Sebagai orang awam yang baru mengenal dunia industri hiburan korea beberapa tahun belakangan ini, tidak sekadar nonton film atau drama nya saja, sesekali saya juga nonton variety show tv lokal korea selatan, baca-baca tentang review drama, maupun profil bintang populernya, lewat media sosial yang begitu memudahkan, saya jadi tahu beberapa istilah dalam dunia entertaiment korea selatan.
Berikut beberapa İstilah populer dari dunia K-poper dan K-drama:

  1. BİAS , Salah satu kata dalam bahasa inggris, favoritsm, tendensi, dalam istilah anak Kpop Bias ini bisa berarti salah satu idol dalam member  grup yang menjadi favoritnya.
  2. SHİP , Biasanya seputar ngejodoh-jodohin Bias nya yang disuka, misal salah satu idolanya main drama dan memiliki chemistry yang bagus dan bikin baper penonton, lalu munculah istilah Shipper, nge-ship si aktor A sama aktor B. Contoh, shipper yang saya tahu: yongshin ,Min-shin, Leelee couple, Songsong couple, swag couple, jiji couple (kesannya kok lucu-lucu ya, biasanya para fans menggabungkan nama si aktor dan artis atau memberi julukan tersendiri) efek nonton Kdrama entah kenapa jadi banyak biro jodoh gitu hehe. Lucu nya kalau ada moment apapun, para fans yang jeli selalu menghubung kannya dengan artis yang mereka jodohkan dengan si aktor, misal pake baju sama aja, terus muncul deh ulasan panjang lebar di akun akun gosip seputar dunia pershiperan,
  3. Dispatch  Semacam  ‘lambe turah’ nya korea selatan, Biasanya tim berita gosip ini merilis pasangan artis ,idol yang diduga berkencan atau juga terlibat kasus tertentu, setiap tahun baru, biasanya mereka merilis foto foto kencan rahasia selebriti korea, seperti awal tahun lalu, dispatch merilis foto kencan mantan idol dan artis yang cinta lokasi di drama : Father is strange 
    kedapatan berkencan: jung so min dan lee jon
  4. Simbol Hati  Biasanya antara jempol dan telunjuk disilangkan disebut juga ‘finger heart’  atau dua tangan membentuk simbol hati di kepala maupun di dada sang artis, makna nya sebagai simbol hati mereka untuk paa penggemarnya.
  5.  Airport fashion Sepertinya bandara di seoul menjadi ajang runway para artis dan idol dari negara gingseng ini, kayaknya ga bisa deh artis korea pergi ke bandara asal-asalan, mereka selalu terlihat  modis, menjadi tolak ukur standar fashion korea selatan. Positifnya busana yang dipakai tidak mesti semua mahal, tapi padu padan busana yang dipakai mereka menjadi daya tarik sendiri. Jujur saya aja sampai terpesona dengan gaya busana mereka, apalagi edisi winter misalnya, duh sampai naksir coat yang mereka pakai, bisa menjadi referensi model jaket atau coat winter terbaru.
  6.  Antis-anti fan  İstilah untuk mereka yang tidak menyukai selebriti atau idol.
  7.  Sasaeng fan Fans yang lebih cenderung menjadi stalker dan menguntit kemanapun idolanya pergi, bahkan ada yang sampai masuk rumah artis,sembunyi dilemari bahkan masuk mobilnya (nekad banget ya).

7 istilah populer yang sering saya baca seputar dunia Kdrama maupun Kpop, masih banyak istilah lain, seperti penyelipan bahasa korea dalam obrolan para penggemarnya. Semoga berguna ya kalau pas penasaran baca baca tentang seputar K-drama maupun Kpop.