Categories
jalan jalan Turkey

Bilecik kota kecil dengan sejarah besar

Perjalanan ke kota kecil BİLECIK
Bismillahhirohmanirrohim….
**Saya bukan pencerita yang baik, tapi semoga tulisan ini bisa menjadi manfaat buat yang baca:)**
Jumat tanggal 25 agustus lalu saya berempat pergi ke kota bilecik, sebuah kota kecil yang mungkin luput dari list turistik para wisatawan ke Turki, pagi selepas subuh kami menuju YHT istasyon di pendik merkez, stasiun kereta cepat, dengan hizlı train ini jarak istanbul-bilecik ditempuh 2 jam, jika dengan Bus sekitar 3.5-4 jam perjalanan.
Rencana kami ke Bilecik sebenarnya karena undangan dari Kakak ipar nomer 3 yang datang jauh jauh dari corum city ke bilecik untuk menjenguk anaknya yang sedang menempuh wajib militer di markas tentara jandarma Bilecik (next saya tulis cerita wamil turki:) karena suami juga ingin ketemu keponakannya, akhirnya berangkat bawa anak anak juga menuju bilecik.
Bilecik sebuah kota kecil yang sebenarnya masih satu daerah dengan Eskisehir, Kota ini masih terbilang ‘baru berkembang’ dibanding wilayah perkotaan tetangga nya yang jauh lebih maju seperti Sakarya atau eskisehir, Lokasi Bilecik didaerah perbukitan, kendaraan umum nya pun belum diseragamkan seperti daerah perkotaan tetangganya, ibarat kata mirip sekelas kecamatan saja, dalam segi pembangunan masih dalam tahap membangun terus, untuk tujuan turis belum memadai, salah satunya sulitnya nyari restoran di pusat kota:-.-‘ bisa dihitung pakai jari. Lalu apa istimewanya sebenarnya BİLECİK???

Fatih mehmet han (al fatih)

Walau untuk ukuran kota modern, bilecik masih jauh dari İSTANBUL, tapi Bilecik ini adalah: TEMPAT DİMANA KEKHALİFAHAN USTMANİYAH lahir!!
Jadi tepatnya Bilecik ini pusat pemerintahan pertama dari kekhalifahan Ustmaniyah Turki sebelum di pindahkan ke BUrsa, edirne dan terakhir İstanbul.
Di daerah Bilecik di Makam kan  Ertuğrul (kalau pencinta drama Turki pasti pernah dengar tentang kebangkitan ertugrul) Tepatnya di daerah sögut Bilecik , Sayangnya kemarin saya tidak sempat ke lokasi Turbe nya ertugrul (komplek makamnya)
ertugrul turbesi
makam ertuğrul gazi, bukan hanya bendera negara Turki, ertüğrul milik bangsa Turk yang nyebar di asia tengah juga. (sumberfoto istanbultarih cemilsahın)

-rtugrul-azi-640x360
komplek makam ertugrul dengan penjaga khas nya (sumberfoto istanbultarih)

Karena Lokasinya di luar pusat  kota bilecik, dan saya hanya melakukan perjalanan sehari tanpa menginap di Bilecik, İnsha allah kalau ada kesempatan dan juga umur, rezeki, bisa ke sogut.
Di Pusat kota Bilecik juga ada Turbe (komplek makam) syeih edebali.
Syeik edebali
Syeih edebali ini BESAN nya ertüğrul,
Beliau lahir tahun 1206 di inac koyu Kirsehir city, wafat di Bilecik tahun 1326, komplek makamnya dibangun oleh orhan gazi, Putera ke 2 dari osman gazi.
Syeih edebali seorang ulama besar, dimasa hidupnya dia pernah menimba ilmu keagamaan dengan pergi ke damaskus syuriah, di damaskus dia belajar dengancendikiawan dan ulama ulama damaskus  yang terkenal pada zamannya, seperti necmedin ez zahidi, sadredin süleyman, jamaludin al hasiri, sepulang dari damaskus  syeih edebali beralih ke tasawuf, lalu dia membangun pondok darwis di Bilecik.
Osman gazi, putera dari Ertuğrul sering datang menemui syeih edebali, untuk bertukar pikiran, belajar agama dll, pada suatu hari yang penuh berkah , ketika osman gazi menjadi tamu di pondoknya syeih edebali, Syeih edebali bermimpi baik, dan mimpi itu seperti pertanda untuk Osman gazi, lalu syeih edebali menceritakan tentang mimpinya ke osman gazi:
SYeih edebali melihat sebuah pohon didada osman gazi, pohon besar yang bercabang cabang, cabangnya bernyawa, akar akarnya tersebar keseluruh dunia, tempat teduh dari pohon itu menguasai seluruh bumi,banyak orang berkumpul dibawah pohon tersebut, pohon itu selalu diselimuti air hangat yang mengalir dari pegunungan tinggi.
Setelah seyh edebali menceritakan mimpi itu kepada osman gazi, lalu beliau meminta osman gazi untuk menikahi puterinya Malhun hatun (Rabia bala hatun ) , Seyh edebali seorang alim yang mendapatkan mimpi tentang kebangkitan kekuasaan Osman,  Lahirnya Kekhalifahan ustmaniyah berawal dari mimpi  seyh edebali.
Osman gazi sultan pertama dari kekhalifahan ustmaniyah Turki, beliau wafat tahun 1326 di Bursa, Dimakamkan di Kota Bursa, ibukota turki ustmani   setelah pemerintahan dipindahkan dari bilecik.
Seyh edebali wafat di usia 120 tahun, 1 bulan setelah kepergiannya menyusul puterinya wafat lalu kemudian 4 bulan setelahnya sang istri pun wafat, Makam puteri dan sang istri dimakamkan satu ruang di dekat turbe seyh edebali, Lokasi makam ini  terletak di atas bukit.
Sebenarnya ada cerita di balik kunjungan ke seyh edebali turbesi ini, jujur saya sendiri masih buta sejarah tentang kekhalifahan Turki selain seputaran İstanbul saja, karena emang yang sangat terkenal dan ceritanya sudah mendunia  adalah  Al fatih, sang penakluk konstatinopel bahkan sudah di film kan juga, dan entah berapa banyak buku juga yang membahas tentang beliau. Untuk seyh edebali sendiri hanya dalam bahasa Turki sumber sumber nya, bahkan cerita dari suamipun hanya sepotong sepotong, seyh edebali juga memberikan sebuah hadiah dalam bentuk senjata*saya belum nemu referensi online nya* hanya berdasar ketika kunjungan, ada komplek museum khusus di sana yang lebih modern dan ada ruang audio untuk menonton  film animasi pendek tentang seyh edebali, sayangnya hanya berbahasa turki, bahasa turki saya masih terbatas, senjata ini yang menjadi pegangan Osman gazi ketika memulai penaklukan, simbol senjata ini menjadi ikon kota bilecik dalam tulisan :İYİ, bahasan logo nya panjang dan ini juga cikal logo Osmanli yang terkenal.
LOkasi komplek turbesi letaknya di perbukitan, jalannya naik turun tanjakan. untuk mencapai ke lokasi Turbesi bisa dengan jalan kaki dan kendaraan pribadi, kendaraan umum hanya bisa taksi, dan tidak ada taksi yang mangkal di lokasi Turbesi, harus janjian untuk minta jemput dulu dari taksi yang kita sewa, kalau engga, kepaksa pulangnya jalan kaki, naik ke atas, dan luar biasa-.-‘ capek nya berasa naik gunung, suami lupa ketika kita sewa taksi tidak minta nomer taksi nya, kepaksa jalan kaki ke atas, kepusat kota-.-‘
şeyh-edebali
(sumberfoto:istanbultarih—lukisan seyh edebali

lokasi makam syeh edebali

perjalanan sehari ke Bilecik lumayan nguras tenaga, karena pulangnya kami tidak dapat tiket kereta cepat-.- kepaksa naik bus, 4 jam saja menuju istanbul, ditambah macet dijalan, karena mulai musim mudik menjelang hari raya kurban yang memang hari raya besar di Turki, libur resmi 10 hari, sampai tengah malam jalanan macet.
Paling tidak terbayar rasa ingin tahu saya tentang leluhur leluhurnya si baba yang selalu bangga banggain bangsa ottoman-.-‘ sayang yang bikin penasaran dirilis ertuğrul nya belum kesampean karena lokasi di sögut-.-‘ masih harus berkendara lagi dari pusat kota, dengan waktu yang mepet juga. Semoga ada kesempatan lain waktu menuju sögut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *