Tahun baru tinggal menghitung hari, beberapa negara menerapkan larangan untuk perayaan tahun baru apalagi ketika masalah pandemi corona belum tertangani, meski berita tentang vaksi Covid19 sudah beredar, rasa pesimis tetap muncul ketika ada kabar terbaru tentang mutasi virus corona di inggris, duh! kelamaan di rumah cukup membuat jenuh, termasuk saya dan anak-anak, babanya makin ketat menerapkan aturan, anak-anak terakhir di ajak naik mobil sekitar 2 bulan lalu. Praktis setelah itu mereka hanya di rumah, bahkan ke market saja tidak kami ajak. Lalu aktifitas apa saja ya yang sekiranya tidak membuat jenuh , kalau ini versi Keluargapanda:

Fasilitas internet harus lancar

ini adalah kunci utama:) Selama di rumah aja, internet ini jadi kebutuhan vital, selain untuk sarana anak kelas online juga hiburan. Ada banyak yang bisa dilakukan: Selain berselancar di sosial media dan ikut men-julid-sana sini.

Daftar kelas online/ webinar baik gratis atau berbayar

Wah ini menarik sekali loh, infonya banyak bertebaran di sosial media atau grup grup tertentu, saya juga ikutan webinar kelas Blogger bersama BloggerHub, kemudian ikutan kelas bahasa Turki di learnturkish.com

Belajar memasak

İni juga jadi kegiatan seru selama di rumah aja, kalau pesan online masih kepikiran aman atau tidaknya, takut tertular virus, meski sudah memakai disinfektan. Terakhir saya membuat kerupuk ikan, jemurnya mengandalkan pemanas ruangan. Bereksperimen.

Mengembangkan Hobby:

Karena banyak waktu di rumah, fokus ke hobby juga asyik: belakangan saya aktif mengedit video lagi di kanal youtube: ayo mampir:) beberapa video sebenarnya untuk melengkapi artikel yang pernah saya tulis di Blog, video dibawah ini, waktu saya ke İskilip kulesi.

İkut Pengajian

Ehm pengajian online juga sekarang banyak loh, tinggal pilih yang sesuai, kebetulan saya ikutan aktif di grup telegram Majelis Dzikir yang di asuh, Kyai yang juga Profesor plus kader NU di Belgia: Ayang Utriza. Banyak manfaatnya. Saya masih berhutang hafalan, tiap hari rutin baca dzikir yang sudah di ijazahi beliau.

Ada banyak hal bisa dilakukan di rumah, selain itu lebih banyak waktu untuk keluarga, biar anak-anak tidak bosan, babanya juga membelikan mainan edukatif berbentuk lego–yang ujungnya suka jadi ‘ranjau’ untuk annenya-.-‘

Nah yang saya rangkum diatas, sudah saya lakukan semua, kalau teman teman bagaimana? kegiatan menarik apa saja selama dirumah aja, ayo berbagi cerita:)