Tadinya mau ikutan
#BPN30Daychallange# tapi karena akhir tahun mendadak harus pindah ke luar kota, bak bik buk, ditambah puasa jaringan internet 2 minggu

Awal tahun lalu saya juga sempat ikutan 30 haribercerita di instagram yang sering diadakan setiap januari, tantangan menulis miniblog di instagram, ngetik caption panjang lewat hp yang kondisinya sudah sekarat, selain layarnya sudah retak, juga sering ga sengaja dibanting anak. Menguji kesabaran luar biasa, sudah capek- capek ngetik tiba-tiba hp hang. Ok kisah gagal ikutan challange BPN, Saya tebus untuk #BPN2018yearinreview#

Blog keluargapanda ini sendiri adalah: Hasil perenungan panjang..ga sampai bertapa sih, untuk memutuskan fokus di Niche : Dunia mix marriage, Jurnal harian, catatan perjalanan, dan kehidupan baru di negara yang saya tinggali sekarang. Fokusnya berbagi cerita tentang kehidupan di Turki kadang curhat colongan. Berbagi pencerahan dan hal-hal yang emang ingin saya bagi, iya karena saya senang bercerita, makanya ngeblog, sesimpel itu ya. Menulis dengan bahagia, syukur-syukur tulisan saya bermanfaat bagi yang membacanya.

Perjalanan blog: self hosted di 2018

Sebelumnya saya ngeblog di hosgoru.wordpress.com, per april 2018, atas izin dan sponsor suami, saya memberanikan diri untuk self hosted blog, dengan platfrom tetap di wordpress. Kenapa milih platfrom ini? alasan sederhananya: ya karena sudah terlalu familiar, masih setengah hati untuk berpindah.

Tapi sedihnya rata-rata blogger perempuan network berplatform blogspot. Seperti ga punya teman? Heheh engga sih, karena beda ‘jamaah’ kadang saya ga bisa dapat pemberitahuan kalau komen di balas, harus cek ke TKP. Meski berbeda jamaah tapi kita bersaudara kan ya, sesama perempuan indonesia yang suka ngeblog:D

Branding nama Blog dan Niche

Keluargapanda? kami bukan sebuah keluarga berbadan se unyu panda, menggemaskan, bukan juga punya hewan piaraan panda (kalau boleh sih mau:D) Pemilihan nama yang spontan dan menjadi branding tersendiri, terutama buat saya dan suami yang dijuluki keluargapanda, iya khususnya dari teman-teman yang mencari informasi seputar pernikahan beda bangsa, Turki. Sampai salah satu pembaca Blog yang akhirnya menjadi teman saya di istanbul, menulis nama saya di kontak hpnya: Rahma panda, kenapa jadi ganti nama belakang, efek dari nama blog.

alasan ngeblog

Prestasi selama jadi Blogger

lomba blog? pernah nyoba, belum pernah menang. Ya penting nyoba dulu kan ya

Sponsored post, review produk, tawarann kerjasama, saya masih harus banyak belajar dari teman-teman yang sudah menguasai bidang ini. Kendala lainnya, saya selalu terbentur untuk nyoba tantangan atau tawaran karena Lokasi tinggal di luar indonesia.OK mungkin belum rezeki, semua butuh proses.

Menjadi Narasumber berita?

Mungkin ini pencapaian yang berkesan selama menekuni dunia blog, salah satunya menjadi narasumber tentang liputan khusus pengungsi suriah di Turki dari Net.TV, wartawannya kirim email, lalu kami syuting di İstanbul, sampai sekarang menjalin silaturahmi yang baik dengan wartawan tersebut.

Review setahunan ini mengelola Blog

Saya belajar dari dasar, apa itu SEO, bagaimana maintenance blog.Sewa hosting dan beli domain, dibantu keponakan suami yang memang bekerja sebagai Staf İT. Awal-awal mulai ngeblog saya disibukkan untuk ‘berkenalan’ dengan hal baru seputar blog, ada saja kendala, seperti tiba-tiba kolom komen tidak berfungsi, loading blog yang bermasalah, page score yang rendah, upgrade plugin terutama jetpack yang tidak bisa otomatis, karena share hosting, solusinya saya memakai Filezilla untuk update plugin, redirect dari http ke https, saya baru beli sertifikat ssl beberapa hari yang lalu itupun karena ada promosi yang ditawarkan jasa hosting yang saya sewa, Natro. Dari semua kesulitan itu mengajarkan saya banyak hal, agar mau terus belajar. Awalnya hampir putus asa, saya ga paham coding, segala tetek bengek maintenance blog, karena dulu memakai platfrom gratisan. Ga mikir susahnya selain ngetik,posting. 2018 menjadi tahun yang luar biasa selama ngeblog, belajar maintenance blog sendiri. Syukurnya banyak blogger baik hati yang sedia dimintai pertolongan dan pencerahan, salah satunya

emaknyabenjamin

Dari ka nella saya belajar banyak tentang maintenance blog self hosted, meski sampe keriting tapi seru aja.

sukaduka ngeblog

Pageview masih rendah, target postingan tercapai?

İni belum menjadi sesuatu yang membanggakan sebenarnya, target postingan, meski umur blog belum setahun, baru menginjak 8 bulan, postingan blog bisa sampai 100 lebih dikit, sebagian kecil postingan lama yang saya ungsikan dari blog sebelumnya, pageview masih rendah banget, baru berkisar 50 ribuan sekian. Masih banyak PR kedepan. Target 1000an view? Bismillah saja semoga tercapai ditahun 2019.

Rencana blog keluargapanda di tahun 2019

Semoga tetap semangat ngeblog, saya ingin fokus ke traveling keluargapanda, meski ga berharap terlalu muluk-muluk, bisa banyak traveling seperti traveller blogger karena adanya keterbatasan, salah satunya izin suami:D harus bareng dia dan itu mesti nunggu libur, Semoga ada terobosan bisa traveling mandiri. Saya ingin menulis tentang sisi lain negara yang saya tinggali, İnfo wisata atau kuliner unik yang luput dari media. Seputar kehidupan pernikahan beda bangsa memang jadi fokus saya di blog keluargapanda, kehidupan bukan tentang cerita rumah tangga semata tapi lingkungan dan tantangan yang harus siap dihadapi.
Meski Blog keluargapanda belum menghasilkan secara materi, secara ukhuwah saya mendapatkan teman-teman baru, Membaca email dari pembaca setia blog saja kadang rasanya terharu, ketika apa yang pernah saya tulis menjadi pencerahan bagi yang bersangkutan. Menolong seseorang dalam kondisi tertentu. Semoga perjalanan Blog keluargapanda terus berlanjut dan berumur panjang, tidak lumutan atau jadi sarang laba-laba.

Salam

Keluargapanda