Mau cerita yang ringan-ringan dulu, nanti diprotes lagi dikira tulisan di Blog bahasa berat mulu heheh, Untuk cerita keluargapanda kali ini, saya mau cerita tentang Alya, Anak kedua si babypanda yang beranjak Balita. İnsha Allah penghujung tahun ini usianya memasuki 3 tahun.

Alya adalah:

Alya adalah anak buah…, padahal waktu masa kehamilan dia, saya ngidam ramen, mie samyang, indomie, sampai kebawa mimpi makan indomie dengan taburan rawit ijo. Kebanyakan mie instan memang ga baik, tapi gimana dong, namanya ibu hamil daripada galau berkepanjangan, untung ga ngidam aneh-aneh macam minta dibuatin Candi ke suami, ehmm. Menutupi rasa bersalah, biasanya semangkuk mie saya sandingkan dengan semangkuk salad segar atau lalapan. Tapi begitu dia mulai Mpasi pertamanya, saya pakai metode Food combining, Kenalkan buah-buahan dan sayur, ketika dia mulai bisa menggengam dengan baik, dilanjut BLW, hasilnya

buah apa aja dimakan

Alya memang penyuka buah, dia semakin menyukai buah semenjak masa disapih tahun lalu, saya memberi ASİ sampai usia 2 tahun, tepat di ulangtahun ke-2 nya saya stop ASİ, awalnya mengalihkan ke Susu UHT, tapi Alya lebih milih buah, jadilah sebelum tidur pilihannya antara minum susu atau makan buah dulu, kadang dia tertidur sambil pegang buah yang belum dimakan, Stok buah dirumah tidak boleh kosong, bisa membuat Alya galau berkepanjangan, Saking menyukai buah, Babaanne sampai memetik sekeranjang apel dari kebunnya khusus untuk Alya.

Tips bagaimana anak bisa suka buah:

Ya tinggal sediakan potongan buah aja didepannya, jangan pancing dengan cemilan lain, kenalkan rasa Lapar ke anak, nah insting manusia kan kalau lapar nyari apa yang dimakan, saya emang ga disiplin untuk jam makan anak, fleksibel aja, nunggu dia lapar baru siapkan makanan. Sejauh ini sukses dimasa-masa Mpasinya Alya lebih sering ngunyah buah atau sayur yang empuk.-kataemakpanda

Alya adalah:

Si murah senyum dan penghangat suasana, Masha allah. Bisa dibilang, Alya juga fans berat anne-nya, huah pede banget ya, karena sedari bayi, saya memang bagi tugas dengan si Baba, dia lebih sering jagain Fatih dan saya fokus ke Alya ditambah Si baba waktu itu kerja normal layaknya orang kantoran, sekarang upnormal karena shift -shif-an 12 jam kerja. Bonusnya memang dia lebih banyak waktu luang. ini juga karena alasan untuk meminimalisir Fatih cemburu dengan kehadiran adiknya. Alhamdulilah dia pengertian. Ngomong ngomong Fans berat, Alya suka sekali ngikutin saya ke toilet, nonton live action annenya buang hajat dan dia bisa dengan asyik tetap ngunyah buah maupun cemilannya dipintu toilet-.-‘ kalau tidak saya turuti, Alya biasanya teriak atau gedor gedor pintu.

Alya itu: kreatif

si kreatif dan inovatif

Kalau menulis kata kreatif, tepatnya sih karena masa-masa dia suka mengekplorasi, banyak penasaran, kadar -kepo- yang tinggi, koleksi make up saya yang ga seberapa, jadi korban, lipstik habis buat coret-coret lemari, sisanya saking gemes saya poles saja diwajahnya ga lama kena tegur si Baba, ok langsung hapus sesudah mengabadikan dalam kamera ponsel, Alya juga suka sekali dengan hewan, nemu kucing dijalan, dengan senang hati dia akan berbagi jajanannya.

Harapan untuk Alya

Semoga diusia ketiga Alya makin pintar bicara, penggunaan dua bahasa, sedikit membuat dia terlambat berbicara, pengalaman dari anak pertama, ga masalah buat saya, sekarang Fatih kakaknya terbiasa menggunakan bahasa Turki dan İndonesia, saya masih nyicil pelan-pelan bahasa inggrisnya.

Semoga Alya siap toilet training, oh ya ini rahasia perusahaan sebenarnya, tapi gak apa-apa saya cerita: Tantangan saya sekarang karena ALya masih belum siap untuk toilet training, beli dudukan khusus di toilet duduk buat dia belajar ke toilet juga masih kurang berhasil, mencoba berbagai cara dan metode yang saya baca dari tulisan Momblogger lain, masih juga belum berhasil, nunggu hidayah aja kayaknya! Saya sudah melepas diapersnya kalau siang, agar dia terbiasa, hasilnya Alya ambil diapers sendiri dan make sendiri dong hahah..meski posisinya kebalik, tapi dia inisiatif pake sendiri dan belum ikhlas dilepas. Kalau Baba beli Diapers, bagaimana reaksi Alya? berasa dibeliin mainan, dia kan loncat-loncat bahagia dan meluk diapersnya yasalaaaammm.

Baca-baca ini juga:

kenapa anak gak Bule

jadi anak SD di Turki

Anak campuran İndonesia Turki seperti apa?

Memang tiap anak itu unik, memiliki dua anak dengan karakter berbeda, kuntuk Fatih, saya kesulitan sekali untuk menyapih, hingga lewat 2.5 tahun baru benar-benar lepas ASİ itu juga penuh perjuangan, Nah syukurnya Fatih bisa toilet training lebih cepat di usia 2 tahunan. Alya kebalikannya, Menyapih dan tidur terpisah sudah paket berbarengan diusia 2 tahun, tapi memasuki usia 3 tahun, dia tetap belum siap toilet training.

Alya sehat-sehat terus, keinginan anne-babanya, kalau nanti pindah lagi ke Kota, ada keinginan anak-anak masuk kelas bela diri hehehe, biar kayak iko uwais, eh ga juga ding. Buat Alya bekal ilmu bela diri, Kehidupan yang akan datang makin keras kakak! Dulu annenya pernah ikut ektrakulikuler karate di SMA tapi mlempem karena ga bisa bagi waktu dengan kelas diniyah sore, di Mts ikut pencak silat juga eh tapi entah pada kemana ya itu ilmu bela dirinya, mlempem banget ini hahah.

antena

Kata Baba, punya anak perempuan itu tanggung jawabnya besar, eh anak laki-laki juga dong. Belum kalau udah akil balig, wah jangan jangan doyan dandan katanya, ini sih gara-gara ALya hobby corat coret badannya pake spidol atau pulpen di rumah, untungnya edisi corat coret ditembok cuma sebentar, saya coba kasih pengertian, Alya nurut, medianya jadi badan dia sendiri atau kulit babanya habis dia gambar. Untuk selera fesyen, suka-suka Alya, dia akan milih sendiri baju apa yang akan dia pakai, meski tabrak warna yang penting dia suka. Tapi kalau kotor dikit wajib ganti, alhasil cucian dirumah didominasi baju Alya, Baba pusing sendiri, karena petugas laundry di rumah adalah Baba, Anne kebagian ngelipet sama nyetrika. Besok -besok kalau Fatih Alya besar kami mau alih jabatan.

Semoga Anne babanya juga sehat terus, masih diberi kesempatan umur untuk menemani Alya dan Fatih sampai jadi orang bermanfaat, berguna, memastikan Alya dan Fatih siap menghadapi dunia. Berkarakter kuat. Selamat bertambah Usia Puteri kecil kami…..