Cara membuat yaprak sarmasi, Masakan Turki rumahan

Kalau ditanya ini masakan khas Turki? sayangnya bukan otentik Turki, dibeberapa negara Timur tengah mengenal jenis masakan ini, dengan nama yang berbeda dengan bahan dasar sama : daun anggur. Memanfaatkan daun anggur sebagai masakan, Banyak yang bertanya, susah kah membuatnya? rasanya bagaimana? Ehm kalau penasaran, sebenarnya masakan ini bisa kok di buat di İndonesia, asal ada daun anggur, kalau diganti daun pisang jadinya lontong hehe.

Resep Uzum yaprak sarması:

Daun anggur

(jenisnya bebas) tidak terlalu tua atau daun muda, biasanya jika terlalu tua, tekstur daun lebih kasar, dan jika terlalu muda, ketika menggulungnya akan mudah pecah.

Cara menyiapkan daun anggur untuk bahan sarma:

Daun anggur yang sudah dipetik dibersihkan, dicuci bersih, kemudian rebus air sampah mendidih, masukan daun, rebus sebentar, hanya sampai berubah warna saja, kemudian tiriskan lalu bilas lagi dengan air bersih.

daun anggur untuk membuat yaprak sarma, kn: daun anggur dimasukan toples diawetkan dengan air garam, bisa dipakai kapan saja.

Bahan İsian sarma:

Beras, 2 gelas atau sesuai selera.

1 siung bawang bombay ukuran besar

secukupnya daun parsley (bisa di skip )

salca atau pasta tomat

garam

merica hitam

Penyedap rasa (bulyon) jika suka.

3 sdm minyak sayur untuk menumis

memasukan nasi isian lalu digulung kecil2 seukuran jari tengah

Cara membuat nasi untuk isi Sarma:

Beras cuci bersih, di Turki biasanya beras direndam dulu dengan air garam 30 menitan, lalu bilas kembali sampai bersih. Panaskan minyak, tumis bawang bombay yang dicacah halus, kemudian masukan merica, bubuk cabe jika suka rasa pedas, lalu masukan salca 2sdm, kemudian beras, beri air sedikit saja , terakhir masukan garam dan daun parsley yang sudah dicincang halus, Cukup setengah matang. Kemudian angkat sambil tunggu dingin. İsian sarma siap dipakai. Alternatif lainnya jika suka bisa ditambah daging giling, berhubung saya tidak terlalu suka isian daging dan nasi, biasa saya skip tambahan daging gilingnya.

https://www.tokopedia.com/steampow/del-monte-tomato-paste-can-bumbu-masak-saus-pasta-tomat-kaleng-import

**Untuk pengganti Salca* Bisa beli jenis Tomato Paste merk diatas, rasanya sama saja dengan Pasta Tomat Turki. Karena hampir semua masakan Turki menggunakan Pasta Tomat.

Membuat Yaprak sarma ini dibutuhkan kesabaran, gulung nasi di daun anggur dengan ukuran kecil, lumayan membuat pegal tangan dan pinggang, biasanya saya sambi dengan nonton film atau drama di depan PC, soal melipat, udah ibarat ketik 10 jari, karena jadi terbiasa lama-lama. Taruh isian di daun bagian dalam, supaya daun lipatan bagian luar lebih mulus.

Baca ya info kulineran:

kenalan dengan lahmacun si pizza Turki

Menikmati kofte enak di restoran kofteci yusuf

jajanan khas Turki

iskilip dolmasi, kulineran khas İskilip

Membuat Yaprak sarma ini biasa dilakukan setelah musim panas, karena Buah anggur termasuk buah yang tumbuh di musim panas, biasanya di pasar sayur, banyak pedagang yang menjual daun anggur siap pakai maupun daun anggur segar. Karena kebetulan ibu mertua memiliki pohon anggur di pekarangannya, beliau petik dan kirim ke rumah.

Rasanya Bagaimana? enak, dengan tekstur daun yang kesat asam, isian nasi gurih, meski dengan bumbu sederhana. Biasanya dimakan dengan cocolan yoghurt, tanpa cocolan juga tetap enak.

Cara memasak Yaprak sarmasi:

air, irisan lemon dan minyak zaitun

Ada dua cara memasak Yaprak sarmasi:

  1. Dengan tambahan salca, Yaprak sarma ditata di panci, kemudian diwadah terpisah siapkan air dalam mangkok, beri 2 sendok salca, sedikit garam, minyak..aduk rata kemudian masukan ke panci yang sudah di isi yaprak sarma, jangan sampai penuh.
  2. Tata Yaprak sarma di panci, kemudian beri air, taburi minyak zaitun secukupnya, beri irisan lemon, siap direbus dengan api sedang cenderung kecil. sampai mendidih dan air surut, hati-hati jangan sampai gosong.

Saya lebih suka memasak sarma dengan cara kedua, tanpa tambahan salca lagi. Nah mudah bukan, bisa loh ini dibuat di İndonesia, asal ada daun anggur, penggantinya bisa pakai daun kale, kalau daun singkong nanti jadinya menu masakan padang:)

Masakan Turki rumahan sebenarnya mudah sekali, bahan dasarnya hanya pasta Tomat, pendampingnya: bawang bombay, blackpepper, cabe bubuk, garam, kadang pakai tambahan daun mint kering,jintan, kari, tapi itu termasuk jarang dipakai untuk menu masakan sehari-hari, umumnya hanya mengandalkan: pasta tomat, bawang bombay, daging giling, garam, cabe bubuk, blackpepper. Resep diatas Yaprak sarma termudah, tidak ribet bumbu, Selamat mencoba:)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *