Categories
Cerita keluargapanda

Cara Update Manual WordPress dengan filezilla

Menggunakan Platform wordpress sebagai pilihan saya ngBlog, memang memiliki tantangan tersendiri untuk maintenance Blog, awal-awal ngeBlog, sering sekali mengalami Gagal Update, error jika update Plugin, terutama jetpack, sebelumnya saya pernah tulis disini dan disini juga. Ya maklum mengelola Selfhosted Blog pertama, saya masih harus banyak belajar mengelola Blog ini sendiri tanpa harus merepotkan keponakan di İstanbul.

Update WordPress terbaru melalui Filezilla

Setiap update WordPress versi terbaru saya biasa melakukannya lewat Filezilla, Salah satu Software FTP Gratis-open sources- untuk mengupload file ke webhosting. Cukup unduh di İnternet Software ini atau langsung unduh ke laman resmi Filezilla. Lalu isi nama FTP dari Blog, user name dan password (sesuai dengan username dan Password dan alamat İP dari layanan Hosting yang kita pakai, datanya biasa ada di Control Panel)

Kelebihan menggunakan Filezilla :

  • Transfer Data lebih cepat, dibanding Update langsung dari Blog
  • Jika mengalami kesulitan Login ke Blog karena ada masalah dengan Plugins, jalur Filezilla bisa dipakai untuk Login (kalau menurut saya, Filezilla ini ibarat pintu cadangan untuk akses tercepat masuk Blog, jika pintu utamanya bermasalah)

Cara Update wordpress Manual via Filezilla:

(sebelumnya Backup data Blog dulu ya: Saya biasa Backup Manual via Cpanel, Data yang biasa saya Backup : Public-Html dan htaccess)

  1. Download terlebih dahulu WordPress terbaru dalam bentuk Zip lalu di ekstrak.
  2. Matikan semua Plugins di Blog
  3. Aktifkan Filezilla, İsi FTP, username dan Password
  4. Masuk ke FTP server Hosting
  5. Buka Public-Html
contog tampilan filezilla

sisi kiri adalah file yang kita simpan sebelumnya di komputer, saya biasa membuat folder khusus untuk Backup Blog, sisi kanan bawah adalah tampilan dari Webhosting Blog.

Untuk update WordPress, di sisi kanan, Buka Public-html, Delete Wp-admint dan Wp-İncludes ,kemudian Upload Wp-admint dan Wp includes terbaru dari WordPress, sebelumnya buka Folder WordPress terbaru yang kita simpan di Komputer, akan terlihat di sisi kiri, cukup dengan klik kanan mouse lalu tekan upload, kemudian sistem Filezilla akan bekerja, nanti biasa ada garis warna hijau menyala selama proses upload berlangsung.

Setelah Proses selesai, buka kembali halaman dasboard Blog, kemudian jika terjadi Error bagaimana?

Jika terjadi Fatal error setelah update WordPress manual?

“PHP Fatal error: Call to undefined function get_header()” error in WordPress”…..Biasanya halaman dasboard langsung ada tulisan seperti ini. Dan halaman Blog juga tidak bisa dibuka ! Lalu ada tulisan, untuk melakukan Debug? Tenang tidak usah panik, Baca baik-baik dimana letak errornya, Jika Theme atau Plugin atau Wp-setting nya error, Balik lagi menggunakan si ‘pintu darurat’ untuk akses Blog, karena Dasboard Blog error. Masuk lagi ke Filezilla, Cari file error nya: Saya sempat mengalami WP-setting error: Kemudian di tampilan filezilla sebelah kanan, saya hapus WP setting, kemudian Upload WP setting yang terbaru bawaan WordPress versi terbaru, dari sebelah kiri. Kemudian Buka kembali Dasboard Blog, jika berhasil biasanya akan muncul notifikasi Kalau update wordpress terbaru berhasil dan notifkasi update Database. Tampilan Dasboard Blog akan kembali seperti semula, kemudian aktifkan kembali semua Plugins. Selesai!

Semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat, bahasanya bukan ala Programer gitu ya, maklum emak-emak otodidak:D hasil mampir sana-sini ditulisan orang, kemudian coba-coba sendiri, puyeng saya kalau pakai bahasa level dewa pemrograman.

2 replies on “Cara Update Manual WordPress dengan filezilla”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *