Semalam, kepala saya berat, suntuk ga jelas! , maunya apa. Kadang tiba-tiba suka kepikiran, apalagi pas ngeliat diri sendiri. Dalam hati. ” kok hidup gue gini-gini aja”. Rasanya lempeng amat hidup, kurang menggairahkan, Mau nulis di Blog juga ga bersemangat, kurang tidur, emosi ga stabil. Buka-buka Blog orang, atau channel youtube orang-sampe ga jelasnya saya malah nonton konten youtuber: Korea reomit, Yang edisi dia mudik ke Malang- Dİa ini youtuber korea yang besar dan sekolah di Malang, Jawa Timur, jadi jawanya medok banget, kehibur aja sih. Mungkin saya emang lagi kangen daerah Jawa. Eh ditambah nonton dokumenter series di Netflix: Street food, dan ada episode İndonesianya meliput jajanan pasar di yogyakarta. Huahhh kangennya makin membuncah….,

Saya jenuh, Kadang mikir juga tentang ‘the real’ kehidupan berumah tangga, Pikiran jelek datang mulai membanding-bandingin Hidup sendiri sama orang lain. ”kok dia enak ya!”. ‘Hidupnya sukses” . Disini Matigaya banget tinggal di komplek jauh dari peradaban..husss…huss mulai deh mak kunti berbisik bisik..dasar syaithooon.

Daripada bengong pikiran kosong, kemudian saya buka lagi youtube, nyari video tentang psikologi,Chanel Kuliah psikologi yang di asuh Dr dedy Susanto Pj. Kalau di İnstagram sering disebut Paduka bekicot sama follower nya, lucu julukannya kenapa harus bekicot dibawa bawa. Penyampaiannya terkesan serius tapi santai dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang awam kayak saya. Motivator dengan background Psikolog terapis.
Beliau memakai metode pemulihan jiwa . Nah beberapa Videonya ini lumayan membantu saya untuk memulihkan jiwa yang sedang lelah. İya lelah…,

Pengalaman mendapat momshaming

Saya Minder

Pernah pada satu posisi, saya minder, iya saya minderan. Saya minder sama diri sendiri, ngerasa: Gak ada sesuatu yang bisa dibanggain, Gak ada yang membuat saya ngerasa berharga, karena ga bisa bantu suami. iya pikiran seperti itu juga nongol, Ada apa ini! Perasaan Minder itu muncul katanya karena merasa ada orang lain yang lebih hebat dari kita. Rasa Minder juga terbentuk dari luka batin di masa lalu, semisal pernah jadi korban Bully, kurang kasih sayang atau kedekatan dengan Orangtua. Lalu Apa penyebab rasa minder saya? Kadang juga sulit dijelasin hahaha.

Every scars has its own destiny

Malam-malam dengerin suara dari channel tersebut tentang Bagaimana menyembuhkan rasa minder, atau minimal menguranginya. Beliau mengingatkan tentang 1: Bahwa setiap orang memiliki ketidakbahagiaannya sendiri, Semua orang memiliki kekuranganya masing-masing, jangan menilai kekurangan kita sebagai kelemahan. Terkadang kita lupa bersyukur dengan apa yang sudah kita punya. Ada yang hal yang dia punya tapi saya gak punya, Ada yang saya punya tapi dia gak punya, Di dunia ini ga ada orang yang punya semua hal. Jleb!! Bahkan sekelas kate midleton aja kayaknya punya ketidak bahagiannnya..wah jauh mbaknya nyampe ke UK (efek baca berita gossip affair suaminya) Jadi kenapa terus menerus menenggelamkan diri dalam keminderan.

Bagaimana Menyembuhkan Minder?

  • Tanamkan dalam pikiran: orang yang kamu hadapi juga ‘hanya ‘ orang Biasa, yang memiliki ketidakbahagiaannya masing-masing, di Dunia ini tidak ada orang yang benar-benar bahagia 100 persen, ingat: Setiap orang ada ujian hidupnya, saya, dia, kamu sama aja.
  • Setiap orang yang lahir ke dunia diberi kelebihan masing-masing oleh Allah SWT, Temukan. Kamu bertanggung jawab Betapa Allah telah hebatnya menciptakan Kamu, jangan sampai persepsi orang yang membentuk dirimu.
  • Orang yang saya hadapi juga orang Biasa, Mindernya saya sama dia adalah keliru, Bisa jadi apa yang saya punyai dia tidak, dan adanya kekurangan dalam diri harus saya jadikan inspirasi bagi orang lain.

Lalu saya mulai berpikir. İya juga ya…, saya bisa nulis blog seperti ini juga belajar, belajar dari pengalaman hidup sendiri, bahwa setiap goresan dalam hati yang pernah saya alami memiliki takdirnya sendiri, Allah meminjamkan rasa ‘sakit’ saya di masa lalu, untuk menjadi saya yang sekarang ini. Supaya saya kuat. Supaya saya bisa membantu orang lain.

Punya nama Pasaran

Cintai diri sendiri

Pernah ga, nyoba affirmasi positif sama diri sendiri? Meletakkan tangan di dada, kemudian tarik nafas dalam, keluarkan pelan-pelan, sambil ngomong hal yang positif. Tentang kamu, iya diri kamu sendiri. Puji diri kamu, semangati diri kamu sendiri, Berterimakasih sama diri kamu sendiri, Ketika bisa melewati tahun tahun tersulit, ketika bisa kuat bertahan menjalani ujian kehidupan. Katakan sama diri: Bahwa kamu baik-baik aja. kamu berharga, kamu kuat, kamu hebat.

Hal yang saya lakukan ketika merasa ‘Down’

Sumber ketidakbahagiaan hidup karena kita terobsesi untuk Selalu bahagia sepenuhnya. Ga apa-apa kok ketika merasakan tidak bahagia. Baik-baik aja, masih bisa Hidup, bernafas. Alhamdulilah. Kemudian biasanya saya lebih pilih untuk menyendiri dulu, selain lari ke Buku, biasanya saya cari konten video motivasi, entah itu ceramah Ustaz, atau kayak diatas channel tentang Psikologi yang sering sekali saya putar. Lalu surah-surah Alquran seperti qori Favorit saya: syeih Mishary al afasy. Jiwa saya yang lelah butuh multivitamin, multivitamin siraman rohani. Stress atau apapun kondisi kejiwaan saya, selain mencari sistem support terbaik, dalam hal ini adalah suami sebagai teman hidup, Kemudian cara-cara affirmasi ke diri sendiri setelah mendengar dan meresapi ‘multivitamin’ untuk jiwa, Hal paling terakhir saya baru curhat ke teman yang saya percayai.

Hidup yang tak sesuai rencana

Suport system terbaik

Biasanya kalau lagi Capek, sedikit ngerasa stress ngadepin banyak hal, ya urusan rumah, anak. Saya suka ngoceh-ngoceh gak jelas ke suami, dia sampai hafal banget , Sempet juga gitu tiba-tiba saya sodorin video lucinta luna hahah, saya bilang Bulent ersoy nya indonesia, tau ga ini tanda kiamat sudah dekat! Suami: ‘hadeuhh ni orang..kumat’ hahaha. Dia tanggepin aja ocehan saya. Kemudian nyerocos cerita, ga minta solusi sih cuma pengen didengerin.

Phiıuhhh Kalau lagi ngerasa ‘sedang tidak baik-baik aja’ kepala saya suka merasa berat, Tidur juga kadang bukan solusi. Memotivasi diri sendiri, pencarian untuk ‘multivitamin’ jiwa, agar perasaan minderan bisa enyah. Ya seperti halnya saya menulis ini, Berdasar apa yang saya alami dan saya lalui kemarin, ketika sedang merasa di titik terendah. Teman-teman punya pengalaman lain kah ketika sedang ngerasa ‘down’ krisis percaya diri, apa yang dilakuin? Yuk berbagi cerita:)