Dulu saya pernah menulis tentang ini di Blog lama, tapi tidak begitu detail, sering juga pertanyaan dengan rasa penasaran saya terima via inbox, Suaminya suku Turki apa? Kurdi kah? nah pertanyaan seperti ini juga mengusik saya untuk belajar lagi tentang negara yang saya tinggali sekarang, Sejarah Turki masih minim, tidak seputar masa Ottoman saja, kita tarik ke belakang dulu, Duh berasa Guru heheh, harusnya Suami aja yang nulis ini ya, sesuai ilmu yang dia pelajari waktu kuliahnya, tadi sempat nanya, saya nyebutnya: Kabile (klan)? eh katanya dia bukan Kabile, ırk! Irk atau Ras, waktu saya kasih gambaran tentang etnis, seperti di İndonesia, ada Jawa, sunda, papua, sumatera. Dia bilang, Penduduk Turki bukan terbagi seperti itu, lebih ke Irk atau Ras. Saya cuma dikasih kata kunci, sisanya suruh cari referensi sendiri, Tuh dia seringnya gitu-.-‘Jadi daripada njlimet jelasinnya, diurai satu-satu.

Bangsa Turk, Orang Turki? Bedanya apa

Bedanya cuma ketambahan ”i” hehe, Bukan ding, penjelasannya gini: İstilah Bangsa Turk ini lebih luas: Gabungan kelompok etnis yang lebih besar, bertutur dengan bahasa Turk dengan dialek yang berbeda. Pernah dengarkan nama negara Uzbekistan, Turkmenistan, Azerbaijan, negara-negara -Stan ini termasuk Bangsa Turk. Seperti Azerbaijan, dialeknya ibarat orang Melayu, İndonesia vs Malaysia kalau ngobrol, tetap bisa nyambung. Saat ini hanya ada 6 negara Turk yang berdaulat: Turki, Azerbaijan, Kazakhstan, Kirzstan, Turkmenistan, Uzbekistan. Nah kalau orang Uyghur juga bagian dari Bangsa Turk, mereka tidak berdaulat jadi negara sendiri, tapi masuk dibawah sistem negara Cina. Jelas kan ya bedanya.

Lalu orang yang tinggal di negara Turki itu siapa? Ya Bangsa Turk juga dengan POPULASİ terbesar, Bangsa Turk menyebar melalui migrasi dan İnvasi, Catet İnvasi? mau nyebut bangsa penjajah juga gitu,eh di sleding si Baba ntar-.-‘ Contoh İnvasi Turki di era Modern itu : Siprus Utara. Negara Cyprus yang terbagi, Cyprus eropa yang dikuasai yunani diakui PBB, nah Bagian Utara hanya Turki yang ngakuin semata wayang. Militer Turki ditempatkan disana, Biasanya Pemuda Turki yang masuk wajib militer juga ditempatkan di Siprus. Ga heran ya kalau Turki Vs Yunani itu tegang mulu, Tetangga sering ribut mereka tuh.

Ras yang hidup di Negara Turki

Bangsa Turk itu kan besar, ada yang berdaulat jadi 6 negara, Populasi terbesar Bangsa Turk mendiami negara yang bernama TURKİ. Lalu di Turki sendiri, apakah semuanya Bangsa Turk? ehm ternyata mereka terbagi-bagi lagi, Sub unit-nya, dan perlu diingat juga, jika Turki itu dijuluki negara Transbenua, sebagian di eropa Timur, sebagian besar di wilayah benua asia. Jadi meski mayoritas Bangsa Turk ternyata banyak ras lain di negara ini. Ada sub kelompok etnis lagi yang ternyata banyak banget: sebagai etnis terbesar memang Bangsa Turk, Nah bangsa Turk sendiri terbagi lagi:

Turk:  Afşar, Yörük, Manav, Türkmen, Tahtacı, Kosovalı, Makedonyalı, Bulgaristanlı, Batı Trakyalı, Rodoslu, Oniki Adalı, Giritli, Dobrucalı, Adakaleli, Gacal, Muhacir, Çepni, Cerit, Ahıskalı, Büğdüz, Bayat, Yazır, Eymür, Karabölük, Alkaevli, İğdir, Yüreğir, Dodurga, Ulayundluğ, Döğer, Çavuldur, Beğdili, Abdal, Sıraç, Nalcı, Teber, Barak, Şamlı, Bayındır, Kınık, Ortakçı, Amuca, Bedrettinli, Karamanlı, Karakeçili, Sarıkeçili, Torlak, Kızılbaş, Peçenek, Çıtak, Kıbrıslı, Azeri, Kırım Tatarı, Kazan Tatarı, Karapapak, Kırımçak, Karaçay, Balkar, Özbek, Nogay, Kumuk, Uygur, Kırgız.

Kalau di tanya suami Turkinya , sub etnis apa? Nah tuh suruh tes DNA aja hahaha. Saya aja ga tahu suami, campurannya mana aja. Ngakunya orisinal Turk, tapi kalau sub etnisnya sebanyak diatas, Ga tahu dah, Apalagi Orang Turki yang mendiami negara Turki datang lewat migrasi dan İnvasi. Campur aduk seperti es campur degan. Saya suka becanda gini: Misal anak mix İndo-Turk kok dominan muka emaknya, dibanding wajah Turki, mengingat orang Turki itu ‘campur aduk’ ras nya, ga dijamin 100 persen ras aslinya, terus lebih menang Gen emaknya hahah, atau kalau ada anak campuran kok Bapaknya banget, Nah jangan jangan bapaknya ras asli ga campur aduk (duh teori ngasal..abaikan:V) Saya aja ga yakin sama suami apakah asli Turki ting-ting, mengingat perpaduan wajah di keluarganya aja campur aduk, punya tante mata ijo,biru,abu-abu, babanya sendiri matanya ijo-seneng duit–husss..hus..— ok lanjut ya…,

  • Boşnak: Bosnia Sancaklı.
  • Albania: Toska, Gega.
  • KurdiDaerah Turki Tenggara dan Timur:seperti Diyarbakir, Adiyaman, Gaziantep,Kilis,Sanlı urfa, Mardin.Batman, Siirt,sırnak dan daerah Timur dari peta negara Turki banyak didominasi orang Kurdi, sisanya menyebar di berbagai Kota termasuk İstanbul.
  • Zaza
  • Gürcü : Bahasa Gurcuce, sub etnis ini banyak di daerah: Artvin üzere, Giresun, Ordu, Trabzon, Samsun, Sinop, Amasya ,Tokat, Bolu, Düzce, Sakarya, Kocaeli, Bursa , Balıkesir
  • Circassians dikenal juga dengan nama adyghe, Selain di Turki, sub etnis ini nomer 2 terbanyak ada di Rusia, ya mungkin kalau kenal orang Turki, kok ‘bule’ banget. Bisa jadi mereka orang cerkez.Albania, atau daerah Balkan lainnya
  • Chechnya (Çeçenler), Orang kaukasia asli
  • Dagestan (Dağıstanlı: Avar, Dargi, Lak, Ubıh, Oset–sub etnis ini juga terbesar ada di Rusia.
  • Lezgi
  • Pomak ( Selain Turki, mereka banyak di Bulgaria, Yunani)
  • Çingene: Rom, Roman, Poşa, Dom. Bisa dibilang sub etnik ini sebut saja Orang Gipsy yang hidup di Turki, saya pernah nulis tentang ini di Mengenal Cingene kaum Gipsy di Turki
  • Arab (Ga usah dijelasin ya ini banyaknya dimana:D
  • Laz (Laz ini selain di Turki, mereka banyak di Georgia dan Rusia juga) Orang Laz banyak mendiami area Karadeniz-Laut Hitam- di Turki, secara budaya mereka berdekatan sekali dengan negara tetangga Rusia dan georgia, termasuk tari-tariannya dan tidak lupa dengan bentuk fisik kebanyakan dengan hidung mancung bangir.
  • Süryani:Selain Turki, mereka banyak di İrak dan Suriah rata rata pemeluk Kristiani.
  • Armenia: Hemşinli
  • Yahudi: Sefarad, Aşkenaz. di Turki ada yahudi? oh tentu saja, tercatat 26 ribu etnis ini hidup di Turki, yang tercatat aja ya, ada 26 sinagog yang aktif berkegiata. selain di İstanbul, etnis yahudi Turki ada di: Manisa, hatay, kilis, gaziantep, Edirne, Canakkale, Bursa, Ankara, Adana. Ga percaya orang Turki juga banyak Yahudi? coba cek komunitasnya : Turkyahudiler
  • Rum/ Yunani: Nama Konstatinopel sebelum diubah jadi İstanbul, pasti erat kaitannya dengan etnis Rum, dan mereka juga termasuk Orang Turki
  • Asuri/ Asyiria : Nasturi, Keldani
  • Bahai
  • Turki-Afrika
  • Polandia
  • Malakan
  • Dürzi selain di Turki, mereka juga tinggal di suriah dan Libanon.

İni Sub-etnis Turki, Secara garis besar, percampuran Balkan-eropa Timur, Asia tengah dan Timur tengah. Mayoritas menggunakan Bahasa Turki untuk komunikasi, tapi selain bahasa Turki, di daerah Timur dan tenggara, banyak menggunakan bahasa Kurdi dan arab, seperti tetangga di Komplek, kebetulan orang sanlı urfa, mereka etnis arab, dalam keluarga terbiasa berbahasa arab tapi percakapan diluar menggunakan bahasa Turki. Hari raya kemarin saya dikirimi nasi kuning, ya mirip nasi kuning İndonesia, jujur cocok banget di Lidah İndonesia masakan daerahnya, saya paling senang kalau nyoba masakannya karena citarasa lebih familiar berbumbu pedas. Beda dengan daerah Pluto sini, hidup terasa hambar, mengandalkan salca , Bahan masakan Turki yang sering dipakai selain arab, orang Rusia juga betah banget di Turki, mereka nganggap Turki itu ‘belakang rumah mereka’ ga heran tiap musim panas, orang Rusia liburan di daerah pantai-pantai Turki, terutama Antalya, berasa belakang rumah aja, Apalagi kalau Orang kaya di negara negara tetangga ingin membeli property di Turki, Mudah sekali prosesnya, masalah kedaulatan negaranya gimana, saya ga paham dah, Hak milik, Turki ga takut di İnvasi, orang mereka terbiasa meng-İnvasi (eh salah lagi:D)

Terus misalnya penasaran, sama teman dekat orang Turki aslinya ras apa* suruh test DNA aja (kurang kerjaan banget-.-”) Namanya juga bangsa ‘es campur’ transbenua. Mau dibilang Turki ke-Bule-bule-an, nyatanya emang etnis ini ada, serupa dengan penduduk benua biru atau kok kayak orang arab ya? ya jangan heran, karena negara ini juga bertetangga dekat dengan Timur tengah, Pengaruh adat budayanya juga 11-12. Dari acara pernikahah, Joget-jogetnya tinggal cek. Ada yang daerahnya dingin banget sampai minus 20 celcius bahkan lebih ketika musim dingin, oh banyak, ada juga yang panas gersang sampai 50 c ketika musim panas, Ada. Tinggal pilih tinggalnya daerah mana. Seperti kemarin saya posting, suhu di musim gugur daerah Pluto, 1c sedang ada teman di daerah lain menulis angka 10-16 c, iklimnya bisa berbeda drastis.

Semoga bisa menjawab ya, Ada Turki Bule, Turki arab, Turki kok mukanya kayak cina….wah banyak ya, saya kasih maskot muka Turki kembali

pacar turki
tidak menerima protes:P majang pacarnya si ozge terus hahah

Nah urusan kuliner juga kan campur aduk, aneka Kebab selain di Turki juga banyak di daerah Arab, Lalu aneka kudapan manis semacam Baklava, Tulumba, orang Rusia, Yunani juga kenal, nasi dibungkus daun anggur? kalau penasaran membuatnya bisa cek disini, ternyata di Mesir juga ada, bahkan saya pernah lihat teman di İsra**l juga kenal masakan ini. Jadi sebenarnya orang asli Turki makanan orisinalnya apa? Nah loh…sejarahnya bisa panjang lagi ya bahas kulinernya aja. Saya cuma menjelaskan dengan bahasa yang lebih mudah saja, kalau detail semua, bisa jadi satu buku:D untuk bahasan Ras orang Turki, yang terbanyak tentu saja bangsa Turk, total yang tercatat 24 ras ada di negara Turki, dengan Bangsa Turk sebagai Ras terbesar. Detailnya untuk ras lainnya silahkan cari sumber lain ya, Bu Guru capek ….., Gajian kapan ya-.-‘

Sebagian sumber dari sini