Tahun baru 2020 dibuka dengan berita banjir yang mengepung Jabodetabek, beberapa teman di grup WA mengabarkan kondisi masing-masing, karena hampir semua teman jadi korban banjir, apalagi ada teman yang memiliki anak kecil, kemudian grup Keluarga mengabarkan kondisi sekitar kampung halaman, dimana sungai Cisadane meluap dan banyak rumah warga didekat aliran sungai terendam hampir seatap, saya cukup terkejut dengan musibah banjir dipembuka tahun 2020, mengingat jarang terdengar ada rumah warga di kampung kena banjir luapan Sungai.

Hari ke-3 bulan januari, lagi-lagi kabar Dunia: membuat deg-deg-an bacanya, pembunuhan jenderal besar İran dan otaknya Presiden AS si Donal Bebek. Lalu tagar Perang Dunia ke-3 naik di Twitter. Meski saya tidak tinggal di kedua negara yang sedang marahan itu, Posisi Negara tinggal sekarang (Turki) ga mungkin anteng, Manuver politik pemimpinnya yang ingin berpengaruh di Timur tengah, kondisi Turki: Dipasok Energi sama İran tapi juga punya pangkalan militernya Negara Donald Bebek. Hayo mau dukung mana!-.-” Kurs Lira yang semakin terjun bebas.

Posisi Turki?

Sempat ada yang tanya, ”mbak kenapa ga bahas proyek Mobil Nasionalnya Turki” ehmmm. Jujur saya belum tertarik bahas, kalau saya tulis Pencitraan bagaimana? diamuk fansnya Turki? . Dengan situasi ekonomi dalam negeri yang sedang ga jelas, Sebagai İbu rumah tangga lebih mikir harga bahan pokok di market yang sering naik atau berbagai kenaikan pajak di awal tahun, Tagihan listrik, gas, air dan pajak lainnya yang semakin mencekek rakyat. Kenaikan UMR nasional yang tidak berefek banyak. Nah ditambah situasi Dunia. Sekali lagi saya tekankan, Turki tidak mandiri secara Energi, mereka mengandalkan negara-negara sahabatnya, ya kayak İran ini, yang sekarang lagi diuji sama Donald Bebek.Eh tapi Turki juga masih mesra sama si Donald bebek, baca diberita sebelum penyerangan, mereka telpon-telponan dulu, sebelum nyerang di Baghdad. Kalau negara pemasoknya ‘ngamuk’ yang kena imbas bukan si Donal Bebek saja, negara-negara dikawasan, Turki juga tetangga akrab İran. Kalau pasokan Energinya tersendat bagaimana? Ekonomi dalam negeri terseok-seok, akan berimbas banyak, Gas, Listrik. Musim dingin mengandalkan aliran Gas sebagai penghangat ruangan. Kalau pasokan tersendat. Tagihan Gas, listrik bisa terus dinaikan, Rakyat yang bayar . Duh ini pikiran mamak-mamak banget kan ya. Sungguh bahas geopolitik Dunia itu bikin ruwet buat kapasitas otak mamak-mamak yang fokus ke ekonomi rumah tangga saja.

Donal Bebek itu kenapa sih, apa kejiwaannya perlu diterapi, masukan saja panti jompo, sudahlah Om Donald pensiun saja keliling Dunia, mampir Jakarta, sedekah-sedekah bantu atasin banjir aja gitu. Semoga 2020 ini ekonomi dunia membaik, harapan terbaik saya. Jangan naikin Tensi di kawasan sini.

Tadi disuguhin bacaan kayak gini: aduh berat-.-‘ Yang di Ankara mencurigakan..ah sudah lah, pikirkan pajak yang makin tinggi aja. Eh kenapa ANKARA? ya kan İbukota Turki Ankara, pusat pemerintah, Bukan İSTANBUL ya, itu masalalu:)

Sumber berita:

Why Ankara is maintaining cautious silence on Soleimani killing