Minggu lalu lumayan sibuk, selain urus Fatih yang akan masuk sekolah, ditambah weekend ada acara keluarga, Salah satu keponakan suami melaksanakan ‘Nısanlı’ – Pertunangan- Acara diadakan di sebuah Gedung. Karena bolak balik ke Corum, kami harus mengatur waktu dengan kegiatan Fatih di awal masuk Sekolah, jumat lalu menjadi hari pertamanya masuk Sekolah untuk Pengenalan dan Kegiatan Pengundian kelas, Orangtua diminta hadir, Sedang hadir di acara Keluarga juga menjadi kewajiban, apalagi yang mengundang adalah Kakak perempuan terdekat Suami.

Sebenarnya Keponakan ini masih Kuliah, rencana Menikah setelah lulus Nanti, Kemungkinan Musim panas tahun depan jika tidak ada aral melintang. Dan atas kesepakatan kedua Keluarga, Mereka diikat dalam pertunangan terlebih dahulu, Lamaran dan Tunangan. Banyak Keluarga Turki menjalani proses bertahap seperti ini sebelum Menikah, dan pesta pertunangan pun diadakan secara besar, menyewa Gedung.

Sebagai anggota Keluarga terdekat, rasanya ‘ayıp’ jika memberi hadiah sekadarnya, apalagi kalau Kakaknya juga pernah memberi hadiah pernikahan dengan memberikan kami Ceyrek Altın, cumhuriyet altın

ceyrek altın (koin emas: biasa menjadi hadiah di pernikahan) sumberfoto: haberturk.com

Jenis-jenis koin emas dengan tingkatan Gram berbeda, Harganya mengikuti harga emas di pasaran. Kalau pernah Melihat tradisi Pernikahan di Turki yang menempelkan koin emas di baju pengantin, İni cara mereka memberi ‘hadiah’ kedua mempelai dengan disaksikan banyak tamu.

İnvestasi Emas untuk kondangan?

Nah sekarang bayangkan jika suami masih memiliki 6 keponakan yang belum menikah semua jarak umur berdekatan, usia 20 tahunan ke atas, ditambah sepupu, anak dari Paman-pamannya, kerabat. Saya juga masih ingat dengan salah satu kakak İpar yang menghadiahi Saya gelang emas ketika Menikah 8 tahun lalu, dan beliau masih ada anak laki-laki bujang sudah memiliki Calon istri, Tentunya sebagai Paman, Dia (Suami) harus mulai berinvestasi menyimpan emas sebagai hadiah pernikahan sang keponakan ini. Acara Pertunangan salah satu keponakan ini juga kami beri hadiah, Tahun depan di acara Pernikahan memberi emas lagi. Tradisi Keluarga? İya ini tradisi yang sudah turun temurun di Turki, Pernikahan identik dengan Emas.

Pemasangan hadiah gelang emas dari pihak keluarga laki-laki

Pemasangan cincin pertunangan, biasanya dengan simbol pita merah, kemudian digunting oleh orang yang dituakan, lalu didoakan.

Suami memiliki tabungan emas, biasanya setiap bulan dipotong dari gajinya, Besarnya tergantung harga pasaran saat itu, nabung sedikit sedikit, satu atau dua gram, Selain untuk dana simpanan, juga untuk ‘Modal kondangan’ Pemberian ceyrek altı juga tidak mesti hanya karena alasan Keluarga, dengan sahabat atau teman kenal juga banyak yang memberi hadiah pernikahan Emas.

Nah siap-siap ada 5 lagi keponakan dan dua sepupu yang sepertinya akan menyusul Lagi, karena Beli emas dadakan apalagi ketika harga tinggi cukup menguras kantong. Fungsi investasi emas di Turki paling fundamental: Untuk kondangan:)