Semalam saya sedang buka youtube, tiba-tiba speed internet slow, cek sosial media lainnya :facebook, twitter, youtube, terjadi hal sama. Akses sosial media sengaja ditutup dengan koneksi super lambat. Biasanya jika akses sosial media sulit, ada sebuah peristiwa penting berkaitan dengan politik. Lalu saya cek portal berita online berita tentang İdlib suriah dan wafatnya 33 tentara Turki yang dikirim kesana.

Berita tentang tewasnya 33 tentara Turki

Menjadi peristiwa penting, berkaitan dengan wafatnya 33 tentara yang ditugaskan ke İdlib, Kenapa Akses sosial media ditutup? tentu saja untuk mengontrol warganya agar tidak sembarangan menshare berita apapun berkaitan dengan tewasnya 33 tentara Turki ini, terutama untuk yang kontra dengan pemerintah. Hal yang sama juga pernah terjadi ketika İstanbul, Ankara diserang Bom bunuh diri, peristiwa kudeta, sosial media di Turki langsung sulit diakses Sampai batas waktu tertentu, ketika situasi sudah bisa dikendalikan.

Dari pagi saya coba buka akses ke sosial media, kompak semuanya sulit diakses, kecuali buka Blog dan Google untuk pencarian informasi akses tetap normal. Jadi jika tiba-tiba akun orang Turki atau WNİ yang di Turki sunyi senyap satu hari, pertanda akses sosial medianya diblok pemerintah:D Syukur ngetik di Blog masih bisa, Bagaimana? yang masih membanding-bandingkan İndonesia vs Turki, masih enakan jadi orang İndonesia kan:) Mau ngebacot Pemerintahnya kayak apa, belum pernah ada cerita sosial media seperti facebook di Blokir, yang ada jamaah twitterian, fesbukiyah İndonesia demo berjilid-jilid ya hehe