Memasak masakan Turki itu mudah dipelajari, apalagi bahan masakan Turki yang sering  dipakai  adalah Salca,

Hampir semua masakan Turki biasa ditambahkan salca sebagai bumbu masak,
Kunci dari masak masakan Turki adalah: Salca, kiyma (daging giling) bawang bombay, garam, bubuk lada hitam, cabe bubuk.
Daging giling biasa ditambahkan ke masakan sebagai ganti penyedap rasa. Masak sayur berkuah , olahan daging hampir semua ditambahkan salca.

Salça  adalah Pasta

Ada 2 jenis: domates salcasi, biber salcasi (cabe merah ) tapi yang paling umum dipakai adalah domates salcası atau pasta tomat.
 
setiap musim panas, para ibu-ibu Turki yang rajin pangkal sregep, apalagi penduduk desa, mereka biasa membuat stok salca dirumah.
Bahan dasar pembuatan salca sebenarnya cukup mudah:
Tomat yang sudah direbus di kupas kulitnya lalu di haluskan dengan blender.
Lalu disaring untuk memisahkan bijinya.
pure tomat  kemudian di jemur sampai air tomatnya mengering.
Tambahkan garam jika suka, penambahan garam sesuai selera. lalu  tambahkan minyak sayur atau minyak zaitun, aduk-aduk, masukan Toples sampai permukaannya penuh, terakhir masukan minyak kembali sebelum di tutup, kegunaan  menambahkan minyakberfungsi  sebagai pengawet salca.
Video pembuatan salca bisa di lihat disalah satu chanel ini:

 
Saya, biasa dapat kiriman dari ibu mertua di kampung:* kebetulan beliau punya kebun sayur mayur, setiap menjelang musim gugur, paket salca selalu dikirim ke rumah kami, Salca buatan rumah bukan pabrikan. Terjamin kualitasnya.
baca lahmacun si pizza Turki
Di supermarket maupun di pasar tradisional, salca dijual bebas, harga pun bervariasi tergantung  ukuran  toplesnya.
Masak apapun, Orang Turki tidak lupa menambahkan salca sebagai salah satu bumbu dasar, jadi jika melihat  video atau foto kulineran dari Turki, masakannya berwarna merah merekah dan yang terbayang adalah rasa pedas level sekian, Terkadang foto itu bisa menipu.
Rasa pasta tomat bercampur tumisan bawang bombay dan daging giling.
 Hampir semua menu masakan Turki  menggunakan pasta tomat.
Seperti salah satu contoh masakan ini, dikenal dengan nama iskender kebab, potongan daging yang di iris tipis, bersanding dengan nasi bulgur,yoghurt, dibawah permukaan daging ditambah  roti pita yang sudah dipotong-potong, lalu ditambahkan bumbu salca dan mentega yang sudah dilelehkan diatasnya, lalu potongan tomat dan cabe hijau-biasa disebut tatli biber-ini jenis cabe manis, cabe hijau di turki tidak semuanya memiliki rasa pedas, jenis tatli biber hampir sama dengan rasa paprika, manis dan sedikit getir.
Warna merah terlihat menggoda tapi tidak akan menggoyang lidah bagi pecinta rasa pedas dialah salca.

bahan masakan turki
salca adalah bumbu dasar masakan turki

 
Untuk di İndonesia, bisa mengganti salca dengan pasta tomat yang biasanya tersedia di rak bagian masakan internasional, produk pure tomato buatan italia hampir sama dengan salca.