Alya anak saya yang nomer 2, akhir tahun lalu genap berusia 2 tahun. Berbagai tips menyapih anak dengan ‘cinta’ saya baca dan kemudian saya sharing mana yang kira-kira bisa saya praktekan untuk menyapih alya, berdasar pengalaman menyapih anak ke-dua saya, dan Alhamdulilah sukses.

9 Tips sukses menyapih anak

  1. Memasuki usia mendekati 2 tahun, mulailah mengajak ngobrol si anak, tentang proses menyapih, jelaskan alasan, apa, kenapa? ajak ngobrol terus.
  2. Ketika melihat kesiapan anak )seperti frekuensi menyusunya mulai berkurang) mulai mengurangi jam menyusuinya.
  3. Tidur di tempat berbeda. Terutama untuk tidur di malam hari, tujuannya terutama bagi anak yang terbiasa menyusu terlebih dahulu sebelum tidur, agar dia tidak teringat kebiasaannya menyusu sebelum tidur.
  4. Bicarakan ke orang rumah, terutama ayah, maupun saudaranya yang lebih besar, agar bisa memaklumi masa-masa yang paling berat untuk si anak 2 tahun disapih. Biasanya nangis lama, cari perhatian.
  5. Alihkan anak ke air putih, sediakan air putih di gelas atau di botol minum kesukaannya. Tidak mengalihkan anak ke susu formula, alasan: kebutuhan asi sudah tercukupi 2 tahun, susu lain hanya pendamping dan bukan pengganti asi. kalaupun dia minta segelas susu, tawarkan di pagi hari ketika bangun tidur atau semaunya dia. İngat, Kebutuhan kalsium tidak hanya bersumber dari segelas susu.
  6. Apresiasi anak ketika mulai bisa melewati hari pertama masa disapih dan İNGAT! alihkan obrolan tentang menyusui, Usahakan si anak untuk tidak mengingat kata: nenen, mimik, emzir (bahasa turki) dan biarkan dia fokus ke hal lain, seperti bermain atau tawarkan dia kudapan sehat.
  7. Siap bergadang! terutama untuk ibu, karena proses awal disapih memang berat, siapkan stamina yang kuat untuk 1 atau 2 hari pertama.
  8. Rajin pompa asi, selama proses menyapih hal ini penting sekali, terutama bagi ibu yang menyusui langsung. Agar PD tidak sakit.
  9. Untuk ibu, usahakan memakai baju yang tidak ‘ramai untuk menyusui, tidak berkancing depan misalnya, berguna untuk proses pengalihan anak teruatama ketika dia mulai rewel.

Menyapih anak memang banyak metodenya, Usahakan untuk memberi pengertian si anak jauh jauh hari, jangan juga ditakut-takuti dengan memberi olesan pewarna di PD, Penuhi hak anak semaksimal mungkin, 2 tahun sudah batas standar. İbu juga harus siap mental, karena proses menyusui memang bonding yang sangat kuat antara ibu dan anak. kedua nya harus benar-benar siap.

Selamat menyapih dengan cinta, ketegasan terutama ketika mulai penuh drama:)