Saya memiliki dua anak umur 5 tahun dan 1.5 tahun, untuk anak pertama, dia sudah kenal internet lebih awal. Sejauh ini saya dan suami sepakat, anak menggunakan internet hanya lewat media laptop saja, penggunaan gadget lain: Hp maupun tablet tidak diperkenankan, padahal dia sering merasa iri melihat anak seumurannya jika melihat di luar rumah, seperti di Mall, banyak yang diperkenankan orangtuanya memegang Hp untuk nonton dan main game.  Sejauh ini kami bisa mendisiplinkan anak sulung, hanya menggunakan internet di rumah dalam pengawasan kami. Ketika diluar rumah, kami fokus ke anak-anak.

6 Cara yang kami lakukan selama ini adalah:

  • Hanya salah satu membawa HP atau tidak sama sekali!

İni kesepakatan kami, ketika pergi ke luar rumah bersama anak-anak yang tidak memakan waktu lama, biasanya baba mereka tidak akan membawa HP, hanya saya, kadang itupun tidak dipakai selain untuk foto dokumentasi perjalanan. Kami harus fokus menjaga anak,mengawasi dan bermain bersama mereka

  • Terlibat dengan segala aktivitas anak!

Ketika berada diluar rumah, semisal di Mall, biasanya kami sengaja pilih mall yang mengadakan acara anak tiap weekend, di lantai dasar, selalu ada ruang bermain anak cuma-cuma. Saya atau suami fokus ikut bermain atau menjaga mereka.

  • Makan tanpa gadget

Mau anak nangis jumpalitan, tiduran dilantai, makan berantakan tidak selesai, kami tidak peduli. Urusan makan diluar maupun dirumah, tidak ada namanya makan ditemani HP. Saya lebih banyak menggunakan metode BLW ketika anak Mpasi, hasilnya memang selalu berakhir dengan penuh kekacauan, makanan tidak habis banyak, sisa makanan berceceran di lantai, pemandangan biasa. selama Berat badan mereka tidak dibawah rata-rata, mereka bisa fokus dengan makanan meski tidak disogok dengan tontonan via hp.

  • Quality time 

Menyediakan ruang dan waktu untuk anak, ketika batas nonton internet habis, biasanya babanya akan mengajak anak-anak ngobrol, memancing anak melakukan permainan, main bersama. Cerita hal apa saja yang dilakukan anak seharian.

  • Syarat wajib pakai internet: Belajar baca atau hafalan!

cara yang saya terapkan, sejauh ini berhasil. Syarat si anak jika ingin menggunakan internet biasanya dia harus ‘ngaji’ dulu, saya ajarkan iqro dari jilid satu, tiap hari jika meminta nonton youtube di internet, wajib baca iqro dan surat pendek. ini ‘password’ untuk dia.

  • Liburan ke desa, alam bebas!

İni sepertinya cara terbaik, 3 minggu anak-anak tidak kenal internet, main di alam bebas. Tidur siang di hammock. Diawal memang sempat protes, tapi lama-lama terbiasa, meski melihat orangtuanya bawa hp, si sulung tidak berani sama sekali untuk meminjam hp kami. Tiap hari mengajak anak mengenal lingkungan, main di kebun kakeknya, metik buah dan sayur, main dengan kucing, ayam. Main tanah, resiko cucian numpuk tiap hari buat saya tidak masalah. Mereka menikmati segala pengalaman baru yang tidak mereka dapatkan di kota.
Baca: anak cerdas bisa diandalkan
İni sekadar mengenalkan metode saya dan suami dalam membatasi anak main internet, tiap orangtua mungkin beda beda menerapkan aturan terhadap anaknya, banyak teori diluaran terkadang penerapannya sulit dirumah, kami kondisikan,sesuaikan, dengan cara kami mendidik mereka. Kami tidak menakut-nakuti bahwa internet itu buruk, banyak hal positif yang kami ajarkan terhadap si sulung, tergantung bagaimana mengawasinya.