Seperti biasa, beberapa Tips dari keluargapanda, hasil ‘pasang radar’ berbagai obrolan dan realita sehari hari, Nah sekarang saya bahas beberapa point untuk menjawab keraguan:

Jika kamu menginginkan suami soleh karena menikah dengan orang Turki dengan alasan cinta sejarah İslamnya.

Maaf ini tidak jadi jaminan! ( Kenapa: Karena Turki bukan negara İslam, percampuran budaya, sistem negara turut mempengaruhi Masyarakatnya. Karena terpesona sama kisah jaman utsmaniyahnya minjem pintu ajaib doraemon dulu balik ke masa lalu heheh. Jika beruntung bisa ketemu lingkungan yang islami.

Jika kamu menginginkan suami romantis sepanjang masa! tunggu dulu:

Sebentar..jangan kebanyakan nonton drama:D penduduk Turki yang tercatat 82.322.000 per 2019, jumlah penduduk pria 41.139.980 jiwa, setengahnya insha allah sudah menikah, sepertiganya bisa saja masih bayi dan balita, sekian puluh juta tersisa jomlo, nah yang romantis bisa saja sudah masuk golongan pria mapan dan berumah tangga, sisanya belum teruji, jadi ga bisa mengeneralisir kalo 41 juta sekian pria Turki itu romantis. Balik lagi kalau masih masa promosi alias pedekate masih belum teruji 100 persen.

Jika menikah karena perbaikan keturunan:

İni gambling aja mbak! berharap anak bisa secantik cinta laura, cerdas juga, ehmm kita ngaca dulu sebagai calon ibunya, karena menurut data: kecerdasan anak itu lebih banyak diturunkan dari pihak ibunya. dan 71 persen karakter itu dari gen ayah nya.

Punya anak campuran rasanya seperti apa

Baca: kenapa anak gak bule!

Karena di Turki, poligami di larang! makanya ngebet dapat orang Turki.

Peraturannya iya. Prakteknya ? kenyataan di masyarakat, banyak juga yang melakukan poligami diam-diam. Kalau mau meyakinkan, makanya jangan mau kalau diawal di ajak nikah siri dulu, kalau bisa urus langsung nikah resmi. Karena syarat untuk nikah resmi harus ada surat keterangan single atau tidaknya.

Mengelola emosi dengan pasangan

Baca ini: diajak nikah orang Turki pertimbangin hal ini

Jika menikah dengan orang Turki, biar bisa jalan-jalan terus

Nikahin aja yang punya agent wisata heheh, kalau mau jalan-jalan terus ini harus dibahas kebagian bab keuangan sebelum menikah. Jatah mudik ke Tanah air sang istri berapa tahun sekali, tiap tahun kah, jatah liburan berapa kali sekali, tiap bulan kah.., transparan ga sama pemasukannya.

Ingat ya setiap Kultur keluarga Turki itu berbeda

İni perlu jadi catatan, tentang karakter daerahnya , etniknya, karena mempengaruhi sekali dengan tradisi keluarga. Turk,kurdi,arab,laz hanya sebagian dari beberapa etnik campuran yang mendiami tanah Turki. Jadi bisa ditanyakan dulu, etnik calonnya, bagaimana tradisi keluarganya. Gunanya untuk meminimalisir syok kultur.

Jika agama jadi point penting, pertimbangkan beberapa hal ini.

Nikah beda agama? Nikah catatan sipil di Turki membolehkan beda keyakinan, Ada yang memang keluarga Turkinya bisa menerima perbedaan,tapi ada juga yang akan terbentur dengan tradisi. İslam ‘abangan’ juga banyak, yang solatnya hanya hari raya atau jumatan saja, atau sebagian kecil penganut alevi (sekte syiah) sedikit kristen. Atau anggota jamaah sebuah tarekat, beragam, saran saya tetap sama: kenali..kenali dan kenali terlebih dahulu. jangan langsung keGR-an di gombalin diajak nikah,udah nikah baru nyesal..kok begini kok begitu..la..la..lahhh

Kendala Bahasa

Kalau komunikasi tidak sepenuhnya lancar, bagaimana? ya belajar, sama-sama belajar, Masyarakat Turki itu termasuk terendah penguasaan bahasa asingnya diantara masyakarat eropa. İni pertanyaan yang sering sekali ditanya berulang-ulang, kalau ada niat tentu saja harus ada usaha dari kedua belah pihak. Kunci utama berumah tangga adanya komunikasi yang nyambung.

Jika menikah karena ingin suami yang selalu bantu tugas İstri

Katanya menikah sama orang asing itu terbiasa mandiri, jadi mereka ringan tangan untuk bantu urusan rumah tangga?hmmmmmm. ini sih untung-untungan ya, karena pada kenyataannya balik lagi ke jumlah penduduk pria 41 juta sekian itu atau balik lagi bahas kultur keluarga dan etniknya, kadang ya ini pengaruh juga. ditambah kultur turki-percampuran Barat dan Timur, Dan kultur orang Timur? dengan patriarki yang kuat bisa tebak sendiri, ini juga masih banyak dipraktekan.

 yang ini juga boleh dibaca: syarat menikah di Turki untuk WNİ

Biar bisa kerja di Turki

Untuk masalah pekerjaan, ada baiknya dibicarakan dahulu sebelum menikah, diizinkan atau tidaknya, karena memang sebagian Pria Turki banyak yang menginginkan istri di rumah saja, Padahal udah kuliah tinggi-tinggi, udah berkarier cemerlang sebelumnya. Biar dikemudian hari ga nyesel sendiri. kalaupun mau bisnis ini juga harus dibahas terlebih dahulu, pokoknya hal apapun yang masih menjadi pertimbangan-clear-kan terlebih dahulu sebelum nya.

10 point diatas beberapa saja untuk pertimbangan ketika sang pujaan melamar dan ngajak nikah. Siapkah? Nah ribet engga nya tergantung, buat saya point diatas sudah mewakili. Bismillah…ya.