Tidak terasa sudah memasuki pertengahan bulan desember tahun 2020, Tahun yang luar biasa untuk masyarakat dunia, karena Pandemi Corona covid19. Banyak perubahan terjadi dalam jangka 12 bulan, Pandemi banyak menelan korban Jiwa, ada 3 teman Gelin İndonesia wafat karena pandemi, Duka cita berturut-turut dalam tahun ini. Ditambah adaftasi untuk kelas online anak-anak sekolah. Tidak hanya di Turki, tapi hampir diseluruh dunia, perubahan aktifitas normal manusia, pembatasan kunjungan. Selama Pandemi, kami juga di rumah aja, Suami mendapatkan perubahan jadwal kerjanya, apalagi ribuan tahanan dibebaskan, sebagian kecil sudah kembali, tapi jam kerja masih belum kembali normal.

Rutinitas yang berubah di Komplek

Rutinitas sebelum masuk shift kerja, Suami harus menjalani test Swab terlebih dahulu, test pertama dilakukan di lantai 3 apartemen, petugas tidak masuk ke dalam unit kami. Test ke-dua, justru di luar gedung. Setelah menjalani test Swab, wajib karantina mandiri seminggu di rumah, dan dilarang bepergian keluar komplek tinggal. Untuk keperluan mendesak, ada 3 staf yang sedang Off kerja ditunjuk sebagai kurir, jika ada perlu sesuatu untuk dibeli, bisa titip mereka. Kemudian masuk kerja 10 hari tanpa libur dan tinggal di asrama. Praktis selama 10 hari kerja, jika ada kebutuhan mendesak saja baru bisa titip belanja itu juga biasanya tidak banyak, misal butuh cemilan atau beli keperluan pribadi seperti pembalut ga mungkin nitip sama teman kerja suami-.-‘ saya sempat upload di kanal youtube: tentang belanja bulanan untuk memenuhi kebutuhan di rumah, karena tidak bisa setiap hari pergi ke Carsi, kalau jadwal kerja sudah turun, 3 minggu di karantina sekeluarga.

Terakhir saya dapat kabar kakak ipar nomer 3 harus menjalani operasi karena kanker payudara. Karena kami tidak bisa kemana-mana, ditambah angka positif covid Turki belakangan naik drastis. Semakin memperketat bepergian keluar kecuali ke market seperti di v-Log, itupun anak-anak selalu kami tinggal di rumah aja.

Setahun ini memang kami sempat menjalani liburan musim panas, dengan pertimbangan ketat, cari tempat yang masih relatif aman, rencana ke İstanbul saja kami batalkan, padahal ada acara penting, pernikahan keponakan yang selalu saya repotkan masalah Blog. Tidak kami hadiri. Beberapa trip singkat yang kami jalani:

Petualangan menuju pantai di Kastamonu

Museum İnebolu dan sejarah Turki sekuler berawal

Roadtrip ke İnebolu Kastamonu

Menjelajah kota Yozgat Turki

Short-Trip AlacaHoyuk, salah satu peninggalan bangsa Hitit

Piknik Keluarga di Obruk Baraj Çorum

Semua tempat yang kami kunjungi lekat dengan alam, terus terang tidak berani ke kota besar, seperti Samsun. Karena alasan kota ini masuk area merah penyebaran covid.

Jujur saja terkurung lama di komplek, meski fasilitas lengkap, ada rasa jenuh juga, apalagi jadwal kerja suami juga sangat ketat, dalam 1 bulan hanya dizinkan beberapa hari bepergian keluar komplek. Makanya sangat kami manfaatkan, kalau pas bisa bepergian, seperti piknik ke danau, ya kami lakukan, asal membatasi interaksi dengan banyak orang.

Target tahunan yang tercapai

Saya selalu membuat jurnal untuk pencapaian 1 tahun, hal apa saja yang harus saya lakukan. Alhamdulilah sebagian besar tercapai, Saya harus mendorong diri untuk memenuhi target apa saja yang sudah saya tulis dan saya tempelkan di lemari kabinet dapur. Dari sisi spritual maupun sosial, Harus ada peningkatan semua. Untuk Target tahun depan belum saya tulis lengkap, biasa ritual menulis target ini saya lakukan tanggal 31 desember sebelum malam tahun baru, Saya membuat list apa saja yang ingin dicapai dan dilakukan.

Untuk tahun depan jujur saja target terbesar saya bisa ke Dokter gigi demi menjalani operasi Flap Gigi. Setahun ini belum berani berkunjung ke dokter gigi karena khawatir penyebaran virus. Semoga musim panas bisa terlaksana, doakan ya:) Kesehatan jadi prioritas, target tahun 2020 yang belum tercapai sebenarnya bisa ketebak, sulit sekali menjaga berat badan dengan aktivitas dirumah aja dan bolak balik ke dapur-.-‘ Ahh semoga 2021 bisa konsisten***sebelum ngetik padahal makan malamnya semangkuk bakso:P apalagi cuaca musim dingin, godaan berat***

Kalau teman teman target 2021nya apa? Kalau target bersama umat seluruh dunia: Saya tebak: Berakhirnya pandemi covid dan kita hidup normal kembali ya, Semoga tahun depan semuanya lebih baik lagi, finansial, kesehatan, hubungan asrama eh asmara:D