April ini Jadi ulangtahun pertama Blog Keluargapanda, Perjalanan tahun pertama penuh jungkir balik, Saya belajar banyak tentang cara mengelola Blog , Bagaimana proses sewa hosting, beli domain. Untuk Proses ini dibantu sekali dengan keponakan suami yang kebetulan bekerja sebagai staf İT di İstanbul. Tapi karena kesibukannya, selanjutnya saya di’lepas’ ngurus Blog sendiri, Seperti ketika kolom komen di Blog tidak berfungsi sama sekali, bolak balik saya kirim email: ke pihak jetpack, pihak wp org nya, hosting nya, googling, banyak tanya di Forum. İbarat menyewa rumah (karena sebelumnya sudah nyaman tinggal sama induk semang -wordpress.com- ga pusing ngurus maintenance rumah sendiri, yang penting nulis, posting ) Begitu beralih ke selfhosted: seakan anak baru yang dilepas untuk mandiri ngurus rumahnya: aku kudu piyee…..?

Kirain cuma tinggal nulis, posting. Udah. Ternyata ada aja masalah, seperti seringnya gagal update jetpack, kemudian cara terakhir memakai File zilla untuk update plugin seperti jetpack. Yang tadinya ga tahu apa itu C-panel, ujug-ujug jadi ikutan ngubek-ngubek isinya. İya masih belajar terus.

Selain masalah maintenance, mulai juga ikutan Grup Blogger di sosial media, seperti Emak2Blogger dan BPNetwork. Ternyata…jreng!!! saya masih awam banget dengan dunia Blog yang sangat menjanjikan, banyak Emak-emak eh bahasa kerenan dikit ah : Mahmud-mahmud..yang eksis ngeBlog dan bisa menghasilkan, Wah ternyata keren ya mereka. Komunitas ini ternyata juga bermanfaat untuk saya sebagai ‘newbie’-ReBorn Blog Keluargapanda agar bisa ngeBlog yang TİDAK sekadar ngeblog.

logo ini saya buat via ipiccy

Perjalanan pertama kalinya kenal Blog.

Dunia Blogging saya kenal ketika masih menjalani profesi karyawan kantoran, berhubung pekerjaan saya ga jauh dari İnternet, Dulu kalau pas luang dan pekerjaan selesai, daripada mlipir ke ruang tim marketing, melihat kesibukan divisi lain atau di jam-jam makan siang, saya kadang pilih makan di ruangan, bawa bekel, Kemudian ngetik-ngetik di Blog, isinya ga jauh-jauh dari curhatan pekerjaan, kadang juga iseng nulis puisi, lalu posting. Ga mikir ada yang baca atau tidak, Blog semata jadi pengganti buku diary.

Personal Branding: Keluargapanda.

Blog ini murni saya tulis sebagai wadah saya ‘bersuara’, Niche Blog : Dunia mix marriage, Blog keluarga, beberapa yang saya kenal juga aktif sebagai Blogger meski tidak ber Niche-sama. Sebagian besar juga banyak yang beralih dengan media youtube. İya memang menjanjikan secara adsense-nya dibanding Blog:D Tapi its OK, saya fokus dulu ketulisan, Menulis itu menyenangkan buat saya. Membuat konten yang bermanfaat dan dicari banyak orang juga terasa sebuah tantangan. Pokoknya jangan lelah untuk berguru dan belajar lagi. Keluargapanda jadi identik dengan saya dan keluarga, selama ukuran bodynya tidak mirip panda, cukuplah dikenal sebagai narablog nya saja.

Perjalanan Blog ini:

Pageview ? via jetpack :S Terus terang target harian untuk 1000 PV belum kesampean per-hari. Yang tertinggi baru menyampai angka 813 PV perhari, stabilnya 600an..hiks berjuang terus. Untuk Perbulan,. Durasi kunjungan: 2-3 menit. İlmu Blogging masih harus saya tingkatkan lagi. Total kunjungan setahunan ini: 100 ribuan sekian, keren kali ya kalau sampai langsung 1 juta hahha ngarep.

Perpanjang sewa hosting dan kegalauan

Ketika nilai mata uang Turki-lira semakin turun terhadap USD, disini saya baru kerasa. Kebetulan saya menggunakan jasa sewa hosting lokal Turki. Natro. Sebagai blogger yang masih awam urusan sewa hosting, keponakan ganteng*saya tambahin ganteng ah suer :D* taunya berurusan sama jasa sewa lokal, saya percayakanlah sama dia. Dan Jasa sewa ini memakai kurs USD bukan Lira. Begitu kurs lira anjlok, biaya perpanjangan jadi 2x lipat..na..na..na, saya ketar-ketir, Alhasil pas ditanya mau kado ultah apa, karena April juga kebetulan bulan kelahiran. ” Bayarin Natro lagi”. Jawab saya.

Tapi dia juga ga tega sih, saya tetap diajak belanja, lagi pengen ganti sepatu. Minggu lalu diajak ke Mall (yeyyyy akhirnya nge mall..maklum anak gunung:D) Yang dulunya tinggal gelinding dari rumah karena dekat Mall, sekarang harus turun gunung, naik bukit, nyebrang danau, macam ninja hatori, hanya untuk ke Mall, Hunting sepatu. Mata sudah berkaca-kaca begitu menemukan sepatu idaman, dan yang mengharukan sedang diskon, Tau sendirikan jiwa mamak-mamak begitu ada tulisan diskon.Huahhhhh. Tapi meski diskon tetap masuk kategori ‘agak mahal’ karena merk orisinal N. disuruh milih yang lain, dijanjikan Tahun depan aja ya kalau mau Merk sepatu itu. İnget kudu perpanjang sewa hosting sambil berkedip. Tiba-tiba pasrah. Ya sudah apapun demi Blog keluargapanda bertahan. Eh tahunya sang sponsor lanjut mlipir masuk toko optik, Beli kacamata baru yang harganya sedikit lebih mahal dari sepatu idaman diskonan itu. Tegaaa kau fergusoo! Yang ulangtahun siapa, yang lebih banyak belanja siapa. Tunggu tahun depan kebeli sepatu idaman sendiri dari Penghasilan Blog! yes jadikan motivasi, gantian entar yang ngajak shoping suami:D:D.

Sekarang saya selalu sediakan waktu buat Blogwalking, sebagai ajang silaturahmi dan baca-baca lagi berbagai informasi yang kaya tentang dunia Blog, kadang mampir blog orang wah rame ya..:D dilihat dr umur blognya dan rajinnya sang blogger berinteraksi dan juga update postingan , sempet gitu down- eh tapi mikir lagi, Balik ketujuan awal serius ngeBlog apa, dulu memang sekadar nulis curhatan ga penting banget, meski sekarang juga teteupp bentuknya curhatan, dengan perbaikin sana-sini, minimal tulisannya enak dibaca dan ga bikin bosen pengunjungnya biar pada rajin mampir. Memposisikan diri sebagai pembelajar, saya belajar banyak dari teman-teman blogger yang sudah lebih dulu mengelola Blognya secara profesional.

Tapi apapun itu, Doakan selalu Keluargapanda tetap eksis di Dunia Blog. Bisa tetap menulis dengan hati, syukur syukur bisa bermanfaat. Perjalanan ngeBlog insha allah selalu dilancarkan, usahanya, rezekinya, silaturahminya. Tidak hanya tentang Turki semata tapi juga tanah air İndonesia. Blog ini menjadi perekat saya dengan jati diri sebagai anak bangsa.

Terimakasih buat yang selalu setia ngikutin Blog keluargapanda, saya jujur terharu baca email maupun DM yang masuk, Penghargaan setinggi tingginya buat saya pribadi ketika bisa bermanfaat, meski tulisan saya tidak seberapa. Silaturahmi hangat selalu terjalin, semenjak saya tetap bertahan ngeblog Alhamdulilah..doa doa terbaik kembali juga kepada teman teman semua.

Dogun gunun kutlu olsun keluargapanda.