Saya pertama kali kenal blog di friendster, sekitar tahun awal tahun 2000-alasan suka ngeblog waktu itu ya buat curhatan saja dan ga peduli ada yang baca atau tidak, isi tulisan juga campur aduk tergantung kondisi, lagi bahagia atau patah hati:D . Berawal dari friendster saya juga mulai kenal beberapa teman seprofesi pekerjaan, lalu kami gabung di milist forum komunikasi visual disingkat komvis, kebanyakan teman-teman milist laki-laki dan beberapa perempuan, Beberapa teman sekarang berkarir sukses.

Lepas dari friendster saya beralih ke blogspot, blog pertama saya di blogspot memakai domain: segudangcerita. Waktu nge-blog di segudangcerita.blogspot, saya pernah ikut lomba Blog,dari salah satu perusahaan survey di jakarta, hadiahnya satu İPad, tahun 2011 İpad nya saya jual ke teman kantor buat nambah-nambah modal menikah:)

Kemudian tertarik nge blog di Multiply, gara-gara banyaknya blogger di multiply yang ternyata pasangan mix marriage, berhubung waktu itu juga lagi ‘dekat’ dengan  calon suami, berjuang mengumpulkan informasi segala hal tentang Turki saya lakukan, kenal dekat dengan beberapa blogger salah satunya mbak amal celebi, dari dia lah saya banyak sekali dibantu berbagai informasi yang dibutuhkan. Allah razi olsun! Selepas menikah saya tetap teruskan ngeblog di multiply dengan domain: keluargapanda, teman blogger nya ga banyak, karena saya lebih banyak blogwalking dibanding posting:D senang aja balas-balasan komen.
Salah satu teman blogger yang saya kenal Dr prita spog, Dari postingan-postingan beliau tentang dunia medis, saya banyak sekali terbantu (jadi konsultasi gratis via blog:) waktu awal tinggal di Turki, kondisi kesehatan saya kurang prima, menghadapi musim dingin, siklus menstruasi bermasalah, 2 bulan darah mens tidak berhenti, saya pergi ke dokter SPOG di rumah sakit, di kontrol tidak ada masalah apapun di rahim, ditambah komunikasi saya juga terkendala dengan bahasa, kurang puas dengan penjelasan dokter lokal, saya lebih banyak bertanya di kolom komen blog dr prita, mengikuti saran, lalu juga bertanya tentang jenis obat. Alhamdulilah setelah itu mens saya kembali normal.

İbarat lagi sayang-sayang nya sama multiply tiba-tiba dapat kabar dari sesama blogger kalau multiply akan ditutup, sepertinya waktu itu galau berjamaah para multiplyers..banyak yang bimbang memilih platform blog baru antara pindahan ke blogspot atau wordpress. Saya memutuskan ‘ikut-ikutan’ nyoba platform wordpress, awalnya juga kesulitan make wordpress, teman teman blogger yang dekat berbeda kubu*ciee kayak pemilu aja** beda kelurahan, banyak yang di blogspot.

Mencoba di rumah baru, tadinya mau pakai domain keluargapanda lagi tapi herannya gagal terus, kemudian iseng aja ganti, hosgoru-atas saran suami-İsi blog pun ga jauh dari curhatan sehari-hari, kan tagline nya aja: jurnal harian kehidupan di Turki.
Saya nulis curhatan dan banyak lagi yang meninggalkan jejak komen curhatan, hingga mirip konsultasi percintaan, sampai suami saya melontarkan canda: ga sekalian kamu beralih profesi jadi konsultan gitu:D lumayan pasang tarif katanya.  karena  buat saya, selama saya bisa bantu jawab ya saya bantu jawab, tapi kalau tanya berulang-ulang dan tipe-tipe yang malas googling saya balasnya: saya bukan mbah google mba:))
Baca: suka duka nge blog
Alasan suka ngeBlog di hosgoru.wordpress karena blog buat saya jadi ajang silaturahmi, ngelepasin stress juga, nulis itu buat saya terapi jiwa juga, biar tetap waras, kan katanya perempuan itu lebih banyak mengeluarkan kata-kata dibanding pria, jadi butuh penyaluran dari pikiran biar ga mampet lalu meledak.
Keuntungannya? Ya saya memang belum nyoba monetize blog, belum tahu apa itu kerjasama sponsorship, nge review produk kecantikan (bingung review apa, dandan aja jarang, tapi saya mau belajar juga)

Karena rezeki ngeblog juga bukan hanya itu, bagi saya kenal dengan orang orang baru,baik juga rezeki sendiri.

alasan suka ngeblog
Berawal dari suka ngeblog

Salah satunya berawal dari blog juga saya 2x masuk TV, kenal dengan wartawannya,sampai sekarang tetap berhubungan baik.  Awalnya ada dua tawaran, dari net tv dan Mnc tv, dari Net liputan berkaitan dengan pengungsi suriah di Turki, mereka menggali informasi lewat internet salah satunya dari blog hosgoru, dari situ saya mulai email-emailan dengan teman wartawannya, keluargapanda ada beberapa scene-tidak cuma numpang lewat-

paling ga saya jadi punya pengalaman seru, syuting yang cuma beberapa scene , take nya berulang-ulang:D**lelah juga jadi artis dadakan..LOL**

Yang ke-2 tawaran dialihkan ke teman saya, karena ga memungkinkan sekali syuting acara kuliner di apartemen kecil, kebetulan teman saya apartemennya lebih besar dan bisa nerima tamu banyak,  karena konsepnya ada jamuan makan bersama, Acara kuliner ramadhan tahun 2015.Kopdar pertama kalinya dengan Dr.Prita dan suami Dr Basuki di İstanbul, ini jadi kopdar ke-3 saya dengan teman blogger multiply selain mbak amal dan teh İis-karena sama-sama tinggal di Turki-
Sempat gagal kopdar dengan salah satu blogger yang tinggal di jerman, hanya karena salah komunikasi, awal-awal di istanbul saya belum pakai smartphone, 2012 saya masih pakai blackberry bawa dari tanah air (dan selalu error dipakai di Turki)  dan samsung lungsuran suami, belum kenal whatsupp juga, salah lokasi kopdar, mengandalkan sms ga terkirim terus. Ya sudah belum rezeki juga ketemu traveling blogger Endah dan suami.
ketika dapat DM atau email-email yang menyentuh dari pengunjung-terimakasih ya- beberapa sering DM di akun instagram Rahmabalci. Jadi motivasi juga biar tetap semangat posting.
Ketemu teman-teman baru yang awalnya sering baca-baca blog saya terus bertetangga di Turki, ga nyangka juga ada yang akhirnya tinggal berdekatan dengan saya:D

Antara suka duka lumayan imbang, duka nya selama selfhosted blog karena belum terbiasa maintenance blog sendiri, belajar SEO, gagal update plugin,bolak balik email sana sini ke support İT, yang kadang menggemaskan email support İT webhost Turki, email berbahasa inggris kadang di balas dalam bahasa Turki.

Tertarik dengan dunia blogging karena senang bercerita, silaturahmi, nambah teman, nambah ilmu, nambah banyak cerita dari berbagai sudut pandang, Memperkaya banyak bacaan, cerita-cerita seru yang menghangatkan. Blog juga jadi salah satu hiburan (dari pada saya main tik tok :D) ntar pada enek lah liat muka saya, jadi mending baca-baca tulisan.
Kalau kamu suka ngeblog karena apa..suka blog karena siapa, karena saya..,iya makasih ya*mulai halu*