Minggu ke- 5-- 52  weeks journaling Challenge

Baklava identik sekali dengan kudapan khas Turki yang menjadi incaran para Traveler jika sedang liburan di Turki, kudapan manis tidak hanya Baklava, ada Kunefe, Tulumba, Revanı, Lokma, Tel kadayif dan masih banyak lagi, persamaan dari semua kudapan ini adalah siraman sirup Gula, karena cemilan atau kudapan Turki banyak didominasi rasa manis. Nah saya mau menulis Cemilan atau Snack yang menurut lidah saya jauh lebih enak dan menyehatkan, ketimbang kudapan manis diatas, pilihannya adalah aneka snack kacang-kacangan. Berhubung saya kurang menyukai aneka kudapan manis Turki, gigi langsung ngilu, melihat guyuran sirup gula di Baklava dan lainnya. Saya jarang mengkonsumsi kudapan manis diatas, selain karena sedang belajar hidup sehat. Tapi jika suka silahkan saja, tulisan ini saya rekomendasikan cemilan sehat yang biasa kami beli:

Rekomendasi Cemilan dari Turki

Leblebi

Biasa dikenal dengan nama lain ‘‘Kacang arab’‘ oleh-oleh yang sering dibawa selepas menunaikan ibadah haji di tanah suci, nama Turkinya: Leblebi, dan provinsi yang terkenal sebagai penghasil kacang leblebi adalah Çorum, daerah asal suami. Ya Jika berkunjung ke Kota ini, akan mudah menemukan berbagai toko cemilan menjual Leblebi dengan aneka rasa, Pilihan rasa: Pedas, asin, manis, di balut Coklat dll, saya sering membeli aneka rasa leblebi sebagai cemilan di rumah. Untuk Toko terkenal penjual Leblebi adalah Hasan karakus kuruyemis. Merk ini cukup terkenal di Corum dan memiliki banyak Cabang, Mereka jual menjual Online untuk wilayah Turki di websitenya.

Kacang Leblebi pertama kali dibuat dan diolah syeikh Murat Gazi (1370-1390) dia membuat dan memanggang kacang leblebi dan menjadi terkenal sampai sekarang, uniknya kacang ini dikenal oleh sebagian masyarakat İndonesia dengan nama kacang arab.

creditfoto: karakuskuruyemis.com

Cevizli Köme

Ceviz= Kacang walnut, Köme ini bisa juga diartikan sejenis sucuk atau Sausage/ sosis, bedanya isi dari sosis ini adalah kacang walnut, untuk kulit luarnya dari starch–Pati–memakai Buğday nisastasi, Pati Gandum dengan pemanis dari molases anggur (uzum pekmezi) Sensasi dimulut ketika makan Cevizli köme ini seperti menggigit permen karet, kenyal manis dan rasa renyah kacang walnut menjadi satu. Sensasi yang bikin nagih manis pas.

credit foto:karakuskuruyemis.com

Di İstanbul atau kota kota besar lainnya di Turki bisa membeli ini di toko cemilan (kuruyemis) begitu juga Leblebi.

Aneka jenis kacang

credit foto: https://www.hurriyet.com.tr/

‘ Emang enak dikacangin?!!” Percayalah aneka jenis kacang-kacangan di Turki itu enak banget. Aneka cemilan favorit dirumah adalah ini, aneka berbagai kacang yang biasa kami beli di toko Hasan karakus kuruyemis. Pilihan banyak, kalau si Baba cemilan favoritnya adalah kuaci dan leblebi, saya menjulukinya: hamster Baba, karena tidak bisa lepas dengan kuaci kapanpun.untuk kacang walnut jarang kami beli sendiri, karena İbu mertua di desa memiliki kebun dan pohon walnut, musim gugur lalu beliau datang ke rumah membawa setengah karung besar kacang walnut. berbagi ke tetangga dan tentu saja untuk stok cemilan di rumah.

Keciboyunuzu dan kismis Hitam

Keçiboynuzu (harnup) kacang locust-spesialis Perdu, biasa diolah untuk Pekmezi, tapi juga bisa dimakan langsung, konon katanya keciboynuzu ini bagus untuk vitalitas pria..uhukkk dan bisa mencegah sembelit bagus untuk sistem pencernaan, bisa membantu mengatasi Batuk secara alami , bronkitis, asma, banyak manfaatnya untuk kebaikan tubuh, memakannya secara langsung sensasinya seperti menikmati buah asam thailand dalam versi manis getir.

creditfoto: karakuskuruyemis.com

Kismis Hitam biasa di sebut Kan üzümü kaya antioksidan, bagus untuk kesehatan jantung dan masih banyak lainnya, keciboynuzu maupun kismis hitam sering juga kami jadikan cemilan di rumah, selain cemilan pabrikan, stok cemilan sehat juga wajib ada dirumah.

SÜT Mısır

Jagung manis hangat, jajanan pinggir jalan, kalau di İndonesia ada yang namanya Jasuke, versi Turki dengan minimalis Bumbu, terkadang hanya cukup bumbu garam dan mentega atau saos mayonaise dan saos tomat, tapi soal rasa ehmm hanya dengan rasa original jagung manisnya saja sudah cukup menggugah selera, Jajanan ini biasa ditemukan diberbagai kota di Turki, harganya juga terbilang murah untuk satu gelas, bisa dimakan sambil ngobrol dipinggir jalan menikmati pemandangan İndah kota -kota İndah di Turki. Sut Misir banyak dijual ketika cuaca dingin, cemilan hangat ini cocok dimakan ketika musim dingin, İni juga termasuk cemilan sederhana dan favorit kami sekeluarga.

credit to : www.hurriyet.com.t

5 Rekomendasi pilihan cemilan favorit keluargapanda, bisa dicoba jika sedang berkunjung ke Turki, tapi untuk no.5 rasanya mudah didapat di İndonesia ya. Jaminan cemilan sehat dan kaya manfaat semua:)