Categories
serba-serbi di Turki

Hobby ngumpul ngumpul ala Turki

Rata rata orang Turki hobby ngumpul ngumpul, untuk bapak bapak biasanya ada cafe khusus disebut juga cay evi, kirathane, sepertinya acara ngumpul ngumpul khusus kaum pria ini sudah menjadi tradisi turun menurun masyarakat turki sejak zaman negara ini masih berbentuk kesultanan.

kahvexx
smbr foto:yumurtali ekmek.

Aktivitas yang dilakukan di cafe khusus bapak bapak (yang didominasi golongan tua atau pensiunan atau mungkin jobless kalau yang muda2) selain main game,ngopi, ngeteh, ngerokok, bahas isu sosial politik.
Saya sering banget lewat,kadang tengsin sendiri lewat di gerombolan kakek kakek (siapa juga yang mau nyuit2in:D) mbah mbah semua-.-‘.
Nah kalau pas di Turki bakal liat banyak cafe cafe khusus pria ini, bukan cafe aneh2 ya. isinya cuma nge teh, ngobrol sampe berbusa, jangan asal masuk kalau perempuan, bisa syok mereka:D
Oh ya cafe cafe gini juga banyak berdiri dekat masjid masjid besar, biasanya jadi tempat menunggu waktu sholat, kalau musim dingin mereka makin banyak mengunjungi cafe ini, untuk menghangatkan badan dan juga ngeteh, kalau orang turki ya beda sama korea, korea mabok soju yang notabene alkohol,disini mabok teh berapa teko gitu:D
1513945501464
si babapanda suka ga ke cafe gini? kata dia: enggak! alhamdulilah juga engga hehe, karena banyak yang lupa waktu, cafe kayak gini juga jadi ajang pelarian para suami dari  kecerewetan istri di rumah..LOL ya mungkin saja sih:)
Selain bapak bapak, ibu ibu juga doyan ngumpul sambil ngeteh di rumah, biasanya kalau musim dingin mereka ngeteh sambil ngerajut, mulai dari rajut sweater,syal,bahkan untuk pinggiran kerudung yazma,ah pokoknya ibu ibu sini kalau urusan benang emang terlatih, jangan tanya saya huhuhu…, jait celana kerja suami aja berantakan,akhirnya dia jait sendiri dan lebih rapih.
Kalau ngumpul keluarga, ini versi keluarga saya: weekend datang ke rumah kakak ipar yang beda 2 blok, sengaja datang mepet dinner karena pasti disuruh makan bareng,kalaupun udah makan dirumah tetep disuruh makan lagi., namanya datang ke rumah saudaranya si babapanda, pasti ada acara makan bersama.
selesai makan malam, lanjut ngeteh bareng, ga lupa kuaci dan cemilan kacang kacangan atau pop corn buatan sendiri atau kue2  dikeluarkan,pokoknya kelas berat. Penutup kadang makan buah-.-‘ biasanya karena keasyikan ngobrol bisa sampe tengah malam acara ngeteh kayak gini, apalagi ketika musim panas, bisa jam 2 pagi baru kelar:D:D:D*eitt tapi ini ga berlaku dikeluarga kami, sebelum jam 10 malam, kami pasti pamit pulang, bodo teuing di larang2, ogah di ajak ngeronda sambil mabok teh .
Teh di Turki sebagai cara bersosialisasi masyarakatanya, kenapa  gelas teh nya kecil imut, katanya sih biar kehangatan tetap terjaga, karena langsung habis lalu bisa dituang lagi, ga sadar bisa habis bergelas gelas, kalau di kasih gelas besar,rasanya bukan ngeteh. Dan teh ini seperti candu bagi kebanyakan orang Turki, bayangkan: sarapan teh ada, selepas makan siang teh juga menemani, lanjut ngobrol rumpi2 selain kopi turki juga ada si teh, makan malam ya teh lagi nongol, gimana ga kaya pengusaha teh:D
ceritanya saya nulis gini abis mabok teh sepulang dari rumah kaka ipar:P**

4 replies on “Hobby ngumpul ngumpul ala Turki”

Wah aku suka bgt turki, mau dong kesana liat mba2 nongkrong 😂😂. Iya bener soju ala turki ngeteh.. pada dasarnya org suka ngumpul ya, mahluk sosialnya berasal bgt haha.. asal yg positiv 😘

wah kalo nongkrong2 di kafe khusus itu cuma buat laki2 kl disini, bs diliatin kl nongol sendirian,ayo main sini liburan:)

Waktu aku ke istanbul dulu, pantes aja semua cafe apapun itu pasti rame sih ama orang2 lokal juga turis. Kyknya ga ada liat cafe yg sepi slama di sana. Sayang aku ga coba tehnya, tp sempet nyobain kopi turki yg disajikan jg dlm gelas keciiiil bgt. Tp ampun dah rasanya mba. Ga ketelaaaan aku. Sorry to say, tp rasanya beneran ga cocok di lidah sih, pdhl aku penyuka kopi. Sjk itu kalo kopinya aku kapok :p. Tp makanan yg lain yg kita icip enak2 aja..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *