Tentang masalah ini (*saya hanya menulis pendapat pribadi saya..OK, ga semua akan sependapat, silahkan saja)

Saya sering ditanyakan pendapat:

Tentang nikah imam / nikah secara agama/ nikah sirri dengan WNA, ya terutama kalau ini datang dari orang Turki nya yang ngajak.

Saran saya selalu sama: Kalau bisa JANGAN!

prosedur nya panjang, syarat syarat nya banyak..mbak, calon saya ga mau ribet???

Ya  kalau dibaca syarat syaratnya  emang keliatan ribet, jelimet,panjang yang seakan gak berujung!

Tapi percaya lah, kalau niat baik apalagi menyempurnakan separuh agama, pasti ada jalan keluar ,jalan pertolongan. Sabar dan ikuti prosedur saja.

Nikah secara agama! kok dilarang?

Saya gak ngelarang, saya cuma kasih saran,  mending langsung nikah resmi yang tercatat sah di kedua negara dan juga agama!

Alasan nya kenapa?

Belajar dari pengalaman, kehati hatian:

Apalagi kalau ketemunya lewat dunia maya, siapa yang bisa menjamin 100 persen , janji dan omongannya bisa dipegang? walau si calon sudah mengenalkan  keluarganya via video call misalnya.

Baca ini:Alasan menikah

Bisa saja ditengah jalan, tiba tiba keluar saja talak cerai! iya  bisa saja, ibarat habis manis sepah dibuang, mau nuntut? bukti kuatnya apa? sudah tercatat kah di lembaga resmi pemerintah kedua belah pihak? susah kan.., yang rugi siapa? ya tentu saja pihak perempuan-.-‘

Saya jujur ga menyarankan untuk pernikahan beda bangsa, karena kebelet pengen nikah, terutama ini yang mungkin senasip dengan saya  bertemu lewat jalur dunia maya, lewati saja prosedur yang resmi, susah susahnya  ujungnya   demi kebaikan kita sendiri. hak hak kita terpenuhi, apalagi dengan sistem patriarki, kedepan kalau ada anak dalam pernikahan, terus bukti nikah cuma nikah sirri, terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, mau bawa anak ke kampung sendiri juga pastinya susah bukan kepalang dengan beragam dokumen yang harus di urus.

Kalau bilang: calon nya ga mau ribet, ngurus ngurus?

ya kalau cinta berjuang doang, berkorban juga lah…, masa cuma sebelah pihak yang sibuk ngurus, ntar kedepannya kapal oleng jendral! sesibuk sibuknya kerja, sekarang jaman online, cari informasi dengan modal wifi, atau paket data juga bisa, disela sela istirahat kerja, masa iya browsing aja ga bisa:P lalu keluar ucapan: ribet!  hmm..

Baca: pesta pernikahan turki

Yang bilang ribet karena udah mikir susah duluan, asal informasi benar, dokumen lengkap dan orangnya ga masuk DPO , masalah politik (iya banget deh disini:D)gitu..pasti segala urusan perizinan buat nikahin puteri puteri nusantara bisa lolos saja dengan mudah, mau menikah di indonesia maupun di Turki, ada prosedurnya sendiri, lengkapi dan ikuti saja segala kelengkapan dokumen,(jangan tanya saya yah..udah lupa:P)

Nikah agama ga dilarang tapi dibarengi juga dengan nikah sah secara hukum negara. Harus! kalau cuma ngajak nikah agama, tapi ga mau ngedaftarin resmi..wah ada apa ini??

Kisah cinta dengan pria Turki tidak juga seindah dongeng, tetap banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti yang saya tulis di atas, gimanapun lalui semua prosedur syarat pernikahan dengan baik. Yang sah di mata hukum dan agama

Jangan lupa baca yang ini:

Awal cerita kami

Marriage its not about age, its about finding the right person-

sophia bush
diajak nikah pria turki