Bulan januari ini, ibu ibu komplek dari 3 gedung, berkumpul untuk saling berkenalan dan membuat acara rutin bulanan yakni arisan. Ya ibu-ibu di Turki juga kenal arisan loh? Arisan ala ibu ibu Turki ini ada 2 macam: altın gunu dan para gunu: altın= emas, Para= uang. Arisan uang: para gunu. Nah kalau kelebihan duit boleh lah bikin altın gunu. Tapi berhubung kami ibu-ibu ‘pejabat kelas teri’ cukuplah dengan para gunu saja, dimana hari arisan ditentukan setelah tanggal para suami gajian. Biar ga ada alasan bayarnya nunda-nunda, karena toh tanggal gajian para suami bareng semua.

Sebenarnya kegiatan ini di prakarsai oleh dua teman baru saya, yang kebetulan suami-suaminya dekat dengan si Baba, inisiatif dari Busra hanım dan Fehriye si tetangga depan pintu. Yuk bikin arisan! Di Bulan pertama (januari) Emine hanım yang menjadi tuan rumah pertama, ibu 3 anak asal yozgat.

Karena saya juga belum kenal semua ibu ibu komplek, Fehriye lah yang mengenalkan, dia termasuk jenis mamak-mamak gaul, lebih luwes kalau ngobrol. Saya? kebetulan hanya satu satunya orang asing, tentu saja jadi pusat perhatian dan pertanyaan, yang selalu jadi bahan keheranan mereka: Kac yasindasın? ketika saya jawab umur saya sekian, mereka tidak ada yang percaya, syok..vallah..rahma? Gercek mı? sedang saya dan Fehriye sendiri, beda usia 7 tahun. Tuaan saya. Entah lah kenapa wajah mereka lebih boros hehehe.

Ngapain aja arisan ala ibu-ibu Turki?

Potluck.

Ya mereka juga mengenal potluck, masing masing membawa hidangan dari rumah, menunya bermacam-macam, mulai dari aneka roti, dessert, salad, kue kering, bukan menu utama seperti ketika saya ikut arisan teman WNİ, mereka hanya membawa kategori ‘cemilan’ cemilan kelas berat tentu saja.

potluck arisan

Pengumpulan uang arisan

Arisan disini biasanya tidak mengocok nama siapa yang akan menang, Pemenang uang arisan adalah tuan rumah yang menjamu. Jadi uang arisan di kumpulkan ke bandarnya, dan langsung diserahkan ke si tuan rumah yang ketempatan. Untuk giliran rumah siapa yang akan menjadi tuan rumah berikutnya baru ambil nama yang di gulung kertas. Hanya di tulis nama bulan nya saja. Jadi tiap bulan arisan, di rumah siapa yang menjadi tuan rumah, dia lah yang menang arisan. Nah uniknya pengumpulan uang arisan juga variasi, tidak ditentukan jumlah nominal, hanya berkisar antara sekian ke sekian: yang ditetapkan antara 100-200 lira. Jadi jika bulan januari hanya bayar 100 lira, besoknya ketika menjadi tuan rumah arisan, teman yang bulan januari menang arisan, akan bayar jumlah yang sama ketika saya menang arisan. Jadi ketika datang ke rumah teman yang menjadi tuan rumah, setiap orang menyetor uang dan langsung memberikan ke si tuan rumah.

Baca:pengajian ibu ibu Turki


 

Ngobrol santai sambil nge-cay

Yah ini memang sudah menjadi budaya orang turki umumnya, tidak lepas dari acara jamuan makan dan cay. Acara di isi dengan makan dan ngecay, meski latar belakang tiap peserta berbeda-beda, suasana hangat tetap terasa, saya mengenal teman-teman yang juga datang dari berbagai daerah di Turki, kami sama-sama ikut tugas suami ke İskilip, yang terjauh adalah Fehriye, dia berasal dari Sanlı urfa, Sanlı urfa terkenal dengan masakan khasnya yang sedikit pedas di banding daerah Turki tengah seperti Çorum yang cenderung hambar, jadilah masakan Fehriye masuk menu favorit saya, potluck yang dibawanya ciğ kofte dengan citarasa pedas, sebagian teman ada yang tidak tahan dengan rasa pedasnya, syukurnya saya bisa menikmati masakan yang dibawa Fehriye.

fotonya candid, krn banyak yang ga mau difoto:D

Tidak ada strata

Dengan latar belakang para suami yang bekerja di İnstansi yang sama perkumpulan mamak mamak arisan ini hanya wadah ramah tamah, biar ga terlalu suntuk buat kami tinggal di pedalaman hehe, meski ada istri atasan para suami, ya kita santai aja ngobrol hangat, urusan jabatan tinggian siapa, urusan para suami di tempat mereka bekerja, ya syukurnya di Turki tidak ada para istri di baju ‘seragam’kan juga, Biar ga ribet nulis caption foto bareng ibu pejabat ini,itu. si İbu atasan ini malah sibuk main benang, knitting. Sesekali diselingi minum cay. Yahh ini di Turki. Apa di negara lain juga ada arisan? yukk lah ceritaaaa