Memang tidak bisa dipungkiri jika hallyu wave (istilah untuk menyebarnya pengaruh dari dunia industri hiburan korea selatan) ke seluruh dunia begitu besar.
Jujur sebagai emak-emak yang kurang up to date dunia per k-pop-an (karena merasa juga ketuaan:D) saya hanya tahu  sekitar K-drama dan K-movies awalnya. Beberapa artis korea yang saya tahu: song hye kyo, park shin hye, jun ji hyun.
Seputar idol kpop? 
Lewat K-drama pula saya mulai mengenal beberapa idol yang mencoba peruntungan terjun di dunia seni peran.
contoh pertama, saya ga tahu siapa itu  siwon choi, karena perannya agak slenge-an di drama she was pretty, googling lah, dan baru tahu kalau dia salah satu member Grup idol Super junior (ok kemana aja mbak)
Lim Yoona, Pertama karena nonton kdrama Prime ministry and i, Lawan mainnya aktor kawakan sekelas lee bum soo, tapi karena chemistrynya bagus meski gap umur yang lumayan diantara mereka (gak ada adegan kissing, sekadar cup manis di pipi atau dijidat)  baru saya tahu kalau dia juga anggota grup idol Girls generation.
D.O exo (ok saya aja ga tahu grup apa itu EXO , please jangan protes dulu) pertama lihat aktingnya di its ok thats love main bareng aktor jo in sung, aktingnya bagus, ga heran beberapa proyek film layar lebar pun dia bintangi, salah satunya Pure love (unforgetable)
Jung yong hwa  Salah satu vokalist band idol CN Blue, karena nonton you are beautifull main bareng Park shin hye dan jang keun seuk.
Mereka ini beberapa idol yang mulai saya kenal lewat peran mereka di k-drama.  İdol istilah untuk penyanyi di grup  grup musik di industri hiburan korea, mereka biasanya ga hanya menguasai bidang musik saja, beberapa yang  memiliki minat di bidang akting,  melebarkan sayap ke Kdrama, mulai dari peran kecil, ada yang sukses dan banyak juga yang menuai kritik dituding nyari popularitas semata, jual tampang saja, skill akting nol.
Menurut pemilik salah satu agensi terkenal di korea J.Y. Park letak pebedaan antara idol dan artis di korea selatan adalah: kepopuleran dan pengakuan

Ketika menjadi seorang İdol: sangat penting untuk menjadi populer tapi untuk benar benar menjadi seorang artis, mereka harus mendapatkan pengakuan dari keahliannya sendiri, untuk berpindah dari kepopuleran menjadi sebuah pengakuan, hal yang sangat sulit dilakukan.

idol yg rangkap aktor

Banyaknya idol yang mulai terjun ke dunia akting  demi popularitas dimata penggemarnya, Tak heran  menuai kritik pedas dari  netizen , jika ada idol yang menurut mereka cuma modal tampang saja lalu main drama atau film dengan kualitas akting pas-pasan.
Tapi banyak juga idol masuk dunia akting kemudian mendapat pengakuan salah satunya lee joon, dia juga dianggap mendobrak anggapan orang tentang idol yang tidak bisa berakting, lalu Do kyung so atau DO salah satu member grup Kpop Exo, kemampuan aktingnya sudah diakui dengan 3 penghargaan dari dunia akting dia raih. Sebagai penikmat drama maupun film korea.
Persaingan di industri hiburan korea terkenal sangat keras.
aktor

Skill dijadikan modal dasar, urusan penampilan masih bisa mereka rubah (yang akhirnya menjadikan imej kalau artis korea = operasi plastik) padahal banyak juga artis yang memang berwajah natural tanpa melakukan operasi plastik. Lalu tentang kehidupan pribadi, mereka menjaga privasi untuk kehidupan pribadinya, yang mereka tonjolkan hanya seputar akting : promosi film , drama,promosi iklan komersial selaku brand ambassador, jarang sekali melihat profil sosial media nya artis maupun idol korea yang memamerkan kesehariannya mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, kecuali mereka terikat kontrak tampil di variety show itupun dibatesi ruang tertentu saja. Upload foto mesra dengan pasangan, meski suami istri, keromantisanya pun dibatesi. Beberapa agency yang menaungi artis, bahkan memiliki aturan tersendiri tentang privasi artis maupun idolnya, semua dilakukan demi menghadapi persaingan ketat ini, artis terlibat skandal, imej hancur, agensi rugi, saham turun.
Dikelola secara profesional, tidak heran jika hallyu wave begitu mudah diterima diberbagai negara, dominasi korea selatan di industri hiburan asia semakin meningkat, menjadi jembatan untuk mengenalkan budaya dan negara gingseng ini.
Yang tadinya makan cimol, cireng sekarang nyoba tteteobokki, penggemar asinan bogor nyoba nyicip kimchi, tidak bisa membedakan mana kimono dan hanbok sekarang jadi tahu bedanya, kalau baca buku tentang sejarah korea masih jarang, lewat industri hiburannya mereka mengenalkan budaya negaranya, ya salah satunya lewat drama maupun variety show nya, banyak sekali ada adegan makan, mengenalkan kuliner daerah. İndustri pariwisatanya.
saya tidak mau mengkotak-kotakan mana idol atau artis, selagi mereka menunjukan kualitas akting yang bagus, diapresiasi saja.
kira kira alasan terbaik untuk nonton drama korea selain skill akting, penampilan, jalan cerita yang unik, apalagi?  mau idol apa aktor  jadi pertimbangan kah..share ya:)