Jika ada pertanyaan: berapa kilo buah-buahan untuk stok belanja mingguan keluargapanda?minimal 10 kg, kalau ditambah beli semangka di musim panas seperti saat ini, katakanlah 1 buah semangka berat 5 kg, lalu 3 melon masing-masing 2 kg ukuran sedang. Jadi total saja. Wah berasa seperti untuk acara hajatan saja. Memang seperti itu gambarannya.

Pasar di hari Rabu

Di tempat kami tinggal sekarang, ada pasar yang dibuka seminggu 2 kali: hari rabu jadi pasar terbesar untuk sayur dan buah kemudian hari ahad, saya sempat mendokumentasikan di Vlog:

Tapi sekarang jarang ke pasar hari ahad, karena Turki menerapkan curfew setiap weekend, Beredar kabar, mulai juli nanti kondisi berangsur normal kembali, saat ini sedang gencar vaksin, Semoga situasi semakin membaik kedepan. Jadi jika kami tidak sempat pergi ke pasar di hari rabu bisa diganti hari ahad.

Konsumsi buah cukup besar di rumah.

Kami ber empat penyuka buah-buahan segar, Syukurnya di Turki, buah-buahan segar ini masih tergolong terjangkau, jangan lupa, Turki juga membuka pasar ekspor untuk produk buah-buahan segarnya, total ekspor buah dan sayur Turki mencapai angka 2. 2 milyar USD di tahun 2017, dan Negara Rusia adalah pasar terbesarnya, selain daerah timur tengah, dan sampai juga di İndonesia, eksport terbesar adalah buah ceri, tahun 2018 saja total ekspornya mencapai 1. 2 milyar USD.

Tahun 2014 ketika saya mudik kemudian jalan ke mall, di area BSD, mampir salah satu supermarket, menemukan produk buah ceri premium, aprikot juga kurang lebih sama harganya menyentuh 200 ribuan lebih dan semua produk import Turki, mungkin sekarang lebih murah ya? cek di marketplace indonesia:160 ribu sekotak. Kalau bisa ekspor ke luar negeri, tentunya didalam negeri juga bisa menikmati.

isi kulkas kami:P pamer ah

Jadi kira-kira gambaran isi kulkas setelah belanja buah dan sayur, ini belum semua dimasukkan karena kepenuhan, 5 kg apel di taruh di balkon dengan 3 buah melon waktu itu, sebaskom ceri, dibawahnya tercampur plum hijau 1 kg, stroberi, aprikot, pisang setandan tidak masuk, nanas..hahah, dan kami beli juga 2 buah semangka, yang sudah dikupas saya taruh kulkas, satunya masih di balkon, sekitar 5-7 kg beratnya. Kenapa ga pakai wadah kotak kotak kecil, karena ga muat, langsung baskom saja.

Memang kami sekeluarga penikmat buah-buahan segar, budget untuk buah segar harus lebih besar dari makanan olahan, dairy product hanya nyempil susu segar biasanya untuk campuran sarapan oats, atau jenis sereal lainnya, plain yoghurt, karena wajib banget sih buat keluarga Turki, kemudian keju favorit suami sejenis feta cheese ada juga di freezer bawah, karena posisi freezer kulkas kami dibawah: stok keju homemade buatan mertua, sengaja dibekukan. sekotak olive buat sarapan, kalau mencari sejenis sosis, adalah bahan langka, saya belinya harus adu mulut dulu sama suami hahah, dia bakal mrepet..kalau saya beli makanan ‘sampah’ (menurutnya) tapi anak anak suka kadang, gimana dong, suçuk-jenis sosis berbumbu-khas turki saja kami jarang beli, karena selalu dapat tausiyah dari suami, sesekali kalau khilaf saja, atau sengaja saya umpetin dulu kemudian ketika didepan kasir pas bayar, saya taruh di depan kasirnya biar dihitung terus aman masuk keranjang, ya palingan si bapack emus mendelik.

Alya si ‘anak buah’

Dokumentasi Alya makan buah sering saya share, Saya sebenarnya ketika hamil dia, ngidamnya mie samyang, indomie, mie ayam, noodles..noodles everyday..kalau saja ga dibatasi. Tapi bentukannya Alya ketika mulai Mpasi, saya menggunakan metode Foodcombining waktu itu, memperkenalkan buah dan sayur dulu, dan ujungnya keterusan, ketika masa menyapih tiba, pengalihnya bukan susu kemasan, saya tawarkan buah, dan menjadi kebiasaan dia sebelum tidur adalah makan buah, minimal 3, kadang sepiring, baru nyenyak tidurnya, dan Alya lah alasan terbesar kami belanja buah berkilo-kilo, kadang sambil bermain atau nonton kartun, dia makan sepiring buah, setiap bangun tidur langsung menuju kulkas minta disediakan buah, sebelum sarapan, sementara saya masak untuk sarapan dia makan buah dulu.

Babanya juga demikian, sambil nge-Netflix, kalau ga makan kuaci dia akan ngemil buah sewadah besar, ya mending lah daripada makan cips, kadang stok buah bisa untuk 2 minggu, terkadang ga sampai 2 minggu, seperti saat ini, stok sudah habis, Alya galau, sedang baba dinas baru pulang 2 hari lagi, kami belum belanja buah dan sayur, kemarin udah protes: Anne, elma bittii!!!!

Ya saya bersyukur ketika harga buah buahan terjangkau di Turki, meski mengalami İnflasi, masih tahap bisa kebeli, hanya dikurangi saja kilo-nya, oh ya tidak akan menemukan di supermarket Turki, beli buah melon, semangka hanya sepotong, beli melon hanya sebelah, atau sudah terkupas, semua akan berbentuk utuh dan segar. Seperti di tempat kami tinggal sekarang, bisa ditonton di kanal youtube diatas, petaninya sendiri yang turun ke pasar, membawa traktor atau mobil dan menjual hasil kebun buahnya langsung. Kita bisa mendapatkan harga terjangkau karena langsung membeli ke petaninya.

Begitulah, jadi show off isi kulkas gini, kalau nagita slavina pamer isi lemari berjejer tas mahal, saya baru sebatas pamer isi kulkas hahahah. Beda kasta:D