulis ulasan ini, karena drama Nirvana in Fire / lang ya bang sudah tayang dari tahun 2015, dan saya baru sempat nonton (duh kemana aja) Biasanya Drama yang saya tulis ulasannya di Blog, sudah pasti saya suka dan tonton. Dramanya bagus? Tentu saja, Karena Penasaran dengan daya tarik drama yang makin mengangkat nama Hu ge aktor kelahiran 1982. Jadi aktor populer di Mainland Cina. Banyak sekali yang merekomendasikan Drama ini, bahkan memasukan Nirvana in Fire sebagai salah satu drama kolosal terbaik yang di Produksi Cina. Ehm penasaran kan.

Pengenalan karakter :

Karena banyak yang menulis drama ini rada ‘njlimet’ apalagi di episode-episode awal terasa membosankan, belum ketebak bagaimana alur cerita Drama berjalan tapi setelah mulai paham dengan alur cerita, Drama ini memang selalu membuat penasaran disetiap episodenya.

Master Su

Drama ini mengisahkan tentang sosok Mei changsu /Master Su zhe / lin shu, 3 nama yang diperankan oleh Hu ge: Perbedaannya: Lin shu adalah nama aslinya, Mei chang su adalah nama yang dia pakai untuk menyembunyikan identitas sebagai Lin shu–Nama Mei changsu dipakai ketika dia menjadi pemimpin aliasi Jiangzhou-sebagai ahli strategi handal yang namanya mulai dikenal, aliansi perkumpulan para ahli bela diri, sedang master su zhe adalah nama terakhir yang dia pakai ketika kembali ke İbukota kekaisaran DaLiang.

Pangeran Jinyang

Diperankan dengan apik oleh Wang kai (when snail fall in love) Pangeran Jinyang adalah sahabat masa kecil Lin shu juga saudara sepupu. İbu dari Pangeran Jinyang adalah salah satu selir kaisar tingkat dua. İbu dari lin shu, adik perempuan kaisar yang menikah dengan jenderal besar lin xie, sahabat dekat kaisar yang membantunya selama 10 tahun sampai Kaisar naik tahta.

Puteri Nihuang

Seorang ksatria perempuan yang memiliki pengetahuan militer handal, membawahi seratus ribu pasukan penjaga perbatasan selatan, Puteri Nihuang bukan Puteri biasa, dia menggantikan tugas ayahnya sebagai Raja muda Yunnan, menjaga perbatasan selatan, sampai adik laki-lakinya cukup Umur, Sang puteri yang bertugas. Dan Puteri Nihuang ini adalah: kekasih Lin shu di masalalu, teman sepermainan dengan Pangeran jinyang, Puteri Nihuang dan Lin shu

Alur cerita:

Balik ke Masa lalu untuk mencari tahu alasan Mei chang su datang ke İbukota, setelah 12 tahun.

Alasan utama:

  • İngin mengungkap kebenaran di balik tragedi pembantaian 70 ribu pasukan Chinyan yang dipimpin Ayahnya di bantai di perbukitan Meiliang karena dituduh Pemberontak.
  • Membersihkan nama Pangeran Qi (kakak dari Pangeran Ji sahabatnya) beserta Keluarga Lin Shu yang dituduh bersekongkol dengan Putera mahkota saat itu (Pangeran Qi) bahwa mereka hanya korban dari Fitnah. Menjatuhkan dua aktor utama yang menghasut Kaisar yakni Xie yu dan Xie jiang, Dua tokoh politik yang dekat dengan Kaisar.
  • Membantu pangeran Jinyang merebut tahta sebagai penerus Kekaisaran, dan membantu menyingkirkan dua pangeran yang tidak layak menjadi Penerus Kaisar: Pangeran Yu dan Putera Mahkota, keduanya dikenal sebagai pangeran yang korup. Pangeran Ji terkenal sebagai pangeran yang jujur, disiplin, sayangnya rangking posisi Pangeran Ji hanya sebagai rangking dua. Posisi Pangeran Ji dibawah kedua pangeran kesayangan kaisar.

*dalam kekaisaran ada urutan peringkat: Antara Permaisuri dan para selir kaisar, jika selir peringkat dua, termasuk selir yang ‘tidak dianggap’ selir peringkat satu sejajar dengan permisuri, Putera mereka yang menjadi Pangeran di peringkat satu (dan yang berhak untuk memperebutkan posisi putera mahkota( , dibebaskan akses bertemu ibunya di İstana masing-masing kapan saja, tapi jika peringkat ibunya selir tingkat dua, Puteranya :(pangeran Ji) harus dapat izin terlebih dahulu untuk memasuki İstana.***

İnti Cerita Drama Nirvana İn fire

Keahlian strategi yang dikuasai Mei chang su menjadi daya tarik utama drama ini, bagaimana dia mengambil tindakan, menipu lawan, Main cerdas. Mei chang su dikelilingi para loyalis dan sahabatnya, meski fisiknya melemah semenjak peristiwa pembantaian Pasukan Chinyan , Mei chang su salah satu korban selamat, dia diselamatkan Lin chen, Seorang ahli kungfu dan pengobatan terkenal. Mei chang su terkena racun kuat yang sulit diobati ketika pembantaian terjadi, sampai harus kehilangan kemampuan bela dirinya, sebagai seorang Marshal muda (saat itu usianya 19 tahun, Lin shu diajak ayahnya, Jenderal lin ke medan pertempuran) kehilangan kemampuan bela diri tentu saja menyakitkan, dia harus menjalani pengobatan yang keras, sampai fisiknya berubah.

hanya di drama: kena racun nambah ganteng:D

Lin shu muda di perankan aktor Zhang ze han (legend of yun xi) wajah zhang ze han berubah menjadi Hu ge (efek racunnya bikin tambah ganteng:D) akibatnya banyak orang yang dulunya mengenal Lin shu, tidak mengetahui kalau orang yang mereka hadapi sebenarnya orang yang sama, Ketika dia kembali ke İbukota, hanya beberapa teman dekatnya mulai mengenali. seperti komandan Meng , Puteri Nihuang, karena seringnya berinteraksi, yang menyedihkan Pangeran Jinyang menjadi sosok terakhir yang baru sadar kalau master Su adalah Lin shu sahabat dekatnya. Meski dari awal dia curiga dengan Master Su, orang-orang terdekat Master Su selalu menutupi sosok Master Su sebenarnya di hadapan pangeran Jinyang, karena alasan: Pangeran Jinyang dengan karakter emosionalnya bisa membahayakan jika dia tahu siapa Master Su aslinya, sebelum tujuan mereka tercapai mengantarkan Pangeran Ji ketampuk kekaisaran Danliang.

Ahli strategi

Tujuan lain Master Su, ingin sahabatnya pangeran Jinyang menjadi penerus kaisar, cukup masuk akal. Dengan kemampuan pangeran Ji dimata Master Su lebih unggul menjadi pemimpin negerinya, Berbagai strategi untuk membuka jalan dia lakukan agar Pangeran Ji, semakin maju, menjatuhkan lawan satu persatu, menghancurkan dua kubu pangeran yang sering berselisih, berpura-pura menjadi penasehat Pangeran Yu. Tapi menusuknya dari belakang dengan halus tanpa disadari Pangeran Yu.

Satu persatu dengan strateginya master Su, para loyalis dua kubu pangeran dia jatuhkan, menteri-menteri korup loyalis para pangeran dia singkirkan dengan taktiknya. Sampai akhirnya perlahan jalan pangeran Ji terbuka untuk semakin maju, dimulai dengan pengangkatan peringkat pangeran, dari Pangeran kelas dua , lalu mendapat dekrit kaisar, naik menjadi Pangeran kelas satu, mendapat dekrit lagi menaikan posisi kembali dengan penambahan mutiara di mahkota pangeran, hingga sejajar dengan pangeran Yu, yang akhirnya baru menyadari kalau selama ini dia diperalat Master Su. Semakin sering minta nasehat Master Su semakin kehilangan loyalisnya. Kebiasaan Master Su, menyimpan nama-nama musuhnya dalam bentuk kartu kayu, jika mendekati kejatuhan musuhnya, dia membakar nama yang tertulis di kartu tersebut ke perapian. Pembawaan yang tenang Master Su setiap memecahkan masalah, Meski kondisi Fisik semakin melemah, Master Su sangat disegani semua kalangan

Moment mengharukan:

Meski katanya Drama ini minim sekali romance nya, tidak menjadi porsi utama inti drama, hanya sebagai pemanis, tapi percayalah chemistry yang dibangun sosok Master Su dan Puteri Nihuang cukup membuat terharu, bagaimana ketika Puteri Nihuang menyadari kalau Master Su adalah Lin shu, kekasihnya yang dia anggap gugur bersama pasukan chinyan. Hanya pelukan dan tatapan penuh kasih sayang mereka berdua setelah berpisah 12 tahun, sudah cukup membuat emosi penonton diaduk. Pelukan,sandaran tanpa ada adegan ciuman sama sekali sepanjang drama, tetap memberi warna romantisme pasangan ini.

Master su dan puteri Nihuang

Ketika Pembicaraan dua mata dengan Xia dong, salah satu pemimpin di biro penyelidikan negara dan juga sahabat puteri Nihuang, Master Su menitipkan Puteri Nihuang ke sahabatnya, agar dia bisa menghibur puteri Nihuang, Menjaga kekasihnya jika suatu saat dia tidak bisa bersama Nihuang lagi, karena alasan kesehatan yang semakin memburuk. Master Su tidak yakin akan masa depan dengan kekasihnya Puteri Nihuang.

Ketika Berpisah, Master Su ingin kembali ke medan perang, dia bersikeras untuk ikut bertempur, sebelum berangkat, berbicara dengan Puteri Nihuang, kalau diberi kesempatan hidup di masa berikutnya, dia mengatakan, ingin menjadi orang biasa dan hidup berdua dengan Puteri Nihuang, pergi keliling dunia, menikmati hidup berdua sampai tua, tidak terpisahkan lagi.

Persahabatan dan loyalis

Persabatan Master Su dengan komandan Meng zhi, ataupun bodyguardnya Fei liu , lin chen , yan yujin jungrui dan beberapa bawahannya, cukup memberi warna, oh ya untuk sosok bodyguard ini diperankan Leo Wu, aktor muda, yang ternyata sejak usia 6 tahun sudah terjun ke dunia akting, akting pertamanya bersama Hu ge, di Nirvana in fire, dia kembali beradu akting dengan Hu ge sebagai bodyguardnya.

Kenapa sosok Fei Liu menarik? karena digambarkan kalau Fei liu ini sebagai kaki tangan Master Su yang keahlian bela dirinya tidak diragukan, ahli kungfu tapi kelakuan masih bocah, sering ngambek, manyun, sering nyolong bunga di pekarangan orang, karena hobbynya metik bunga, dan selalu jadi bahan ‘bully’an teman teman master Su yang lain, salah satunya Komandan Meng, mereka hobby berduel di pekarangan rumah Master Su, tapi Fei Liu sering kalah, kalau mereka bertemu seperti anjing dan kucing. Setiap ngambek langsung ngajak duel kungfu:D membujuk Fei Liu, cukup dibelikan mainan dan jajanan. Hobbynya nongkrong di Genteng-.-‘ Hubungannya dengan Master Su sangat dekat, seperti adik kakak.

aktor muda Leo Wu memerankan Fei Liu (ketika berusia 15 th)

Apa yang menarik dari Drama ini:

Tentu saja karakter Master Su dengan sebagai ahli strategi handal, persahabatan degan Pangeran Jinyang yang menguras emosi, Bromance sejati, Persahabatan Master Su dengan para Loyalisnya yang selalu setia mendukungnya. Orang-orang terdekat Master Su yang selalu mendukung.

Banyak pelajaran juga yang bisa dipetik, bagaimana seorang ahli strategi bekerja di dunia politik yang penuh İntrik, Menyiapkan berbagai strategi dengan matang, menganalisa lawan, latar belakang dan sebagainya, mencari titik kelemahan.

Kesabaran dalam mengelola konflik, Emosi semata tidak akan menjadi solusi, Berjuang untuk membuktikan kebenaran dibalik tragedi besar yang tertutup rapat kasusnya-dipetieskan- supaya Kaisar mau membuka kembali kasus tragedi pasukan Chinyan yang dibantai, memberi kompensasi ke keluarga, memulihkan nama baik semua korban jiwa.

Drama terdiri dari 54 episode, tersedia juga di channel Youtube dengan Sub English lengkap, atau bisa nonton di App Viki.com.

Selamat menonton:)

4 replies on “Drama Nirvana in Fire, Mei changsu si Ahli strategi hebat”

kak kasih rekomndasi drama wuxia yg lain dong demnt bgt nih ma drama mandarin yg genre kolosal….heheh yg pernah ditonton princes agent ma ice fantacy,,,,

Klo saya justru blm nnton yg season satu ini. Malah nemu yg season 2 nya dulu hehee. Dan msh sering di rewatch. Recomend buat nnton nirvana in fire 2 nya kak. Ga kalah seru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *