Setiap orang selalu berharap kehidupannya selalu diliputi bahagia, Selalu ada pelangi setelah hujan reda, tapi ingat pelangi juga cepat berlalu dan tidak bertahan lama, Roda kehidupan selalu berputar, Bahagia datangnya dari mana? Bahagia kita ciptakan sendiri, setelah membaca sebuah kalimat bijak yang ternyata bisa saya terapkan.

Bagaimana cara Keluargapanda jalani hidup biar tetap bahagia tanpa pencitraan sosial media, Saya tulis tipsnya, syukur kalau bisa menular bahagia.

Me-Time untuk seluruh anggota Keluarga.

Buat saya, seperti pernah ditulis sebelumnya, https://keluargapanda.com/me-time-seorang-blogger-ngapain-aja/ , Buat suami, biasanya dia tidur dan minta jangan diganggu, sesederhana itu heheh, Buat Alya, biarkan dia mengekplorasi rumah, menyebar ‘ranjau mainan di setiap sudut ruangan, main air, Buat Fatih, Bisa luang main gadget. Kadang sesekali kami membebaskan diri dari peran masing-masing. Saya mau nonton drama tapi setrikaan numpuk. Terserah. Anak-anak bisa makan fast food, cips, sosis, selai coklat, semua makanan ‘terlarang’ di rumah, sesekali.

Menahan diri untuk ngetik komen

Karena sering berinteraksi di dunia maya, latihan untuk menahan diri agar tidak terpancing berita ‘Hoax’ tekan tombol share, Belajar untuk mengacuhkan isi beranda sosial media, jika masih ada sudut keraguan dengan kebenaran isi berita. Tahan. Coba alihkan seperti melihat video lucu atau Video Masak, ini juga jadi cara saya untuk ‘Menjaga Mood’ tetap stabil dan menciptakan rasa aman dan bahagia

Kurang-kurangi Nyinyir dan julid

Wah bahasa apa pula ini? Bahasa populer Netijen İndonesia, Masih kaitan Nahan diri untuk komen, Kepo-kehidupan İdolanya jangan sampai berlebihan, İdolanya Pacaran, segala nulis status Berduka cita, idolanya cerai, sibuk meng-analisa, Berlanjut bergosip ria. Tidak suka sama Ustaz A, Pemimpin B, tidak bisa menahan untuk menulis kalimat kasar, Tulisan buruk bisa menjadi cerminan dirinya, Nah aura negatif nih. Versi saya: Cukup baca, sekadar tahu aja, terus pindah cari bacaan yang menarik, misal seperti waktu Panas-nya Pilpress, daripada ikutan share Berita yang simpang siur dan tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenerannya, saya lebih suka berbagi Meme lucu, atau bersama teman-teman, sibuk membahas berita unfaedah seperti: Kenapa Keanu Reeves tetap ganteng, kenapa dia brewokan. Mencari hiburan dengan balasan komen yang mengundang tawa.

Membandingkan diri tidak akan pernah bahagia

Setiap orang pasti pernah berada dititik ini, Manusiawi sekali ketika merasa sudah berjuang setengah mati, namun keberhasilan tidak kunjung datang, kebahagian sulit diraih, kenapa si A hidupnya senang terus, kecukupan terus, anaknya sehat, anaknya pintar, bisa liburan terus, makan enak mulu dan selalu mengukur diri dengan standar ‘Kebahagiaan’ orang lain yang hanya kita nilai dari pandangan saja.

Saya, ketika diposisi ini, tahan nafas, putar lagu yang menenangkan atau penuh semangat, melihat foto anak-anak ketika bayi, atau foto-foto awal pernikahan, Perasaan hangat tentang Kebahagiaan ada di wajah wajah mereka, orang -orang terdekat saya saat ini.

Perbanyak Pelukan

Kapan terakhir memeluk orang terdekat, Anak, Suami, Kakak, adik, Orangtua? Pelukan sangat bermanfaat, Ada Hormon tertentu yang berkaitan dengan rasa Bahagia, Bisa melepas Stress, menguatkan kepercayaan diri. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science juga mengungkapkan bahwa pelukan dan sentuhan badan mampu mengurangi ketakutan akan kematian, meningkatkan kepercayaan diri dan menguatkan keberanian secara signifikan. (sumber fimela.com)

Rutinitas memeluk dan memberi pelukan sering kami lakukan dirumah, ketika suami sedang lelah sepulang kerja, dia sedang santai, saya tawarkan pelukan, begitupun ketika dia melihat İstri atau anak-anaknya sedang ‘bad mood’ pelukan Babapanda memberi rasa aman untuk kami. Hal yang dulu tidak pernah kami rasakan di masa kecil karena pola asuh yang berbeda, kami terapkan bagaimana memberikan rasa nyaman ke anak-anak. Memeluk mereka, dan tidak segan menunjukan pelukan di depan anak-anak, sebatas menunjukan kasih sayang–kalau lebih intim ya di kamar ya, masa harus dijelasin heheh.

Habluminallah dan Habluminannas itu harus seİmbang

İni kunci utama. Habluminallah: hubungan Vertikal kita terhadap Allah, Hablumminanas : Hubungan Horizontal, Muamalah kita terhadap sesama Manusia. Seimbang dunia akhirat, salah satu timpang seringnya sulit menggapai kata Bahagia.

Hubungan dengan Sang pencipta, Banyak yang mengatakan kita sulit bahagia karena kurang bersyukur, ungkapan rasa syukur berkaitan dengan sisi spiritual, sebagai manusia yang memeluk agama, saya percaya sekali Sisi ini menyumbang rasa bahagia yang kita ciptakan didiri sendiri. Sebuah ‘kekuatan’ menenangkan emosi, Dalam ajaran İslam, untuk setiap keputusan penting dalam hidup, ada jalan spiritual yang bisa kita tempuh untuk memantapkan hati, seperti Salat Hajat, İstikaharah , Tahajud. Apapun keputusan Akhir, setelah melibatkan yang Maha Pencipta, kita yakini itu adalah yang terbaik, sebuah kepasrahan berikhtiar melibatkan Dia.

Perkaya diri dengan Bacaan yang bermanfaat

Buku adalah jendela dunia, pernah baca ungkapan ini, saya percaya sekali,wawasan kita akan suatu hal akan menjadi lebih luas, Karena menjadikan kebiasaan Membaca menjadi rutinitas yang menyenangkan, bisa membentuk kita jadi pribadi yang hati-hati dalam mengambil keputusan.

Bacaan yang paling menarik yang paling membuat bahagia? kalau baca Buku Rekening Bank, cek saldo tabungan ya, terus pas di buka saldonya nambah banyak. Hayo siapa yang tidak bahagia?

Liburan

İni list terakhir, karena belum tentu full bahagia selama Liburan, apalagi kalau budget liburannya membengkak , niat cuma cuci mata lalu malah numpuk tas belanjaan, saya sih jarang, lebih suka ambil gambar hehehe, Tapi memasukan List liburan tetap menjadi cara untuk ‘merefresh’ Otak, Biar segar kembali, siap beraktifitas dengan penuh semangat. Oh ya liburan ga mesti mahal kan ya, diajak piknik ke Hutan saja, sambil menghirup udara segar, bersantai dipinggir pantai menikmati deburan ombak, rasanya cukup membuat stress dan rasa lelah menghilang, Kemudian rasa Bahagia akan datang.

Nah Beberapa Tips di atas, sudah saya praktekkan, ada yang punya tips anti mainstream lainnya tentang menjalani hidup bahagia versi sendiri? yuk berbagi cerita:)